Sukses

7 Cara Cek IMEI iPhone untuk Semua Seri, Pastikan Keasliannya

Liputan6.com, Jakarta Cara cek IMEI iPhone dapat dilakukan dengan mudah. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor identitas internasional pada ponsel yang terdiri atas 15 sampai 17 digit angka. 

Setiap ponsel pasti memiliki kode IMEI termasuk iPhone. IMEI sendiri berfungsi untuk mengindentifikasi perangkat mobile dan juga mencegah pencurian. Dengan adanya IMEI tersebut, dapat melacak bahwa ponsel tersebut original atau tidak.

Cara cek IMEI iPhone ada beberapa tahap. Pengecekan ini dimaksudkan untuk menghindari ponsel ilegal. Dengan melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi, maka nomor IMEI yang tidak terdaftar akan diputus koneksi internetnya secara otomatis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara cek IMEI iPhone untuk semua seri yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fungsi IMEI pada Ponsel

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa fungsi IMEI pada ponsel adalah untuk mengindentifikasi perangkat mobile dan juga mencegah pencurian. Selain itu, fungsi IMEI pada ponsel yang lain yaitu untuk memastikan produk smartphone yang kamu beli itu resmi atau tidak. Toko penjual smartphone Apple maupun Android resmi tidak dapat menjamin bahwa iPhone atau Anroid kamu 100% asli. Nomor IMEI hanya dimiliki oleh satu ponsel. 

IMEI berguna untuk mencari ponsel yang hilang. Melalui kode unik IMEI, kamu bisa melacak di mana letak ponsel kamu. Selain memiliki fungsi melacak, IMEI juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk cek ponsel ilegal atau tidak. Dengan melakukan kerja sama dengan provider telekomunikasi, maka nomor IMEI yang tidak terdaftar akan diputus koneksi internetnya secara otomatis. Dengan banyaknya kegunaan dari IMEI pada ponsel, kini anda harus mengecek nomor IMEI yang ada pada posel supaya tidak tertipu oleh penjual.

3 dari 4 halaman

Cara Cek IMEI iPhone untuk Semua Seri

1. Melalui Sistem iPhone

Cara cek IMEI di perangkat ponsel iOS adalah dengan masuk ke menu ‘Settings’ atau pengaturan. Kemudian, anda buka ‘General’ dan lanjutkan ke ‘About’. Pada menu ‘About’ carilah IMEI dari iPhone anda tersebut. Selain IMEI, anda juga bisa mengecek ICCID melalui cara ini.

2. Melalui Fisik iPhone

Cara cek IMEI iPhone selanjutnya adalah dengan lihat bagian fisik iPhone. Untuk iPhone seri di bawah 10, bisa terdapat keterangan tertulis mengenai kode IMEI di bagian belakang body. Selain IMEI, keterangan tersebut menuliskan kode asal produksi iPhone, jenis modelnya, dan kode IC.

3. Cek dari Box iPhone

Cara cek IMEI iPhone bisa diketahui melalui kardus atau box iPhone nya. Ketika Anda membeli, pastikan kardus iPhone tidak dibuang. Sebab kode IMEI terletak di bagian belakang bawah kardus dan posisinya berdekatan di antara barcode. Cari tulisan IMEI atau MEID dan urutan angkanya sebanyak 15 digit. Kemudian sesuaikan dengan kode yang ada di body iPhone, apakah sama atau tidak.

4. Melalui Kode Khusus

Cara cek IMEI yang satu ini sangat efektif untuk dilakukan pada semua jenis ponsel, termasuk iPhone. Cara cek IMEI iPhone adalah buka menu calls seperti ketika anda ingin melakukan panggilan telepon, lalu ketik kode *#06# untuk cara yang lebih praktis.

Masukkan nomor tersebut, kemudian klik call dan tunggu beberapa saat. Nantinya kode IMEI iPhone yang terdiri dari 15 digit akan mucul di layar. Setelah itu, sesuaikan dengan nomor yang ada di kardus atau slot SIM card.

4 dari 4 halaman

Cara Cek IMEI iPhone untuk Semua Seri

5. Lewat iTunes

iTunes bukan hanya berfungsi untuk mengisi musik ke iPhone. Software resmi dari Apple ini juga dapat digunakan untuk mengecek IMEI pada perangkat iPhone anda. Caranya pun cukup mudah, sambungkan saja iPhone ke komputer yang sudah diinstal iTunes.

Selanjutnya, jika berhasil terkoneksi, klik ‘Library’ pada iTunes, maka secara otomatis data dari iPhone akan ditampilkan di layar, termasuk nomor IMEI iPhone tersebut. Apabila anda sudah mengetahui nomor IMEI dari iPhone tersebut, maka anda bisa segera mencocokkannya dengan dusbook dari iPhone itu. iPhone yang asli akan memiliki nomor IMEI yang sama di bagian fisik, dusbook dan sistem.

6. Cek pada Slot SIM Card

iPhone seri 6 ke atas mempunyai kode IMEI yang disisipkan di slot SIM card yaitu tempat kartu SIM. Anda bisa cek ke bagian slot SIM card yang ada di samping bagian kanan hp. Buka aksesnya menggunakan SIM card ejector atau pin tusukan SIM khusus. Setelah dibuka, tarik slot kartu dan kode IMEI akan tertulis kecil di bagian atas tempat SIM card. Ini adalah salah satu cara mudah dan praktis untuk mengecek IMEI pada iPhone.

7. Cek Status IMEI di Website

Pengguna iPhone juga dapat mengecek status IMEI iPhone secara online melalui situs Kemenperin. Berikut cara cek IMEI iPhone pada situs resmi Kemenperin, yaitu:

a. Buka laman www.kemenperin.go.id/imei

b. Jika sudah membuka laman tersebut maka akan muncul kolom pengecekan IMEI. Masukan nomor IMEI ponsel anda dan klik simpan.

c. Klik Search dan tunggu beberapa saat.

d. Apabila nomor IMEI iPhone Anda terdaftar, akan muncul pemberitahuan IMEI terdaftar di database

e. Sebaliknya, jika tidak terdaftar, muncul keterangan IMEI tidak terdaftar di database.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS