Sukses

8 Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Ikuti Langkah-Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lamaran kerja yang benar dapat dilakukan sendiri dengan mudah di rumah. Lamaran kerja merupakan dokumen wajib yang dilampirkan pelamar saat ingin melamar pekerjaan. Mengetahui cara membuat lamaran kerja dapat menjadi pedoman dalam membuatnya.

Secara umum, surat lamaran kerja adalah jenis surat pribadi bersifat resmi yang diajukan seseorang ke perusahaan (instansi) agar diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi atau jabatan tertentu. Cara membuat lamaran kerja perlu diperhatikan format penulisan dan data-data yang lengkap supaya dapat dilirik oleh HRD.

Cara membuat lamaran kerja sangat penting mencantumkan beberapa data yang diperlukan. Mulai dari data diri sampai informasi lainnya yang diperlukan oleh perusahaan. Selain itu, cara membuat lamaran kerja harus jelas, ringkas, dan informatif.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara membuat lamaran kerja yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Menulis Tanggal Surat

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar pertama adalah menulis tanggal surat. Setiap surat resmi wajib mencantumkan tempat dan tanggal surat yang menyatakan kapan surat tersebut ditulis. Lokasi penulisan surat bisa berada di pojok kanan atau kiri atas surat. Contoh penulisannya adalah:

Surabaya, 22 Agustus 2022

2. Tulis Nama dan Alamat Tujuan

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menulis nama dan alamat tujuan surat. Anda perlu juga mencantumkan nama dan alamat perusahaan atau lembaga yang ingin anda lamar. Contoh penulisan nama dan alamat tujuan yang baik dan benar adalah:

Yth. HRD

PT. Suka Maju

Jalan Ahmad Yani No. 5

Surabaya

3. Salam Pembuka

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menulis salam pembuka. Setiap surat resmi pasti memiliki salam pembuka. Pada akhir ucapan salam pembuka selalu dibubuhkan tanda koma, bukan titik. Dalam salam pembuka ini, anda wajib mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan. Contoh penulisan salam pembuka, yakni:

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pemimpin untuk menempati bagian Marketing Digital di PT. Suka Maju.

4. Data Pribadi

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menuliskan data pribadi. Data pribadi berisi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail, dan latar belakang pendidikan. Contoh penulisannya, yaitu:

Nama: Kirana Lestari

Tempat, tanggal lahir: Surabaya, 16 Desember 1997

Email: lestari16@gmail.com

Telepon: 081326754321

Alamat: Jalan Krembangan Baru No.44 Krembangan Selatan, Surabaya

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

5. Pengalaman Kerja, Prestasi, dan Kemampuan Diri

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menulis pengalaman kerja, prestasi, dan kemampuan diri. Bagi anda yang memiliki pengalaman pekerjaan dapat menuliskan secara detail pernah bekerja di mana, kapan, dan apa jobdesknya. Namun, apabila anda  freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, anda bisa menuliskan pengalaman magang jika anda pernah magang di sebuah perusahaan. Anda juga bisa menuliskan organisasi yang pernah anda ikuti yang kira-kira menunjang anda dengan posisi yang lamar.

Setelah itu, jangan lupa untuk menuliskan kemampuan diri yang dibutuhkan oleh perusahaan dan masih berkaitan dengan jobdesk yang anda ambil. Dalam akhir kalimat tulislah untuk pembaca bahwa anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Contoh penulisannya adalah:

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, mampu melihat tren dalam dunia digital, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

6. Penutup Surat

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menulis penutup surat. Setiap surat resmi pasti memiliki pembuka surat dan juga penutup surat. Dalam penutup surat ini anda dapat membuat kalimat yang manis dan mengucapkan terimakasih. Berikut contoh penulisannya, yakni:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

7. Nama Terang dan Tanda Tangan

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar berikutnya adalah menuliskan nama terang dan tanda tangan. Pada umumnya, tanda tangan dan nama terang ditulis di pojok kanan bawah surat. Berikut contoh penulisannya:

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kirana Lestari

8. Lampiran

Cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar terakhir adalah lampiran. Supaya perusahaan yang anda tuju semakin tertarik untuk menerima, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai anda. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta anda melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain. Untuk itu, perlu mencermati syarat apa saja yang harus di penuhi saat akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

a. Pas foto (foto terbaru)

b. Daftar riwayat hidup atau CV

c. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti)

d. Portofolio

Setelah selesai membuat lamaran kerja, Anda perlu menyimpannya dalam format PDF. Hal ini supaya memudahkan HRD perusahaan, lembaga, atau perorangan untuk membaca dan mengecek surat lamaran kerja anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS