Sukses

22 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami, Sehat dan Aman untuk Dicoba

Berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami yang sehat dan aman.

Liputan6.com, Jakarta Perut buncit adalah salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Perut buncit dapat menjadi salah satu tanda seseorang kelebihan berat badan dan juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuhnya.

Perut buncit dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan yang serius, misalnya adalah penyakit diabetes tipe 2 serta penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting bagi kamu mengetahui cara mengecilkan perut buncit dan juga menjaga berat badanmu untuk menekan risiko dan mencegah berbagai penyakit yang berbahaya.

Selain faktor kesehatan, perut buncit juga berpengaruh pada penampilan seseorang. Memiliki perut buncit dapat menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Hal ini membuat banyak orang mencari dan menggunakan berbagai cara mengecilkan perut buncit secara cepat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang menggunakan cara-cara yang berbahaya untuk mengecilkan ukuran perut mereka.

Ada beragam cara mengecilkan perut buncit secara alami yang aman untuk kamu coba di rumah. Cara mengecilkan perut buncit secara alami bisa dilakukan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat. Akan tetapi, cara alami ini terkadang cukup berat untuk dilakukan karena harus mengubah kebiasaan hidup seseorang.

Berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami yang sehat dan aman yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

1. Banyak Bergerak

Cara mengecilkan perut buncit yang pertama dan mudah untuk kamu lakukan setiap saat adalah banyak menggerakkan anggota tubuhmu. Semakin banyak kamu menggerakkan tubuhmu, kamu tidak hanya membakar lebih banyak kalori dan lemak di dalam tubuhmu, tetapi juga dapat membantumu untuk memperkuat otot dan meningkatkan mood. Cobalah melakukan olahraga ringan secara rutin dan juga melakukan peregangan secara teratur saat duduk terlalu lama. Hindarilah terlalu banyak berbaring.

2. Olahraga Kardio

Kamu juga dapat melakukan olahraga kardio secara rutin sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami yang sehat dan aman. Olahraga kardio seperti jogging, lari, dan bersepeda adalah jenis olahraga yang cukup efektif untuk membakar kalori dan lemak yang menumpuk di perutmu. Tidak hanya itu, olahraga kardio juga dapat membantumu untuk menurunkan faktor risko penyakit jantung.

3. Latihan Ketahanan

Selain olahraga kardio, latihan ketahanan juga merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efektif. Selain dapat membantumu untuk membakar lemak yang menumpuk di perut, latihan ketahanan juga dapat menjaga dan menambah massa otot. Latihan ketahan yang bisa kamu lakukan meliputi angkat beban atau latihan kekuatan lainnya.

4. Cukup Tidur

Orang yang kekurangan tidur cenderung memiliki risiko kelebihan berat badan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, memastikan dirimu memiliki waktu tidur yang mencukupi setiap harinya adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efektif. Selain tidur minimal 7 jam per malam, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup berkualitas.

 

3 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

5. Mengunyah Makanan Secara Perlahan

Cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya adalah dengan mengunyah secara perlahan saat sedang makan. Mengutip dari situs Healthline, otak membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kamu telah cukup makan. Mengunyah makanan secara menyeluruh membuatmu makan lebih lambat yang dapat mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi dan meningkatkan rasa kenyang.

6. Puasa Intermiten

Sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit, kamu dapat mencoba puasa intermiten. Puasa intermiten adalah pola makan yang berputar antara periode makan dan periode puasa. Puasa intermiten bisa membantumu untuk membakar lemak yang menumpuk dalam tubuhmu.

7. Konsumsi Makanan yang Kaya Protein

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dapat membantumu untuk meningkatkan rasa kenyang serta menurunkan nafsu makan. Kamu perlu memilih makanan yang kaya akan protein tetapi tidak mengandung lemak sebagai cara mengecilkan perut buncit. Ini dapat kamu temukan di daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

8. Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat Larut

Cara mengecilkan perut buncit yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan serat larut. Serat larut tidak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tetapi juga dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini membantumu untuk mengatur porsi makan, mencegahmu untuk makan berlebihan. Hasilnya, perutmu akan semakin mengecil dan berat badanmu akan turun. Untuk mendapatkan serat larut yang kamu butuhkan, kamu dapat menyantap berbagai macam makanan seperti biji-bijian, alpukat, dan aneka sayuran.

4 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

9. Konsumsi Ikan Berlemak

Ikan berlemak kaya akan kandungan protein serta lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak sehat seperti omega-3 dalam ikan dapat membantu mengurangi lemak visceral yang menumpuk di perut dan menyebabkan perut buncit. Oleh sebab itu, mengkonsumsi ikan berlemak adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami yang aman dan sehat yang dapat kamu coba di rumah. Selain bisa membantumu untuk mengurangi lemak yang menumpuk di tubuh, mengkonsumsi ikan berlemak juga dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Ikan berlemak yang bisa dikonsumsi seperti tongkol, salmon, sarden, teri, atau ikan kembung.

10. Menghindari atau Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang rendah serta kaya akan kandungan kalori. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya berat badan seseorang dan membuat perut menjadi buncit. Karbohidrat olahan terdapat dalam roti putih, biji-bijian olahan, serta makanan dan minuman manis. Cara mengecilkan perut buncit yang efektif adalah dengan mengganti asupan karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks. Kamu dapat menemukan karbohidrat kompleks pada berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, dan juga biji-bijian.

11. Menghindari Makanan Manis

Makanan manis kaya akan kandungan gula. Tingginya kandungan gula di dalam makanan manis terkait dengan peningkatan berat badan seseorang. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat menyebabkan berat badanmu naik dan perut menjadi buncit. Cara mengecilkan perut buncit yang alami dan efektif adalah dengan membatasi konsumsi berbagai macam makanan dan minuman manis seperti permen dan lainnya.

12. Menjaga Asupan Vitamin C

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang aman dan sehat berikutnya ialah menjaga asupan vitamin C. Mengutip dari situs Eat This, Not That!, vitamin C dapat membantumu untuk membakar lebih banyak lemak saat berolahraga. Selain itu, vitamin C adalah nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh dan dapat membantumu untuk mencegah berbagai macam masalah kesehatan hingga membantu merawat kecantikan kulit. Asupan vitamin C dapat kamu dapatkan dari berbagai macam buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, kiwi, bayam, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

13. Hindari Alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat perutmu menjadi buncit. Oleh sebab itu, menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami yang efektif. Selain itu, menghindari konsumsi alkohol juga dapat membantumu untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang serius seperti penyakit liver dan peradangan.

14. Mengkonsumsi Probiotik

Cara mengecilkan perut buncit yang berikutnya ialah dengan mengkonsumsi probiotik.  Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu tubuh untuk memperlancar serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, probiotik juga dapat membantumu untuk mengurangi lemak yang menumpuk di perutmu. Dengan demikian, probiotik akan membantumu untuk mengecilkan perut buncit dan mengurangi berat badan.

15. Hindari Hidangan yang Mengandung Gula Tambahan

Minuman manis yang mengandung gula tambahan harus kamu hindari karena dapat menyebabkan meningkatnya lemak yang menumpuk di perut. Hal ini disebabkan karena otak tidak memproses kalori cair dengan cara yang sama seperti otak padat yang kemungkinan besar dapat memicu konsumsi kalori berlebihan di kemudian hari dan menyimpannya sebagai lemak. Oleh sebab itu, menghindari hidangan yang mengandung gula tambahan merupakan salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efektif.

16. Hindari Stres

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang aman dan sehat selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Pasalnya, stres dapat meningkatkan nafsu makan seseorang dan mendorong  penyimpanan lemak perut. Hal ini disebabkan karena pelepasan hormon stres kortisol mempengaruhi nafsu makan seseorang yang kemudian mendorong orang tersebut untuk makan lebih banyak.

17. Mengkonsumsi Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit secara alami yang efektif. Teh hijau dapat membantumu untuk mengecilkan ukuran perut dan menurunkan berat badan berkat kandungan kafein dan antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG) yang terdapat di dalamnya. Kedua kandungan itu dapat membantumu untuk memperlancar dan meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Selain itu, EGCG juga termasuk senyawa yang bisa membantu menghilangkan lemak perut.

6 dari 6 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit

18. Hindari lemak trans

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang berikutnya adalah dengan menghindari konsumsi lemak trans. Lemak trans ini tidak hanya dapat menambah lemak perut yang menyebabkan perut menjadi buncit, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti peradangan, penyakit jantung, serta resistensi insulin. Kamu dapat menemukan lemak trans pada minyak goreng, margarin, fast food, dan makanan olahan lainnya. Sebagai cara mengecilkan perut buncit, kamu dapat mengganti konsumsi lemak trans dengan lemak sehat.

19. Mengkonsumsi Cuka Sari Apel

Cuka sari apel diketahui memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, meminum cuka sari apel secara rutin juga dapat membantumu untuk mengurangi lemak perut yang menumpuk, membuat perut buncitmu menjadi mengecil. Cara mengecilkan perut buncit menggunakan cuka sari apel adalah dengan mengkonsumsi sebanyak 2 sendok makan (15–30 ml) cuka sari apel per hari. Pastikan untuk mengencerkan cuka sari apel tersebut terlebih dahulu dengan air. Bila tidak, cuka tersebut dapat mengikis lapisan enamel pada gigi.

20. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang aman dan sehat berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, minyak goreng mengandung lemak trans yang dapat menyebabkan penumpukan lemak di perut dan membuat perut menjadi buncit. Kamu dapat mengganti minyak goreng tersebut dengan minyak kelapa saat memasak. Minyak kelapa mengandung lemak rantai menengah yang dapat membantumu untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan jumlah lemak yang disimpan tubuh.

21. Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab perut buncit karena terjadinya peningkatan lemak perut. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan yang serius. Cara mengecilkan perut buncit dengan berhenti merokok dapat membantumu untuk mengurangi risiko penumpukan lemak di perut serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

22. Minum Air Putih Secara Teratur

Cara mengecilkan perut buncit secara alami yang berikutnya ialah dengan minum air putih secara teratur. Mengutip dari situs Healthline, minum air putih dapat membantumu untuk makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan, terutama bila kamu meminumnya sebelum makan. Menurut penelitian, minum setengah liter air putih 30 menit sebelum makan dapat menurunkan nafsu makan dan mengurangi asupan kalori.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.