Sukses

23 Tempat Wisata di Pacitan Selain Gua, Cocok untuk Wisata Keluarga dan Nongkrong

Rekomendasi tempat wisata di Pacitan selain gua yang cocok untuk wisata keluarga dan nongkrong.

Liputan6.com, Jakarta Berjuluk kota 1001 gua, hal paling ikonik mengenai tempat wisata di Pacitan tentu saja adalah guanya. Pacitan memang memiliki banyak gua yang bisa Anda kunjungi sebagai salah satu tujuan wisata.

Namun jangan salah, gua bukan satu-satunya hal yang menarik dari Pacitan. Kota kelahiran Presiden RI yang ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini juga memiliki banyak daya tarik wisata lain yang akan membuat Anda terpesona.

Tempat wisata di Pacitan bisa dibilang sangat lengkap. Selain gua, tempat wisata di Pacitan juga memiliki banyak pantai, bukit, gunung, sungai, bahkan tempat nongkrong, yang bisa Anda kunjungi bersama teman-teman.

Menariknya lagi, banyak tempat wisata di Pacitan yang tergolong masih murni. Artinya, tempat wisata di Pacitan ini belum banyak diketahui. Bagi pecinta alam yang menginginkan ketenangan, tentu ini bisa menjadi daya tarik yang istimewa dari Pacitan.

Berikut adalah daftar tempat wisata di Pacitan selain gua yang wajib dikunjungi, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (29/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata Gunung dan Bukit

1. Gunung Lanang

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah berupa panorama dari ketinggian, kamu bisa ke Gunung Lanang. Dari puncak gunung tertinggi kedua di Pacitan ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan mengesankan Pacitan dari sudut pandang yang sedikit berbeda.

Daya tarik utama dari tempat wisata di Pacitan ini adalah ketika bisa menyaksikan terbitnya fajar di pagi hari dan tenggelamnya matahari dari kejauhan. Kamu bisa menyaksikan kedua fenomena tersebut dari Gunung Lanang ini.

Lokasi Gunung Lanang berada di Mantren, Kebonagung, Mantren, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Kamu juga bisa menikmati alam Gunung Lanang dengan kegiatan berkemah.

2. Bukit Pakis Pacitan

Lokasi Bukit Pakis berada di Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Lokasi pastinya berada di jalan utama sebelum jalur Lintas selatan yang menghubungkan Pacitan dan Trenggalek.

Tempat wisata di Pacitan ini menawarkan pemandangan yang menarik dari ketinggian. Menariknya lagi, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar ongkos parkir saja. dengan kata lain, ini bisa menjadi opsi menarik bagi Anda yang ingin menikmati liburan ketika sedang ingin berhemat.

Dari atas bukit, pengunjung bisa menikmati bentang alam Pacitan, termasuk pemandangan Sungai Grindulu yang alirannya membentuk huruf S. Tidak hanya pemandangan yang indah, banyaknya pepohonan di bukit ini akan membuat Anda bisa menikmati sejuknya udara di Bukit Pakis.

3. Bukit Semar

Bukit Semar Pacitan menawarkan pemandangan alam yang tidak kalah memesona. tempat wisata di Pacitan ini menawarkan pengalaman menyaksikan perbukitan nan hijau dan Laut Selatan di kejauhan sebagai latar belakang.

Pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk mengunjungi wisata Pacitan satu ini, karena kamu dapat menyaksikan indahnya sunrise sekaligus perbukitan yang diselimuti oleh kabut dan awan yang bergerak naik dengan lambat.

Berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, di Bukit Semar kamu juga bisa menyaksikan sunset yang sangat menawan.

3 dari 6 halaman

Air Terjun

4. Beji Park

Beji Park dulunya bernama Pacitan Indah. Tempat wisata di Pacitan ini terletak di Jalan Raya Tumpak Rinjing, Beji, Dadapan, Pringkuku. Beji Park merupakan destinasi wisata di Pacitan yang memiliki daya tarik berupa hutan pinus, dan aneka spot foto yang instagramable. Hampir di berbagai sudutnya menyajikan keindahan alam yang memikat.

Yang tak kalah menarik, di sini terdapat ayunan angkasa. Wisatawan yang masuk bisa mengantri untuk berfoto di atas ayunan, dengan latar belakang pantai, atau pegunungan.

5. Kali Barong

Tempat wisata di Pacitan selanjutnya adalah Kali Barong. Di Kali Barong ini kamu bisa menyewa perahu, dan sepeda air untuk menikmati keindahan sungai. Perahu mancung yang bentuknya unik menjadi daya tarik tersendiri di Kali Barong ini.

Lokasinya berada di Jalan Dadapan Watukarung, Candi, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ketika menyusuri sungai ke arah hulu, kamu akan menemukan sebuah air terjun yang cukup terkenal di Pacitan, yaitu Grojogan Dhuwur.

6. Grojogan Dhuwur

Grojogan Dhuwur berada di Dusun Barong Kulon, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang sangat memukau. Pemandangan berupa pepohonan hijau diantara gemercik air terjun yang berjatuhan serta terlihat kolam raksasa dengan warna natural biru yang jernih bisa menjadi obat kepenatan.

Kamu bisa berenang di grojogan yang memiliki tiga aliran yang menyegarkan ini. Wisata Pacitan selain pantai satu ini sangat bagus untuk menjadi destinasi liburan pelepas penat.

7. Curug Gringsing

Curug Gringsing merupakan wisata alam yang terletak di Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Suasana di sini sangatlah asri, deburan air dipadu dengan indahnya alam yang hijau. Lokasinya berada di kawasan pegunungan, membuat siapa saja yang datang pasti ingin berlama-lama karena masih sangat alami.

Pada saat musim penghujan tiba, air yang mengalir di salah satu wisata Pacitan selain pantai ini akan semakin deras. Bebatuan besar dan kokoh yang berbentuk tidak beraturan, membuat air terjun ini seperti berundak dan terlihat semakin menakjubkan.

4 dari 6 halaman

Wisata Pantai

8. Hutan Pinus Gemaharjo

Hutan Pinus Gemaharjo memiliki panorama elok yang menarik untuk diabadikan. Hutan Pinus ini berada di daratan yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu ingin berlama-lama disini.

Wisata Pacitan selain pantai ini berlokasi di Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Hawa sejuk, bebas polusi sangat terasa di wisata alam ini. Selain itu, terdapat banyak spot foto yang keren dan kekinian seperti hammock, gardu pandang yang berada diatas pohon dan masih banyak lagi.

9. Pantai Pidakan

Wisata Pantai Pidakan berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan. Wisata di Pacitan ini bisa dikatakan sebagai pantai yang masih asri, karena memang belum adanya campur tangan manusia didalamnya, alias belum ada pengelolaan pantai yang modern, pun demikian dengan pemandangannya pun masih alami.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan berupa bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih. Pohon–pohon kelapa yang tumbuh di pantai membuat bersantai di Pantai ini akan semakin membuat Anda merasa nyaman. Anda juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau.

10. Pantai Kali Uluh

Pantai Kali Uluh berada di Desa Klesem, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Anda bisa berkemah di wisata di Pacitan ini. Karena pantai ini masih sangat asri dan belum tersentuh pengelolaan, Anda harus membawa peralatan kemah sendiri dari rumah.

11. Sungai Maron

Keindahan sungai Maron tak perlu diragukan, di sini pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang menakjubkan. Wisata Pacitan satu ini juga sering disebut dengan Amazonnya Indonesia, karena memiliki panorama yang hampir mirip dengan sungai terpanjang kedua di dunia tersebut.

Sungai ini terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Selain memiliki panorama indah, sungai Maron juga dipenuhi dengan ikan kakap merah. Suasananya pun sangat tenang dan sejuk. Panorama pepohonan hijau di sisi sungai menawarkan sensasi seperti Sungai Amazon.

Untuk menyusuri sungai ini, kamu bisa menyewa perahu yang disediakan di area wisata ini. Saat menyusurinya, kamu akan terbius dengan panorama alamnya yang eksotis.

12. Sungai Cokel

Sungai Cokel terletak di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, sekitar 25 km dari kota Pacitan. Sungai yang biru ditambah ratusan pohon kelapa di kanan kirinya membuat daya tarik tersendiri di sungai yang terletak persis di dekat Pantai Watukarung ini.

Ada dua cara untuk menikmati Sungai Cokel ini, yang pertama dengan berjalan dan menikmati keindahan sungai dan panorama alam khas Pacitan yang berbukit. Selain itu, kamu juga bisa dengan menikmati salah satu wisata Pacitan ini di atas air dengan mendayung sebuah papan Stand-Up Paddle Board.

5 dari 6 halaman

Wisata Pantai

13. Pantai Buyutan

Tempat wisata di Pacitan berupa pantai yang mengesankan lainnya adalah Pantai Buyutan. Pemandangan birunya air laut menjadi salah satu daya tarik dari pantai ini. Selain itu, ada batu karang besar mengitari kawasan pantai ini, dan tentunya juga sebagai panorama alam lain yang patut untuk dinikmati keindahannya.

14. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung berlokasi di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. tempat wisata di Pacitan ini memiliki daya tarik berupa air lautnya yang jernih, serta pulau-pulau kecil yang berada di tengah laut yang ditumbuhi dengan rerumputan liar.

Ombak di pantai ini juga bisa memanjakan para pengunjung yang suka berselancar. Apalagi, pantai ini masih cenderung sepi, jadi Anda bisa berselancar dengan nyaman.

15. Pantai Kasap

Pantai Kasap terletak di Gemaharjo, Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Wisata di Pacitan ini adalah pantai yang disebut menjadi Raja Ampatnya Pacitan, karena kalau kamu naik ke atas bukitnya, pantai ini memiliki pemandangan seperti di Raja Ampat, Papua. Ada pulau-pulau kecil yang apik dan enak dipandang dari atas.

Perjalanan untuk menuju bukit tersebut medannya tidak sulit, tetapi bisa bikin kamu ngos-ngosan. Waktu tempuh untuk sampai ke atas bukit tersebut kurang lebih 15 menit.

16. Pantai Kunir

Pantai Kunir berlokasi di Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan. tempat wisata di Pacitan ini memiliki daya tarik berupa pasir putih dan air laut yang sangat bersih. Selain itu, ada lapangan rumput yang cukup luas di dekat pantai.

Tidak jauh dari pantai, terdapat muara sungai yang dikelilingi hutan lebat. Bentuk muara sungai ini mirip sebuah telaga dengan air yang sangat tenang dan jernih.

17. Pantai Wawaran

Pantai Wawaran merupakan pantai yang terletak di wilayah Kecamatan Kebonagung, Pacitan. Tempat wisata di Pacitan ini merupakan salah satu pantai yang lautnya menghasilkan banyak ikan. Selain itu, Pantai Wawaran juga memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar.

Sebagai penghasil ikan dengan kualitas terbaik, Pantai Wawaran tentunya akan jadi destinasi favorit bagi penggemar seafood.

18. Pantai Taman

Pantai Taman merupakan wisata pantai yang terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan. Hal yang menarik dari tempat wisata di Pacitan ini adalah fungsinya sebagai tempat konservasi penyu. Maka bagi Anda yang ingin menyaksikan penyu, tempat ini tentu menjadi destinasi wisata yang menarik.

Tidak hanya dapat menyaksikan penyu, di Pantai Taman Anda juga dapat menantang nyali dengan menaiki wahana flying fox, yang dulu pernah tercatat sebagai flying fox terpanjang di Indonesia.

6 dari 6 halaman

Pemandian Air Panas dan tempat Nongkrong

19. Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Pantai Klayar menjadi salah satu tempat wisata di Pacitan yang paling favorit karena daya tariknya berupa pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah.

20. Pantai Srau

Meski tidak seterkenal Pantai Klayar, Pantai Srau juga memiliki pesona yang tak kalah menarik. Selain pemandangannya yang indah, Pantai Srau juga memiliki deburan ombak yang riuh dan menyenangkan. Selain itu, deretan pepohonan di Pantai Srau juga mengesankan mengesankan suasana di pulau terpencil yang masih asri dan belum tersentuh.

21. Monumen Jenderal Sudirman

Monumen Jenderal Sudirman adalah salah satu tempat rekreasi sejarah yang berlokasi di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Tempat wisata di Pacitan ini memiliki daya tarik utama berupa patung Jenderal Sudirman setinggi 8 meter yang berdiri kokoh.

Di Tempat wisata di Pacitan ini juga terdapat sebuah rumah yang dulunya menjadi markas Jenderal Sudirman saat melakukan perjuangan gerilya melawan penjajah. Rumah ini dulu pernah Jenderal Sudirman selama 107 hari, sejak 1 April 1949 s/d 7 Juli 1949. Di rumah ini juga terdapat banyak barang peninggalan termasuk ranjang asli yang pernah menjadi tempat tidur Jenderal Sudirman.

22. Pemandian Banyu Anget

Pemandian Banyu Anget berada di Desa Karang Rejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. dari namanya saja sudah dapat dibayangkan apa yang bisa dilakukan di sini, berendam di kolam air hangat.

Air hangat di sini mengandung zat kapur dan belerang dengan insentitas rendah, sebabnya itulah Anda tidak merasakan adanya aroma bau yang menyengat dari air yang ada di kolam renang. Air Pemandian di sini sangat bersih dan jernih serta tidak lengket pada kulit setelah kita berenang.

Untuk bisa menikmati air panas di Pemandian Banyu anget, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah untuk dewasa, dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak.

23. Sempak Suwek

Di Pacitan juga terdapat tempat nongkrong yang cukup terkenal. Namanya juga cukup unik, yakni Sempak Suwek. Berlokasi di jalur Pacitan-Solo, Sempak Suwek adalah tempat wisata di Pacitan yang sangat cocok untuk nongkrong dan kulineran.

Sempak Suwek menyediakan berbagai macam menu angkringan, yang siap menemani Anda ngobrol santai, atupun memang sengaja untuk mengisi perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.