Sukses

18 Manfaat Ketela Pohon Untuk Kesehatan, Kulit dan Rambut

Liputan6.com, Jakarta Ketela pohon atau singkong merupakan sayuran akar yang bisa beracun namun juga memiliki segudang manfaat, dan semuanya itu berdasarkan bagaimana cara kita mengonsumsinya. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan dalam persiapan yang tepat, maka manfaat ketela pohon bisa Anda peroleh bagi kulit, rambut, hingga kesehatan tubuh.

Ketela pohon adalah sayuran atau umbi umbian yang memiliki aroma kacang, memiliki sejumlah kalori dan karbohidrat bagi banyak orang. Melansir dari laman Medical News Today, tanaman ini tumbuh di daerah tropis di seluruh dunia karena kemampuannya untuk menahan kondisi pertumbuhan yang sulit. Dengan mengonsumsinya, maka manfaat ketela pohon yang bisa Anda peroleh, di mana menurunkan demam, mencegah kanker, serta baik untuk pencernaan. 

Manfaat ketela pohon yang baik untuk kesehatan ini, bisa Anda dapatkan dengan cara diparut, atau digiling menjadi tepung untuk digunakan dalam roti dan kerupuk, atau merebusnya untuk dikonsumsi. Banyak cara yang bisa Anda peroleh, karena ketela pohon merupakan bahan pokok untuk melakukan diet, serta sumber nutrisi yang baik. Namun Anda harus menghindari memakannya mentah, karena kandungan ketela pohon memiliki senyawa sianida yang beracun untuk dicerna. 

Berikut ini manfaat ketela pohon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/10/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Untuk Apa Ketela Pohon Digunakan?

Ketela pohon memiliki sumber karbohidrat yang kaya serta terjangkau, di mana mampu memberikan lebih banyak kalori per hektar tanaman daripada tanaman biji-bijian sereal. Manfaat ketela pohon bisa Anda dapatkan, dengan memanggang dan merebus, yang menjadi metode yang paling umum, bahkan ada juga yang melakukan fermentasi singkong sebelum menggunakannya.

Makanan yang bisa dibuat orang menggunakan singkong antara lain:

- Roti yang hanya bisa mengandung tepung singkong dan tepung terigu

- Kentang goreng

- Singkong tumbuk

- Keripik singkong

- Roti singkong rendam santan dan masih banyak lagi. 

Selain untuk dikonsumsi, sebagaian masyarakat juga memanfaatkan ketela pohon untuk: 

- Memberi makan binatang

- Membuat obat

- Manufaktur kain, kertas, dan bahan bangunan, seperti kayu lapis

- Membuat bioetanol untuk bahan bakar

- Bahkan para ilmuwan akhirnya dapat mengganti sirup jagung fruktosa tinggi dengan singkong atau sirup tapioka. 

3 dari 5 halaman

Manfaat Ketela Pohon Untuk Kesehatan

1. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Manfaat ketela pohon juga sangat baik untuk tubuh, di mana membantu menurunkan berat badan berlebih, sehingga orang yang ingin mencoba membuang kelebihan berat badan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun boleh mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi dalam singkong atau ketela pohon.  

2. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Manfaat ketela pohon atau singkong yang mengandung serat yang tidak larut dalam air, tentu membantu dalam penyerapan racun yang masuk ke usus. Dengan cara ini, maka dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Anda dan membuat tubuh tetap bugar.

3. Membantu Mengatasi Sakit Kepala

Ketika menderita sakit kepala, maka dengan ketela pohon dapat membantu untuk mengatasi sakit kepala. Yang harus Anda lakukan adalah mengambil 60 gram akar atau daun singkong, kemudian rendam dalam air selama beberapa jam. Buat jus segar menggunakan blender lalu diminum dua kali sehari.

4. Mencegah Kanker

Manfaat ketela pohon juga sangat baik bagi tubuh, serta membantu mencegah kanker. Ketela pohon memiliki kandungan B17 dalam daun, yang membantu dalam merangsang kandungan sel darah merah, yang kehilangannya sering menyebabkan kanker.

5. Mengobati Diare

Manfaat ketela pohon atau singkong sangat membantu untuk mengatasi kondisi seperti diare. Cara memanfaatkan adalah mengambil beberapa potong ketela pohon dan merebusnya dalam air, kemudian tunggu sampai angat. Minumlah cairan ini dua kali sehari untuk merasakan perbedaannya.

6. Baik Untuk Mata

Selain mengatasi diare, manfaat ketela pohon atau singkong  juga kaya akan Vitamin A, serta senyawa seperti bakarotennya yang meningkatkan kesehatan mata Anda dan di masa depan mencegah kebutaan atau penglihatan yang buruk. Namun ingatlah untuk tidak mengonsumsi dalam takar yang berlebih. 

7. Menyembuhkan Demam

Daun ketela pohon juga efektif mengobati demam, di mana Anda bisa menggunakan batang serta daun singkong untuk membuat rebusan. Untuk membuatnya, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merebus akar dan daunnya, lalu ambil 400 gram daun singkong atau ketela pohon, serta 80 gram batangnya dan rebus dalam satu liter air. Saat volume air berkurang setengah, matikan api dan dinginkan kemudian Anda bisa mengonsumsinya.

8. Membantu Mengobati Penyakit Reumatik

Manfaat ketela pohon sangat membantu untuk mengobati penyakit reumati. Penyakit rematik juga mengacu pada penyakit yang berkaitan dengan otot dan persendian, baik itu Osteoporosis, arthritis, spondylitis dan lupus. Dengan daun singkong atau ketela pohon yang kaya akan magnesium, menyebabkan penurunan tingkat tekanan darah yang mengurangi kemungkinan penyakit rematik sepanjang hidup. 

 

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Ketela Pohon

9. Membersihkan Cacing

Manfaat daun singkong atau ketela pohon ini dalam beberapa penelitian yang solid, ditemukan bahwa daun singkong mengurangi infeksi nematoda di saluran pencernaan. Sebuah percobaan dilakukan pada kambing muda yang diberi diet tetap aditif fermentasi beras dan daun singkong, di mana suplementasi secara drastis mengurangi gejala infestasi nematoda.

10. Mengembangkan Nafsu Makan

Ketela pohon memiliki banyak manfaat, di antaranya pemulihan nafsu makan. Jika Anda merasa tidak suka dengan makanan, maka dengan mengonsumsi daun singkong akan mengembalikan nafsu makan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara buat ramuan daun singkong dengan jahe dan diminum setiap pagi setelah bangun tidur.

11. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Adapun manfaat ketela pohon yang sangat ampuh, juga berlaku untuk wanita hamil. Diketahui bahwa saat hamil, wanita membutuhkan banyak vitamin C dan folat. Kedua suplemen ini diresepkan sejak awal masa kehamilan, di mana secangkir singkong mengandung 15 persen kebutuhan folat harian Anda dan 47 persen kebutuhan kalsium harian.

12. Membantu Melawan Kwashiorkor

Daun singkong atau ketela pohon juga penuh dengan protein lisin, sehingga membantu melawan kondisi kekurangan protein seperti Kwashiorkor. Namun, bergantung pada singkong sebagai satu-satunya sumber protein bisa berbahaya jika daunnya tidak dimasak dengan benar. Ada bukti yang menunjukkan singkong mengandung glukosida sianogenik, di mana mampu menyebabkan hilangnya penglihatan dan keracunan sianida. 

13. Memperkuat Imunitas

Folat dan vitamin C, terkandung di dalam ketela pohon, sehingga akan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan menyerang inti virus dan bakteri, membuat mereka mati. Mengonsumsi ketela pohon juga menjaga kesehatan tulang, karena merupakan antioksidan baik dalam menghilangkan radikal bebas dalam tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Ketela Pohon Untuk Kulit dan Rambut

14. Menghaluskan Dan Mencerahkan Kulit

Selain untuk kesehatan tubuh, manfaat ketela pohon juga membantu menghaluskan serta mencerahkan kulit. Kulit tanaman singkong dapat digunakan sebagai eksfoliator kulit, yang caranya bisa Anda lakukan dengan membelah kulitnya kemudian membuat pasta segar serta menggunakannya sebagai scrub. 

15. Masker Wajah 

Selain bisa dikonsumsi untuk kesehatan, manfaat ketela pohon juga baik untuk kulit, di mana Anda bisa menggunakannya seperti masker wajah yang bagus. Sebelum menyiapkan masker wajah, pastikan Anda telah mencuci muka dengan air hangat, sehingga masker singkong akan mudah diserap dan memperbaiki tekstur dan kondisi kulit Anda. Melakukan cara ini tiga kali seminggu akan mencegah dan menghilangkan bekas luka. 

16. Melembabkan Kulit

Mnfaat ketela pohon juga bisa menghidrasi warna kulit dan membuatnya halus dan lembut. Caranya cukup mudah dan sederhana, di mana Anda bisa mengambil akar tanaman singkong dengan sedikit madu atau minyak zaitun. Anda juga bisa memadukannya dengan buah juga beberapa tetes lemon. 

17. Membantu Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Ketika mengalami pertumbuhan rambut yang lambat, maka dengan ketela pohon membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat. Akar dan daunnya juga bisa Anda gunakan membuat pasta segar yang dapat dioleskan pada rambut yang diminyaki satu jam sebelum Anda membilasnya. Namun jangan digunakan setiap hari, tetapi 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

18. Mengontrol Rambut Rontok

Manfaat ketela pohon juga sangat baik dalam mengatasi rambut rontok. Wanita yang sering mengeluhkan rambut rontok, bisa mencoba cara sederhana, cepat dan efektif untuk menyuburkan rambut dari akar ke ujung. Dengan mengolah ketela pohon untuk rambut, dapat melembabkan juga mengontrol rambut rontok. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS