Sukses

Endemik adalah Penyakit Terkendali, Ketahui Bedanya dengan Pandemik dan Epidemik

Berikut adalah pengertian endemik, epidemik, dan panmdemik, berikut penjelasan hubungan ketiganya.

Liputan6.com, Jakarta Endemik adalah suatu penyebaran penyakit, yang terbatas pada wilayah terntentu saja. Dengan kata lain, endemik adalah wabah yang penyebarannya tidak terlalu luas dan lebih terkendali daripada pandemik.

Pandemik Covid-19 yang terjadi belakangan, sebenarnya bisa menjadi contoh menarik untuk memahami apa itu endemik, termasuk kaitannya dengan epidemik dan pandemik.

Lalu apa itu endemik? Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), endemik adalah keberadaan konstan dan/atau prevalensi penyakit atau agen infeksi yang konstan dalam suatu populasi dalam wilayah geografis.

Dengan kata lain, penyakit endemik selalu ada, tetapi menyebar dengan kecepatan yang dapat diprediksi dan dapat dikendalikan.

Untuk memahami lebih dalam mengenai endemik, berikut adalah perbedaan antara epidemik, endemik, dan pandemik, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu epidemik, endemik, dan pandemik?

Seperti yang dibahas sekilas sebelumnya, endemik adalah sesuatu yang terkait dengan epindemik dan pandemik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengertiannya satu per satu agar dapat memahami hubungan ketiga hal tersebut.

Epidemik

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) epidemik adalah peningkatan tak terduga dalam jumlah kasus penyakit di wilayah geografis tertentu. Cacar, campak, dan polio adalah contoh utama epidemi.

Penyakit epidemik belum tentu penyakit menular, namun dalam suatu periode tertentu, peningkatannya melonjak secara drastis. Demam West Nile dan peningkatan pesat tingkat obesitas juga dianggap sebagai epidemi.

Epidemi dapat merujuk pada penyakit atau perilaku terkait kesehatan tertentu lainnya (misalnya, merokok) dengan tingkat yang jelas di atas kejadian yang diperkirakan di suatu komunitas atau wilayah.

Endemik

Sedangkan endemik adalah suatu wabah penyakit yang terbatas pada wilayah tertentu. Dengan kata lain endemik adalah wabah yang lebih terkendali dan dapat diprediksi. Malaria, misalnya, dianggap endemik karena hanya terjadi di negara dan wilayah tertentu.

Pandemik

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa pandemik adalah situasi ketika pertumbuhan penyakit eksponensial. Ini berarti tingkat pertumbuhan meroket, dan setiap hari kasus tumbuh lebih dari hari sebelumnya.

Suatu penyakit disebut pandemik jika virus tidak ada hubungannya dengan virologi, kekebalan populasi, atau keparahan penyakit. Ini berarti virus mencakup wilayah yang luas, mempengaruhi beberapa negara dan populasi.

WHO mendefinisikan pandemik, epidemik, dan penyakit endemik berdasarkan tingkat penyebaran penyakit. Jadi, perbedaan antara epidemi dan pandemi bukanlah pada tingkat keparahan penyakitnya, tetapi sejauh mana penyebarannya.

Sebuah pandemi melintasi batas-batas internasional, yang bertentangan dengan epidemi regional. Jangkauan geografis yang luas inilah yang membuat pandemi menyebabkan gangguan sosial berskala besar, kerugian ekonomi, dan kesulitan umum.

Penting untuk dicatat bahwa epidemi yang pernah diumumkan dapat berkembang menjadi status pandemi. Meskipun epidemi itu besar, penyebarannya juga umumnya terkendali atau dapat diperkirakan, sementara pandemi bersifat internasional dan di luar kendali.

3 dari 5 halaman

Perbedaan Endemik dan Epidemik

Penyakit endemik bersifat stabil dan dapat diprediksi. Sedangkan epidemi merupakan peningkatan tiba-tiba, seringkali tak terduga dalam jumlah kasus penyakit tertentu. Epidemi biasanya terbatas pada wilayah atau wilayah geografis tertentu. Contoh epidemi termasuk campak dan hepatitis A.

Namun, tidak semua epidemi menular. Beberapa perilaku atau kondisi terkait kesehatan dapat dianggap sebagai epidemi jika angkanya jelas di atas apa yang diperkirakan di wilayah atau komunitas tertentu. Obesitas dan penggunaan opioid dianggap sebagai epidemi di Amerika Serikat, misalnya.

4 dari 5 halaman

Perbedaan Endemik dan Pandemik

Epidemik dapat berkembang menjadi status pandemik jika virus atau penyakit mulai menyebar ke wilayah yang lebih luas. Dengan kata lain, di mana epidemi biasanya terjadi pada komunitas atau wilayah, pandemi bisa bersifat internasional, bahkan global.

Biasanya, pandemi adalah hasil dari virus atau galur virus baru di mana orang tidak memiliki kekebalan alami. Karena virus SARS-CoV-2 adalah virus baru, ia dapat menyebar dengan cepat, menjadi pandemi dalam hitungan bulan.

5 dari 5 halaman

Apakah Covid-19 Dapat Menjadi Endemik?

COVID-19 kemungkinan bisa menjadi penyakit endemik. Namun, seberapa cepat itu akan beralih dari pandemi ke endemik belum bisa dipastikan. Status endemik membutuhkan sejumlah besar kekebalan pada populasi di seluruh dunia.

Varian Omicron menyebar begitu cepat dalam skala global sehingga meningkatkan kekebalan dengan sangat cepat. Pada saat yang sama, upaya vaksinasi di seluruh dunia juga membantu membangun kekebalan.

Akibatnya, penularan melambat, dan tingkat kasus COVID-19 menjadi lebih stabil. Ini berarti bahwa, meskipun jumlah kasusnya tinggi, COVID-19 bergerak menuju status endemik.

Namun, mencapai status endemik juga berarti masyarakat harus tahan terhadap varian baru yang potensial. Jika varian yang bisa muncul masa depan menghindari kekebalan alami atau kekebalan dari vaksinasi, tingkat infeksi dapat meroket lagi. Ini dapat mengembalikan virus corona 2019 ke status pandemi atau epidemi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.