Sukses

8 Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami, Efektif dan Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi batuk pada anak dapat dilakukan di rumah dengan menggunakan bahan alami. Batuk dan pilek sering menyerang anak kecil, hal ini karena sistem kekebalan anak kecil sering menurun.

Cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami dapat membantu anak untuk merasa nyaman dan cepat memulihkan batuk dan pilek dengan maksimal. Bahan alami dipercaya aman dan tanpa efek samping digunakan sebagai obat herbal batuk pada anak.

Cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami sangat penting diketahui oleh orang tua. Berbagai bahan alami yang ada di rumah bisa digunakan untuk meredakan batuk pada anak. Dengan menggunakan obat batuk alami ini, setidaknya orang tua sudah bisa sedikit lega.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (18/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami

1. Jahe dan kencur

Cara mengatasi batuk pada anak dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan jahe dan kencur. Untuk membuat anak lebih menyukainya, anda bisa mencampurkannya dengan madu, agar bau dan rasanya lebih disukai anak-anak.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami, anda bisa memotong dan menumbuk jahe serta kencur tersebut, kemudian rebus dengan air panas dan tunggu beberapa menit. Setelah hangat, anda bisa memberikan jahe dan kencur tersebut sebagai obat batuk alami.

2. Air garam

Berkumur dengan air garam merupakan salah satu cara mengatasi batuk pada anak. Hal ini ampuh mengatasi batuk yang dialami karena rasa gatal pada tenggorokan. Cukup dengan mencampurkan ¼ hingga ½ sendok teh garam ke dalam 240 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur, maka rasa gatal yang menyebabkan batuk dapat diredakan.

Cara ini cukup sederhana, namun orang tua harus ekstra hati-hati bila anak masih berusia di bawah 6 tahun. Hal ini disebabkan karena anak pada usia ini masih belum bisa berkumur dengan baik. Oleh karena itu, jika memang ingin menggunakan air garam untuk meredakan batuk anak, pastikan anak bisa berkumur dengan baik terlebih dahulu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami

3. Madu dan jeruk nipis

Cara mengatasi batuk pada anak yang selanjutnya adalah menggunakan madu. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terbuat dari campuran 2 sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat, dan perasan jeruk nipis.

Kandungan anti mikroba pada madu dapat membantu melawan virus penyebab flu. Selain itu, rasa manis dari madu membantu produksi saliva yang bisa mengencerkan lendir sehingga mudah dikeluarkan. Namun, hal ini tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 1 tahun.

4. Minum air putih

Cara mengatasi batuk pada anak yang selanjutnya bisa dilakukan orang tua dengan memastikan anak minum air yang cukup guna mencegah dehidrasi. Orangtua juga dapat memberikan ASI yang cukup apabila si kecil masih mengonsumsi ASI. Jangan sampai anak dehidrasi karena kondisi ini dapat membuat batuk pada anak semakin parah.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami

5. Nanas

Cara mengatasi batuk pada anak lainnya adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu meredakan batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat nanas ini, anak bisa mengonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Uap bawang

Untuk bayi dan anak, anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai obat batuk alami. Cara mengatasi batuk pada anak dengan uap bawang adalah dengan mengiris bawang menjadi beberapa bagian dan tempatkan irisan bawang tersebut di samping tempat tidur. Dengan begitu, anak akan menghirup uap yang keluar dari irisan bawang. Uap atau aroma dari bawang merah yang diiris disebut bisa membantu meredakan batuk yang menyerang.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Batuk pada Anak dengan Bahan Alami

7. Minyak essensial

Cara mengatasi batuk pada anak yang lainnya adalah dengan menggunakan minyak essensial. Minyak ini sangat populer dan efektif untuk meredakan batuk saat dioleskan pada tenggorokan dan hidung. Meskipun begitu, anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai penggunaan minyak essensial. Sebab tidak semua minyak essensial aman untuk anak kecil.

8. Jus lemon hangat

Cara mengatasi batuk pada anak yang lainnya adalah dengan jus lemon. Lemon mengandung bahan-bahan aktif yang mampu mengatasi batuk berdahak pada anak. Selain itu, juga dapat meredakan pilek dan infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Apabila anak mengalami batuk, ibu bisa memberinya jus lemon sebanyak satu sendok teh setiap tiga jam sekali. Namun, imbangi dengan pemberian air hangat. Sebab lemon bisa saja melukai tenggorokan yang sakit karena batuk.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS