Sukses

Planet Terbesar dalam Tata Surya adalah Jupiter, Ketahui Cirinya

Planet terbesar dalam tata surya ini disebut mirip dengan matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Mengetahui dan memahami planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Ini planet terbesar dalam tata surya yang disebut mirip dengan matahari. Kemiripan Jupiter dengan matahari terlihat dari rasio hidrogen dan helium, serta volume massa yang dimilikinya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Ini karena Jupiter memiliki diameter 13.000 km, dengan jarak rata-rata ke matahari 778.8 juta km. Diameter Jupiter ini hampir 11 kali lipat dari diameter planet Bumi.

Ciri planet terbesar dalam tata surya adalah memiliki bintik merah yang besar, ini badai berusia berabad-abad yang lebih besar dari planet Bumi. Planet Jupiter memiliki 63 bulan, 75 satelit alami, dan sistem cincin redup. Itulah penjelasan singkat tentang Jupiter sebagai planet terbesar dalam tata surya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter beserta ciri-cirinya, Selasa (20/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Planet Terbesar dalam Tata Surya adalah Jupiter

Planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Jupiter mendapat julukan planet raksasa karena ukurannya paling besar dibanding planet-planet lainnya. Planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter, bentuk atau wujudnya mirip dengan matahari.

Kemdikbud menjelaskan planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Ini karena Jupiter memiliki diameter 13.000 km, dengan jarak rata-rata ke matahari 778.8 juta km. Diameter Jupiter ini hampir 11 kali lipat dari diameter planet Bumi.

Ukuran yang menjadikan planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Berasal dari nilai diameternya, Jupiter bisa memuat sekitar 1.300-an planet bumi. Kemudian massa totalnya 2.5 kali total delapan planet di tata surya. Ukuran dari planet Jupiter ini menjadikkannya paling dominan di tata surya kedua setelah matahari.

Ini mengapa Jupiter sebagai planet terbesar dalam tata surya adalah dianggap mirip dengan matahari. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, rasio hidrogen dan helium dari Jupiter adalah 73:24. Sementara matahari memiliki rasio hidrogen dan helium sebesar 71:27.

Kemudian data yang bisa menunjukkan bahwa Jupiter mirip dengan matahari dan layak dijuluki planet terbesar dalam tata surya adalah massa yang dimilikinya. Massa planet Jupiter mengandung volume 1.33 gram cm kubik. Lalu matahari mengandung volume 1.41 gram cm kubik.

Ciri planet terbesar dalam tata surya adalah memiliki bintik merah yang besar, ini badai berusia berabad-abad yang lebih besar dari planet Bumi. Planet Jupiter memiliki 63 bulan, 75 satelit alami, dan sistem cincin redup.

Melansir dari Universe Today, planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter, ini sebagai planet raksasa yang diyakini bertanggungjawab atas jalur benda-benda kecil yang melayang karena massa masifnya. Jupiter pun akan mengirim komet atau asteroid ke tata surya bagian dalam atau justru mengalihkannya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Planet dalam Tata Surya Selain Jupiter

Tata surya memiliki delapan macam planet, salah satunya Jupiter yang paling besar. Ini penjelasan macam-macam planet dalam tata surya melansir dari Kemdikbud:

1. Planet Merkurius

Planet merkurius adalah salah satu dari macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Ini planet yang terdekat dengan matahari pada sistem tata surya. Ukuran planet ini kecil dan hampir tidak mempunyai atmosfer, akibatnya langit kelihatan gelap seperti di angkasa lepas.

2. Planet Venus

Planet Venus adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Planet ini tampak sangat mengkilap karena memiliki atmosfer yang tebal seperti awan putih yang menyelubungi permukaan venus.

3. Planet Bumi

Planet Bumi adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Ini planet urutan ketiga berdasarkan jaraknya dari matahari dalam tata surya. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin matahari, sinar ultra ungu, dan radiasi dari luar angkasa.

4. Planet Mars

Planet Mars adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Mars mempunyai permukaan berbatu-batu yang terlihat merah yang disebabkan oleh kandungan oksida besi didalamnya.

Sementara warna lainnya yang berubah ditimbulkan oleh adanya angin yang mengangkat debu dari permukaannya. Suhu permukaan Mars lebih dingin daripada suhu permukaan bumi karena letaknya yang lebih jauh dari matahari.

5. Planet Saturnus

Planet Saturnus adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Ini planet yang mudah dibedakan dengan planet lainnya, karena planet ini mempunyai cincin. Cincin pada Saturnus adalah berupa bongkahan-bongkahan es meteorit dengan lebar 402.000 km dan tebal 15 km.

6. Planet Uranus

Planet Uranus adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Ini planet yang ditemukan oleh Wiliam Herschel pada tahun 1781, planet ini terselubung kabut tebal terutama terdiri dari gas metan.

Garis tengahnya kira-kira empat kali garis tengah bumi. Uranus menjadi planet pemantul cahaya matahari yang baik. Oleh karena itu kita dapat mudah melihat planet itu berwarna biru.

7. Planet Neptunus

Planet Neptunus adalah macam-macam planet dalam tata surya selain Jupiter. Bentuk planet Neptunus mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat. Komposisi penyusun planet Neptunus adalah besi dan unsur berat lainnya. Planet Neptunus adalah memiliki 8 buah satelit, di antaranya Triton, Proteus, Nereid, dan Larissa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.