Sukses

15 Manfaat Laos untuk Kesehatan, Atasi Mual sampai Kontrol Kolesterol

Manfaat laos untuk kesehatan, membantu menurunkan kadar gula darah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat laos paling sering digunakan sebagai bahan penyedap. Laos atau lengkuas adalah salah satu rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai bumbu dapur. Biasanya laos dijadikan sebagai campuran bumbu untuk masakan seperti rendang juga semur. Selain digunakan sebagai rempah, manfaat laos juga berfungsi secara baik untuk kesehatan.  

Laos atau lengkuas juga sering digunakan sebagai ramuan obat tradisional. Ternyata, dalam beberapa penelitian yang dilakukan secara ilmiah, menunjukan bahwa laos atau lengkuas juga memiliki sejumlah manfaat yang berguna bagi tubuh. Salah satu manfaat laos untuk tubuh adalah membantu menurunkan kadar gula darah. 

Terdapat beberapa kandungan zat yang ada di dalam lengkuas, diantaranya vitamin B1, C, magnesium, dan phosphorus, dan masih banyak lagi. Dengan mengonsumsi laos secara teratur juga membantu mengontrol kadar kolesterol serta membantu menangani diabetes. 

Berikut ini manfaat laos yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Laos untuk Kesehatan

1. Mengatasi kram otot

Melansir dari laman netmeds.com, lengkuas yang kaya akan magnesium membantu meredakan kram otot. Keluhan kram otot kerap terjadi setelah olahraga yang dilakukan dengan durasi yang panjang atau berat, kondisi seperti ini, membuat otot lengan dan kaki menjadi tegang. Untuk mengatasi kram otot, maka dapat mengonsumsi campuran air hangat dengan lengkuas.

2. Mengatasi sembelit

Manfaat laos atau lengkuas, kaya akan serat sehingga membantu meringankan tugas usus ketika harus mencerna makanan yang berat. Dengan mengonsumsi laos, dapat menyehatkan usus. Dengan kondisi usus yang sehat, maka dapat mengatasi sembelit dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Mengutip dari laman netmeds.com, lengkuas juga dapat menjaga kesehatan kulit karena mengandung asam amino. Kandungan zat tersebut dapat berfungsi menyehatkan sel-sel kulit, serta mengatasi kulit kemerahan, mengobati jerawat, serta mengurangi terjadinya iritasi kulit.

3 dari 6 halaman

Manfaat Laos untuk Kesehatan

4. Menangani diabetes

Dikutip dari stylecraze.com, lengkuas atau laos memiliki sifat antidiabetes karena dapat mencegah komplikasi pada diabetes. Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak lengkuas dapat menghambat metabolisme karbohidrat dan menjaga agar kadar gula dalam darah tidak melonjak setelah makan.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengutip netmeds.com, dengan mengonsumsi lengkuas, dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Vitamin C yang terdapat lengkuas dapat memperlancar peredaran darah dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat laos atau lengkuas yang kaya akan kalium, membantu menjaga tekanan darah untuk tetap dalam ambang normal. Selain itu, lengkuas juga dapat menyehatkan otot jantung, serta menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil, sehingga potensi untuk mengalami serangan jantung dan stroke dapat lebih diminimalisir.

4 dari 6 halaman

Manfaat Laos untuk Kesehatan

7. Menurunkan gula darah

Dikutip dari healthline.com, manfaat laos atau lengkuas berfungsi secara baik untuk menurunkan kadar gula darah. Kandungan laos yang kaya akan polifenol membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. 

8. Mengontrol kadar kolesterol

Selain membantu tubuh dalam menjaga kadar gula darah, kandungan polifenol yang terdapat dalam laos juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan kalium dalam lengkuas juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh.

9. Dapat meredakan nyeri

Manfaat laos atau lengkuas juga dapat meredakan nyeri karena memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Dengan sifat anti-inflamasi ini, membantu meredakan nyeri serta peradangan bagi orang yang mengonsumsi lengkuas. Melansir dari healthline, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa lengkuas yang dicampur dengan ekstrak jahe juga mampu mengurangi nyeri lutut saat berdiri.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Laos untuk Kesehatan

10. Mencegah kanker

Melansir dari laman healthline.com, laos atau lengkuas merupakan salah satu tanaman rimpang yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan terbukti secara ampuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh dan menjadi penyebab utama dari kanker. 

Dengan mengonsumsi lengkuas, maka akan lebih meminimalisir terjadinya kanker. Selain antioksidan, kemampuan lengkuas dalam mencegah kanker juga berasal dari galangin. Senyawa aktif galangin juga berfungsi dalam  membunuh sel kanker atau mencegah sel tersebut makin menyebar di dalam tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian juga membuktikan bahwa lengkuas dapat mengatasi kanker usus besar, payudara, saluran empedu, kulit, juga hati.

11. Meningkatkan kesuburan pria

Dikutip dari healthline, sebuah penelitian juga membuktikan bahwa pria yang memiliki kesuburan lebih baik setelah mengonsumsi lengkuas. Penelitian juga dilakukan terhadap 66 pria, ketika mengonsumsi suplemen dengan kandungan lengkuas dan buah delima selama 3 bulan. Hasil yang diperoleh 62% dari pria tersebut juga mengalami peningkatan kesuburan daripada yang tidak mengonsumsi suplemen lengkuas dan delima.

12. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Melansir Naturalfoodseries, manfaat laos dikenal untuk mengeluarkan racun dari tubuh juga meningkatkan sirkulasi darah. Hasilnya adalah lebih banyak nutrisi masuk ke jaringan kulit. Sifat antioksidan dari lengkuas mampu menghentikan radikal bebas dalam merusak kulit, sehingga menjaga kekenyalan kulit.

Para peneliti dari Cina menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol, quercetin, dan galanin. Peneliti Korea juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas secara substansial mengurangi kolesterol dan Trigliserida.

 

6 dari 6 halaman

Manfaat Laos untuk Kesehatan

13. Lancarkan pencernaan

Manfaat laos sejak dulu dan paling umum adalah untuk mengobati sakit perut, terutama dalam budaya Asia dan pengobatan Ayurvedic. Kandungan lengkuas juga berfungsi baik dalam menyembuhkan muntah, diare, dan juga cegukan.

14. Redakan mual

Dengan mengunyah beberapa daging lengkuas segar, Anda dapat mengurangi dan bahkan menyembuhkan mual. Minyak yang terkandung di lengkuas dapat menenangkan saraf Anda. Wanita hamil yang biasanya mengalami mual di pagi hari harus mencoba ramuan ini. Minum irisan lengkuas yang diseduh dengan madu dan air hangat juga bisa meredakan mual di pagi hari.

15. Fungsi Kognitif

Sebuah komponen yang ada di lengkuas memberi efek perlindungan kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lengkuas juga dapat membantu mengurangi beberapa jenis degenerasi otak yang berkaitan dengan usia. Selain itu, fitonutrien dalam lengkuas juga dapat menekan aktivitas TNF-alpha, yang dapat membantu memerangi Depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.