Sukses

Apa Itu Kepribadian Alpha? Ketahui Ciri-Ciri dan Tipe Kepribadian Lainnya

Simak mengenai tipe kepribadian alpha dan tipe kepribadian lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu kepribadian alpha? Mungkin banyak banyak orang bertanya-tanya jenis kepribadian apakah itu. Banyak orang menganggap bahwa tipe kepribadian alpha hanya dimiliki oleh laki-laki, namun sebenarnya tidak demikian. Perempuan pun bisa memiliki tipe kepribadian alpha, beta, omega, dan sebagainya.

Pengelompokan tipe kepribadian alpha, beta, gamma, delta, omega dan sigma sebenarnya berdasarkan pengkategorian dari sifat hewan. Cara pengelompokan ini telah dilakukan oleh bangsa Yunani sejak zaman dulu.

Namun hal ini pengelompokan itu juga berlaku untuk mengetahui tipe kepribadian manusia. Baik pria maupun wanita dapat dikelompokkan menjadi enam tipe kepribadian tersebut.

Hanya saja, pengelompokan pada pria dan wanita akan mengalami sedikit perbedaan. Pengelompokan kepribadian ini tentu sangat menarik untuk dibahas, sebab akan mengungkapkan apa tipe kepribadian Anda.

Berikut adalah tipe kepribadian alpha, beta, gamma, delta, omega, dan sigma, seperti yang sudah dilansir Liputan6.com dari Daily Express, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Alpha

Seseorang yang memiliki tipe kepribadian alpha biasanya sangat dominan. Mereka memiliki karakter kepemimpinan yang menonjol. Orang yang memiliki tipe kepribadian alpha memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena mereka tahu kekuatan, kemampuan, tindakan, dan emosinya.

Mereka mungkin tidak memiliki banyak teman dekat, tetapi orang dengan tipe kepribadian alpha biasanya adalah sosok yang populer dan disukai banyak orang. Orang dengan tipe kepribadian alpha sangat nyaman dengan dirinya sendiri, dia memegang teguh kebenaran yang dia yakini tanpa berusaha menjatuhkan orang lain.

Orang dengan tipe kepribadian alpha sangat fokus pada dirinya sendiri dan orang yang dicintainya. Mereka hanya fokus pada apa yang benar-benar penting untuk diri mereka.

Orang dengan tipe kepribadian alpha umumnya sukses dalam karir mereka karena tidak ada yang menganggap mereka sebagai penurut. Mereka pekerja keras dan mereka memiliki karisma dan pesona.

3 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Beta

Tipe kepribadian beta adalah kebalikan dari tipe kepribadian alpha yang dominan. Mereka cenderung mengikuti arus dan suka menghindari konflik.

Alih-alih berbicara dan mengatakan pendapat mereka, orang dengan tipe kepribadian beta lebih memilih untuk tetap diam untuk menyelamatkan diri dari drama.

Orang dengan tipe kepribadian beta biasanya mudah cemas, sering tertutup, dan tidak terlalu aktif atau maju dalam hal mendapatkan apa yang dia inginkan atau bertemu orang baru.

Meski orang dengan kepribadian beta adalah orang yang penuh kasih, jangan anggap kebaikan mereka sebagai kelemahan. Mereka tetap tidak akan membiarkan dirinya tidak dihargai.

4 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Gamma

Orang dengan tipe kepribadian gamma memiliki ciri dari setiap tipe kepribadian. Dia seringkali tampak memiliki kehidupan yang terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Dia mandiri, terorganisir, memiliki motivasi tinggi, dan tidak membutuhkan persetujuan dari siapa pun.

Orang dengan tipe kepribadian gamma sangat sadar terhadap dirinya sendiri. Dia akan memastikan bahwa apa yang mereka ingin telah tercapai, sebelum memasuki suatu hubungan atau membuat banyak rencana dengan teman-temannya.

Seorang dengan tipe kepribadian gamma biasanya sangat memperhatikan detail Mereka adalah seorang yang sangat terorganisir, dan berpikir selangkah lebih maju dari kebanyakan orang.

5 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Delta

Dari sisi keuangan dan penampilan, orang dengan tipe kepribadian delta disebut mirip dengan orang dengan tipe kepribadian alpha. Bahkan bisa dibilang, orang dengan kepribadian delta sebenarnya adalah seorang alpha yang telah mengalami pengalaman pahit.

Mereka adalah tipe pendiam dan sering memandang rendah dirinya sendiri. Meski demikian, mereka adalah tipe yang selalu serius dalam menjalin hubungan, termasuk hubungan persahabatan.

Orang dengan tipe kepribadian delta biasanya adalah tipe yang mudah bergaul karena keterampilan komunikasi yang sangat baik. Akan tetapi, seorang delta harus adalah orang yang mudah canggung ketika bertemu orang yang baru dia kenal.

Seorang delta tampak enggan menjalin ikatan dengan orang baru karena dia cukup pemalu dan tidak suka menjadi pusat perhatian. Dia lebih suka menghabiskan waktu untuk berdiam diri di rumah. Seorang delta adalah pribadi yang sangat aktif dan praktis, tetapi seringkali tampak pesimis.

6 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Omega

Orang dengan tipe kepribadian omega memiliki stereotip layaknya seorang kutu buku yang pemalu. Mereka sangat tertutup, pendiam dan sensitif, dan lebih suka bersantai di rumah sendirian daripada di pesta.

Meski demikian, bukan berarti orang dengan tipe kepribadian omega tidak bisa menjalin hubungan dengan orang lain. Seorang omega memiliki kemampuan untuk membangun ikatan yang sangat kuat dengan orang lain.

Omega merasa sulit untuk menjadi dekat dengan seseorang secara romantis karena rasa malu, tetapi mereka sangat romantis, bersemangat, dan setia.

Meski seorang wanita omega tampak seperti pemalu dan manis, namun kebiasaannya untuk menahan emosi dapat menyebabkan ledakan ledakan, serangan panik dan kesehatan mental yang buruk. Orang dengan kepribadian omega biasanya sangat pintar, cenderung memiliki banyak hobi, dan suka belajar.

7 dari 7 halaman

Tipe Kepribadian Sigma

Orang dengan tipe kepribadian sigma memiliki beberapa ciri-ciri layaknya alpha, tetapi mereka berpikir lebih dalam dan lebih emosional. Seorang sigma adalah tipe yang sangat percaya diri. Sisi itu membuatnya menjadi sosok yang menarik di mata banyak orang. Namun kadang, rasa percaya dirinya itu justru membuatnya menjadi tampak dingin dan sulit didekati.

Alih-alih menjadi dominan dan memimpin kelompok, seorang sigma biasanya lebih suka bekerja sendiri dan secara mandiri. Namun jika ada momen di mana dia harus jadi pemimpin, dia akan melakukannya dengan sangat baik.

Orang dengan tipe kepribadian sigma biasanya sangat fokus pada apa yang telah menjadi tujuannya. Mereka tidak akan terganggu dengan pendapat orang lain. Di sisi lain, sigma juga sangat emosional dan memiliki kecenderungan untuk melekat pada orang lain, entah itu berdampak baik atau buruk bagi dirinya.

Mereka adalah teman dan kekasih yang sangat setia. Mereka akan selalu ada ketika seseorang membutuhkannya. Orang dengan kepribadian sigma mudah untuk menyimpan dendam, tetapi mereka juga akan setia pada orang yang mereka cintai apa pun yang terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.