Sukses

45 Tempat Wisata Bali yang Wajib Dikunjungi dan Paling Populer

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bali tidak terhitung jumlahnya, namun terdapat beberapa tempat yang popular dan cocok untuk dijadikan destinasi wajib untuk dikunjungi selama berlibur di Bali.

Terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, tempat wisata bali yang wajib dikunjungi tidak hanya berupa wisata alam dan budaya, namun juga kuliner, religi, sejarah dan edukasi. Lengkap dan uniknya pilihan wisata di Bali, membuat bali menjadi salah satu destinasi wisata utama bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Keindahan alam Bali tidak hanya berupa pantainya, namun juga pegunungan, bukit, sawah dan air terjunnya. Terdapat banyak tempat wisata bali yang wajib dikunjungi saat anda berkunjung ke Bali untuk menghabiskan waktu liburan.

Sebagai referensi bagi anda yang akan berkunjung ke Bali, berikut ini Liputan6.com raangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022). Rekomendasi tempat wisata bali yang wajib dikunjungi dan paling popular.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi

1. Ubud

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi pertama kali adalah ubud. Ubud adalah paket lengkap yang terbaik diantara tempat-tempat wisata di Bali. Tempat itu adalah surga dunia, dari mulai alam yang indah hingga budayanya yang unit, tempat ini juga menampilkan budayanya melalui sawah, kuil, pertunjukan tari jalanan, dan museum.

 

2. Pantai Lovina

Dengan pasir hitam yang tersebar di area seluas 5 mil, pantai Lovina adalah area resor terbesar di pantai utara Bali. Meliputi beberapa desa kecil, pantai lovina adalah istirahat selamat datang dari hiruk pikuk tempat wisata Selatan di Bali.

 

3. Gunung Dan Danau Batur 

Juga dikenal sebagai gunung berapi Kintamani, Gunung Batur adalah salah satu pemandangan paling indah di Bali. Dengan pemandangan indah kaldera seluas 13 km persegi dan danau indah yang memenuhi sebagian besar kaldera, area ini menawarkan tontonan yang fantastis bagi pengunjung.

 

4. Pantai Sanur

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah pantai sanur. Disini terdapat sebuah jalan yang ditumbuhi pepohonan dan tepi pantai yang rindang. Pantai sanur juga merumahkan beberapa tempat penting yang harus dilihat di Bali, karena disini adalah salah satu tempat untuk melestarikan sejarah Bali di kuil dan museumnya.

 

5. Pura Luhur Uluwatu

Di Pura Luhur Uluwatu anda akan menemukan arsitektur khas bali, seperti patung Ganesha mengapit pintu masuk, para kera yang menyambut pengunjung, serta pertunjukan tari pada malam hari. Dibangun di atas tebing batu kapur terjal yang menjorok ke laut, pengunjung akan merasakan sensasi seperti bertengger di singgasana.

 

6. Tanah Lot

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Tanah Lot. Di antara 7 pura laut yang masing-masing terlihat oleh mata, yang paling popular adalah wisata Pura Tanah Lot. Terletak di atas batu besar, pura ini adalah salah satu tempat wisata Bali yang paling ikonik untuk fotografi.

 

7. Seminyak

Sebuah kota kecil di pantai barat daya Bali, Seminyak terkenal dengan butik kelas atas, dan restoran bintang lima di antara tempat-tempat wisata Bali. Dengan ombak yang berbahaya, seminyak juga menawarkan petualangan sempurna dengan latar belakang panorama yang indah.

 

8. Gunung Agung

Gunung Agung bukan hanya pusat spiritual Bali tetapi juga puncak tertinggi di sana. Sebuah gunung yang sangat dihormati di Bali, puncak Gunung Agung diselimuti kabut dan awan. Gunung ini terlihat paling indah saat fajar. Keindahannya yang indah sangat cocok untuk menyelesaikan beberapa fotografi. Trekking dan panjat tebing adalah kegiatan favorit di Gunung Agung.

 

9. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung, terletak di antara Bedugul dan Ubud. Ini adalah air terjun indah yang merupakan tempat yang tepat untuk menyegarkan diri. Terletak sekitar 900 meter di atas permukaan laut, air terjun ini dikelilingi oleh tanaman hijau dan merupakan pemandangan yang ramah bagi pecinta alam. Perlu dicatat bahwa air ini tidak ideal untuk berenang dan terlebih lagi, jalur 500 anak tangga yang menuju ke sana terbukti melelahkan bagi banyak orang.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi

10. Taman Burung Dan Reptil Bali

Bali Bird and Reptile Park adalah tempat yang menyenangkan bagi anak-anak, orang dewasa, dan keluarga yang mencintai hewan-hewan tersebut. Taman ini menampung sekitar 1000 burung bersama dengan 250 spesies reptil. Ini adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi bagi pecinta alam dan bagi mereka yang ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan menikmati berada di sekitar hewan.

  

11. Air Terjun Tukad Cepung

Terletak di wilayah Tembuku Kabupaten Bangli, air terjun ini pasti harus dikunjungi karena pemandangannya yang menakjubkan. Anda harus melakukan perjalanan selama 15 menit yang mengharuskan anda mengarungi kerikil dan air setinggi pinggang untuk mencapai lokasi air terjun. Seluruh upaya itu sepadan dengan keindahan alam yang tersaji.’

 

12. Pantai Jimbaran

Pantai Teluk Jimbaran memiliki segala yang diinginkan oleh pecinta pantai. Ada terumbu karang yang menakjubkan, hotel mewah, dan kursi berjemur. Pantai Jimbaran adalah sebidang tanah berkilauan yang menghubungkan daratan Bali dengan Semenanjung Bukit. Ini adalah tempat yang sangat sempurna untuk bersantai dan menawarkan ketenangan serta kedamaian bagi para pengunjungnya.

 

13. Tirta Empul

Dibangun pada tahun 962 M, pada masa Pemerintahan Dinasti Warmadewa. Tirta Empul adalah warisan dari kisah kemenangan kebaikan atas kejahatan. Ini menampung mata air pegunungan yang dianggap suci dan mata air ini mengalir ke sungai Pakerisan. Tempat suci ini dipuja karena merupakan tempat ritual pemurnian oleh para leluhur.

 

14. Teras Sawah Tegalalang

Sawah yang terletak sekitar 20 menit ke utara Ubud ini memisahkan diri area pemukiman. Teras sawah yang indah ini bertransisi dengan lembut menjadi sawah di seberang lembah. Teras sawah ini terkenal karena menggunakan gaya pertanian padi abad ke-8 yang efisien dan disebut Subak. Ini adalah tempat yang bagus untuk mendapat foto dengan latar belakang yang menakjubkan.

 

15. Pura Taman Ayun

Dibangun pada tahun 1634 oleh jenis dinasti Mengwi untuk menghormati leluhurnya, Pura Taman Ayun adalah sebuah pura kuno yang terletak di Mengwi, Bali. Gerbang Kuil dihias dengan indah dan mengarah ke air mancur indah yang menyemburkan air melalui sembilan pancarannya. Sembilan pancuran ini mewakili sembilan dewa di Pantheon Hindu.

 

16. Waterbom Bali

Disebut sebagai waterpark terbaik di Asia dan terletak di Kuta Selatan, tempat ini menawarkan hari yang mendebarkan bagi para pengunjungnya. Terdapat Lazy River Ride bagi mereka yang ingin menjalani hari dengan santai, ada juga wahana Boomerang yang memacu adrenalin melalui sensai jatuh dari ketinggian 20 meter. Wahana berkisar dari ringan hingga ekstrim dan ini benar-benar membantu membuat taman bermain ini fleksibel bagi siapa saja.

  

17. Goa Gajah

Goa Gajah terletak hanya enam kilometer dari Ubud, Ini adalah situs atraksi budaya dan spiritual populer yang dipenuhi dengan peninggalan Shaivite serta ukiran Buddha. Ketika anda memasuki tempat itu, struktur seperti iblis yang sangat besar menunggu anda di pintu masuk. Kemudian Anda dituntun ke kolam yang tenang di dalam tempat itu. Ukiran dan pahatan batu yang rumit membuat tempat ini wajib dikunjungi bagi orang-orang yang ingin melihat arsitektur dan warisan Indonesia secara lebih rinci.

 

18. Pasar Seni Ubud

Tempat wisata Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah pasar seni Ubud. Kerajinan tangan yang dijual disini sangat luar biasa. Pasar ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat oleh-oleh di Bali. Berjalan-jalan di pasar sambil mencari beberapa syal, keranjang anyaman buatan tangan, patung, layang-layang, dan barang kerajinan tangan lainnya.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi

19. Taman Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana adalah tempat budaya, kedamaian, alam, dan spiritualitas menyatu bersama. Ini adalah salah satu tujuan terbaik di Bali. Anda akan menemukan sejumlah atraksi buatan di dalam taman, salah satunya adalah patung besar Garuda Wisnu. Tingginya 120 m dan memancarkan kedamaian dan ketenangan. Patung itu berdiri sebagai simbol kepercayaan agama di bali.

  

20. Pantai Kuta

Menikmati matahari terbenam di atas pantai berpasir putih dengan ditemani makanan lokal berupa seafood dari kafe-kafe tepi pantai, merupakan pengalaman tidak tergantikan yang akan anda nikmati pada sore hari di Pantai Kuta. Pantai kuta dulunya merupakan desa nelayan yang sepi, tempat ini kemudian menjadi tujuan liburan utama Bali sejak renovasi pada akhir 1970-an.

 

21. Pura Besakih

Lereng Gunung Agung merupakan lereng dari gunung tertinggi di Bali, disana terdapat Pura Besakih yang juga merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Bali. Legenda mengatakan bahwa kuil sembilan arah ini dibangun untuk melindungi pulau dari kejahatan. Dengan 28 bangunan di terasnya, pura ini dikelilingi oleh sawah yang indah, hutan yang rimbun, dan vegetasi hijau yang masih alami.

 

22. Sungai Ayung

Arung jeram adalah olahraga yang sangat populer di Bali tetapi arung jeram di sungai Ayung menawarkan tingkat kesulitan arung jeram yang berbeda. Sungai Ayung adalah sungai terbesar di Bali dan terletak di Ubud. Perahu rakit akan membawa anda lebih dari 10 km, sambil merasakan sensasi petualangan yang tidak terlupakan.

 

23. Air Terjun Gitgit

Terletak sekitar 10 km dari Singaraja. Air terjun Gitgit menawarkan pengalaman menyegarkan bagi para pengunjung. Untuk mencapai air terjun setinggi 40 meter, pengunjung harus melintasi jalan setapak kayu yang mengarah ke kolam berbatu. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai dan lebih dekat dengan alam.

 

24. Bali Safari and Marine Park

Bali safari anda marine park merupakan satu taman hiburan paling populer di Bali, merupakan rumah bagi lebih dari 100 spesies hewan yang berasal dari negara-negara seperti India, india, dan banyak lagi. Terletak di Gianyar, taman ini memiliki spesies yang terancam punah seperti harimau putih, komodo dan orangutan.

 

25. Suaka Hutan Kera Keramat

Ini adalah habitat alami untuk lebih dari 600 monyet ekor panjang Bali. Ada juga sekitar 115 spesies dari berbagai jenis pohon di sana dan dikombinasikan dengan monyet yang selalu mencari suguhan dari para wisatawan, ini adalah tempat yang menyenangkan bagi pecinta alam. Terbentang dari lahan seluas 12,5 hektar, tempat ini dimiliki oleh masyarakat Pandangetal.

 

26. Museum Negeri Provinsi Bali

Ini adalah museum terbaik jika anda ingin menjelajahi Budaya Bali secara utuh. Museum pusat ini terletak di ibukota provinsi Denpasar dan menampung lebih dari 10.000 karya seni. Ada banyak karya yang dipamerkan di sini yang mencakup segala sesuatu mulai dari sarkofagus prasejarah hingga kostum tari serta topeng.

 

27. Pantai Balangan

Terletak sekitar 20 km ke arah selatan Kuta, Pantai Balangan adalah Pantai yang indah yang terkenal dengan pasir keemasannya yang indah serta ombaknya yang bagus untuk berselancar dengan santai. Tempat ini menarik peselancar dari seluruh dunia, karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi

28. Pasar Seni Sukawati

Anda dapat menemukan banyak hal mulai dari seni kontemporer hingga pajangan kayu pahatan di sini. Produk rumahan khas Bali menjadi andalan di pasar ini. Pasar Seni Sukawati secara lokal populer sebagai Pasar Seni Sukawati. Ini adalah bangunan dua lantai yang didirikan sekitar tahun 80-an. Disini anda dapat menemukan segala sesuatu mulai dari pakaian hingga tas tangan, layang-layang tradisional, dan banyak lagi.

 

29. Pura Ulun Danu

Bali adalah pulau pura. Ada banyak kuil dan pura yang masing-masing dari mereka memiliki keunikan dan keindahan masing-masing. Pura Ulun Danu Bratan merupakan salah satu objek wisata Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Kuil abad ke-17 ini terletak di tengah pemandangan yang indah dan dikelilingi oleh air dari semua sisi. Pegunungan Bedugul yang  menghadap ke candi menambah pesona lanskap di pura ini.

 

30. Air Terjun Sekumpul

Air terjun di Bali sangat banyak. Salah satu yang paling indah adalah Air Terjun Sekumpul yang dianggap sebagai salah satu tujuan wisata populer di Bali. Ini adalah tempat wisata terkenal di mana anda harus melakukan pendakian kecil untuk bisa sampai dan melihat tujuh air terjun yang indah. Nikmati keindahan tempat ini dan berenang di air kolam yang sejuk dan menyegarkan yang terbentuk di bawah air terjun.

 

31. Pantai Tanjung Benoa

Pantai indah di Bali memang tidak ada habisnya bagi para pecinta pantai. Pantai Tanjung Benoa di kawasan tenggara Bali menawarkan pengalaman menginap yang luar biasa bersama dengan aktivitas olahraga air yang lengkap. Ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Bali di mana orang dapat menikmati jet ski, paralayang, ski, snorkeling dan juga scuba diving.

 

32. Taman Air Kerajaan Tirta Ganga

Tirta Ganga Royal Water Garden adalah salah satu tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi saat bulan madu atau liburan keluarga. Dibangun pada tahun 1948 oleh keluarga Karangasem, anda akan menemukan istana kerajaan yang dikelilingi oleh air. Anda juga akan menemukan banyak patung dan air mancur yang menghiasi taman.

 

33. Kebun Binatang Bali

Rumah bagi beragam spesies termasuk singa Afrika, harimau putih, orangutan, dan gajah. Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata terbaik di Bali yang terletak di tengah hutan tropis seluas 8 hektar, menawarkan sensasi menjelajahi hutan belantara dan berteman dengan beberapa penghuninya.

 

34. Lembah Sidemen

Lembah Sidemen adalah salah satu tempat wisata Bali yang populer. Kaya akan persawahan, wisata ke desa ini akan menyegarkan anda dan keluarga. Tempat ini terkenal dengan karya pengrajin Songket dan Endek yang mencerminkan budaya Bali mereka yang sebenarnya. Terletak di tengah pemandangan yang mempesona, anda juga dapat mencari tempat piknik, atau tempat hiking bersama keluarga.

 

35. Canggu

Tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Canggu. Canggu adalah lokasi yang sangat terkenal di Bali. Temukan sawah teraseringnya yang indah jika anda ingin melihat sekilas alam atau pergilah ke area pantai jika anda ingin berselancar.

 

36. Teater Nusa Dua

Pergilah ke Teater Nusa Dua untuk menyaksikan pemenang Indonesia Leading Tourism Show, the Great Devdan Show. Pertunjukan tari budaya ini sangat dinamis dan penuh dengan akrobat yang menciptakan kembali adegan kehidupan Bali. Sangat cocok untuk seluruh keluarga.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Bali Yang Wajib Dikunjungi

37. Pantai Bingin

Dianggap sebagai salah satu pantai tersembunyi terbaik di Bali, Pantai Bingin adalah tempat selancar yang bagus dekat dengan Uluwatu. Tertutup oleh tebing, banyak wisatawan mungkin tidak langsung menyadari permata kecil ini. Yang pasti, pantai ini merupakan salah satu pantai Bali yang paling indah

 

38. Pusat Konservasi dan Pendidikan Penyu

Pusat Konservasi dan Pendidikan Penyu terletak di Serangan. Dibuka oleh Gubernur Bali sekitar 13 tahun yang lalu. Salah satu misinya adalah menghentikan perdagangan penyu ilegal di pulau itu secara definitif. Jaga dan beri kehidupan baru pada penyu kecil yang membawa mereka kembali ke laut kembali.

 

39.Pasar Tradisional Badung

Pasar Tradisional Badung dianggap sebagai pasar tradisional terbesar di Bali. Tempat yang ramai untuk merasakan cita rasa nyata kehidupan sehari-hari orang Bali, di antara bahan makanan lokal dan barang-barang murah. Jelajahi pasar sebagai penduduk lokal dan beli beberapa buah tropis yang lezat.

  

40. Green Village

Terletak di Sungai Ayung yang suci dan terletak di hutan Bali yang rimbun, Green Village adalah kompleks rumah bambu dan villa yang inovatif. Selain Sekolah Hijau yang terkenal di dunia, Green Village telah diakui sebagai salah satu komunitas Bali yang paling luar biasa dalam kehidupan dan perumahan yang berkelanjutan.

 

41. Bukit Campuhan

Jalur pendakian lembah pegunungan yang indah di Ubud. Campuhan Ridge adalah perjalanan Ubud yang paling terkenal dan dengan alasan yang bagus. Pergilah ke sini di pagi atau sore hari, hirup udara segar dan berjalan di sepanjang jalan setapak. Bagi pecinta trekking, bukit campuhan merupakan salah satu tempat yang tepat untuk di kunjungi selama berkunjung ke bali.

  

42. Pura Gunung Kawi

Pura Gunung Kawi secara lokal disebut sebagai Pura Gunung Kawi, adalah salah satu situs arkeologi paling khas di Bali, yang terdiri dari kumpulan relief kuil kuno yang diukir di muka tebing batu. Kompleks pemakaman Hindu ini berasal dari abad ke-11 – salah satu tempat paling suci untuk dikunjungi di Bali.

 

43. Desa Penglipuran

Alami kehidupan yang tak tersentuh oleh pengaruh modern di Penglipuran, yang terletak di dekat Kota Bangli. Ini adalah desa tradisional Bali yang dibekukan dalam waktu – salah satu tempat paling menakjubkan di Bali yang dapat Anda kunjungi. Desa Penglipuran adalah saksi budaya dan cara hidup yang belum tersentuh oleh masa kini.

 

44. Ladang Marigold

Berkendaralah antara Kintamani dan Bedugul untuk melihat bunga marigold yang indah tumbuh di ladang di sepanjang jalan. Marigold adalah bunga tradisional yang digunakan dalam ritual Bali. Ini adalah salah satu tempat paling romantis untuk dikunjungi di Bali. Bayangkan berjalan-jalan di ladang bunga yang beraroma manis.

 

45. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat dan salah satu tujuan menyelam terbaik di Bali. Di garis pantai, perairan yang tenang dan taman karang yang dipenuhi dengan kehidupan laut menawarkan penyelaman dan snorkeling dengan jarak pandang yang sangat baik sepanjang tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS