Sukses

32 Tempat Wisata di Malang Batu yang Indah dan Wajib untuk Dikunjungi

Inilah rekomendasi berbagai tempat wisata di Malang Batu yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta Pergi berwisata memang menjadi kegiatan healing yang efektif. Berekreasi mengunjungi berbagai tempat wisata dapat membantumu untuk melepaskan lelah dan penat yang menumpuk akibat rutinitas sehari-hari, baik itu bekerja ataupun sekolah. Jika kamu mencari tempat wisata yang menarik untuk liburanmu di daerah Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Malang Batu.

Malang memang telah lama menjadi salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Jawa Timur. Setiap tahunnya, berbagai tempat wisata di Malang Batu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Majunya industri pariwisata di daerah ini tidak terlepas dari beragamnya tempat wisata di Malang Batu. Malang memang terkenal dengan alam pegunungannya yang indah dan sejuk. Akan tetapi, sebenarnya, ada banyak sekali tempat wisata di Malang Batu lainnya yang dapat dinikmati oleh para wisatawan, mulai dari pantai, hingga taman hiburan. Beragamnya tempat wisata di Malang Batu membuatnya cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluargamu.

Berkut ini dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (19/8/2022), rekomendasi beberapa tempat wisata di Malang Batu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

1. Gunung Panderman

Wilayah Batu Malang terkenal dengan pemandangan gunungnya yang indah. Salah satu gunung tempat wisata di Malang Batu yang dapat kamu daki adalah Gunung Panderman. Gunung yang memiliki ketinggian 2.045 mdpl ini memiliki puncak yang bernama Basundara. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk mendaki gunung ini. Rute yang biasa digunakan untuk mendaki adalah rute Malang-Batu, Batu-Latar Ombo, dan Latar Ombo-Puncak.

2. Goa Pinus

Kalau kamu ingin mencari spot foto yang menarik di Batu Malang, kamu bisa datang ke Goa Pinus Malang. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Gunungsari, Kec. Bumiaji, Kota Batu. Selain dapat menikmati keindahan pepohonan pinus, di sini para pengunjung juga dapat mengunjungi goa peninggalan pasukan Jepang.

3. Omah Kayu

Kalau kamu mencari tempat menginap di Malang Batu yang unik dan menarik, kamu dapat menginap di Omah Kayu. Omah Kayu menyajikan tempat penginapan berupa rumah-rumah kayu yang didirikan di atas pohon pinus. Di sini, para pengunjung akan disajikan keindahan pemandangan Gunung Banyak. Penginapan ini juga terletak tidak jauh dari berbagai tempat wisata di Malang Batu yang populer, salah satunya adalah Goa Pinus Malang.

4. Paralayang Batu

Kalau kamu ingin mencicipi kegiatan yang sedikit memicu adrenalin sembari mengagumi keindahan alam Batu Malang, kamu dapat mengunjungi Paralayang Batu. Di tempat wisata di Malang Batu ini para pengunjung dapat menyaksikan indahnya alam Batu Malang yang terkenal dari ketinggian.

3 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

5. Arboretum Sumber Brantas

Arboretum Sumber Brantas adalah titik nol mata air Sungai Brantas yang saat ini telah menjadi kawasan konservasi alam. Di sini para pengunjung akan disajikan indahnya pemandangan hamparan taman bunga yang menggoda mata. Tempat wisata di Malang Batu yang satu ini terletak di sisi timur Gunung Anjasmoro , tepatnya di Jl. Raya Sumber Brantas No.213, Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu.

6. Batu Night Spectacular (BNS)

Ingin menikmati semaraknya kota Batu di malam hari? Kamu bisa berkunjung ke Batu Night Spectacular. Tempat wisata di Malang Batu ini menawarkan berbagai macam permainan, taman lampion, hingga arena go kart yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Jam operasional BNS sendiri mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00.

7. Malang Night Paradise

Tempat wisata di Malang Batu lainnya yang menyajikan pesona kota Malang di malam hari ialah Malang Night Paradise. Atraksi wisata yang paling populer di tempat ini adalah taman lampu LED dan lampionnya yang cantik dan indah, membuatnya cocok untuk menjadi spot foto yang instagramable. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana lainnya seperti Magic Journey 2, Roemah 147, Adventure land, dan Museum Ganesya.

8. Alun-Alun Batu

Pergi berlibur ke kota Batu rasanya tidak afdol kalau belum menikmati lezatnya hidangan khas kota ini. Kalau kamu ingin menikmati hidangan khas kota Batu, kamu bisa datang ke Alun-Alun Batu. Di sini ada banyak pujasera yang menjajakan berbagai macam makanan khas kota ini. Selain itu, disana juga terdapat berbagai wahana lainnya seperti komedi putar yang dapat kamu nikmati. Tempat wisata di Malang Batu ini semakin semarak di malam hari.

4 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

9. Taman Hutan Kota Batu

Taman Hutan Kota Batu cocok untuk kamu kunjungi apabila ingin menikmati segar dan sejuknya udara kota Batu. Tempat wisata di Malang Batu ini cocok kamu kunjungi jika kamu ingin bersantai karena tempat ini cenderung lebih sepi dibandingkan dengan Alun-Alun Batu. Taman Hutan Kota Batu berada di Jl. Sultan Agung, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu.

10 Taman Langit Batu

Mencari spot foto yang instagramable dan kekinian di Kota Batu? Kamu dapat pergi ke Taman Langit Batu. Di sini kamu akan menemukan banyak spot foto yang menarik dilengkapi dengan keindahan pemandangan Gunung Banyak. Dari tempat wisata di Malang Batu ini kamu juga dapat menikmati pesona kota Batu dari ketinggian.

11. Coban Rondo

Coban Rondo adalah salah satu air terjun yang menjadi tempat wisata di Malang Batu yang populer. Di tempat ini para pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan dan segarnya air terjun Coban Rondo saja. Di sini juga terdapat berbagai wahana atau fasilitas bermain seperti flying fox, paintball, dan masih banyak lagi. Salah satu atraksi wisata yang populer di Coban Rondo ialah area labirinnya. Coban Rondo berada di Jalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kabupaten Malang.

12. Coban Lanang

Coban Lanang adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 15 hingga 20 meter. Alir yang mengalir di air terjun ini cukup deras dilengkapi dengan indahnya pemandangan pepohonan yang hijau dan masih asri. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Pandanrejo, Bumiaji, Batu.

5 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

13. Coban Putri

Coban Putri adalah salah satu air terjun di Batu yang menyajikan pemandangan eksotis. Bentuk air terjun ini bertingkat-tingkat yang membuat pemandangannya menjadi cantik dan menarik minat banyak wisatawan. Di sini para pengunjung juga dapat menikmati pesona pegunungan di Batu dari gardu pandang. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Pandanrejo, Bumiaji, Batu.

14. Coban Rais

Air terjun lain di Kota Batu yang tak kalah indahnya untuk kamu kunjungi ialah Coban Rais. Air terjun ini berada pada ketinggian sekitar 1.025 mdpl. Untuk mencapai tempat wisata di Malang Batu ini, para pengunjung harus berjalan menyusuri hutan sejauh 7 km terlebih dahulu. Coban Rais terletak di  Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

15. Coban Talun

Coban Talun adalah air terjun yang terletak di Desa Tulung Rejo Kecamatan Bumiaji, Batu. Para wisatawan harus berjalan menyusuri hutan pinus yang rindang dan cantik terlebih dahulu untuk mencapai tempat wisata di Malang Batu ini. Di sini para pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun setinggi 30 meter yang dilengkapi dengan pemandangan alam yang masih asri dan alami.

16. Jatim Park Satu

Kota Batu selain terkenal dengan alam pegunungannya, juga terkenal dengan taman hiburannya. Salah satu taman hiburan di kota Batu yang populer ialah Jatim Park 1. Tempat wisata di Malang Batu yang populer ini memiliki kolam renang berukuran raksasa yang dilengkapi patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring sebagai latar belakangnya. Selain itu, para wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati berbagai wahana yang disajikan seperti Pendulum, Flying Tornado, Volcano Coaster, Science Center, hingga Galeri Etnik. Taman hiburan ini berlokasi di Jalan Kartika No. 2 Batu. Jatim Park 1

6 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

17. Jatim Park 2

Taman hiburan lainnya yang populer di Kota Batu ialah Jatim Park 2. Atraksi wisata yang menarik di tempat wisata di Malang Batu ini adalah Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memiliki beragam koleksi satwa yang lengkap. Jatim Park 2 terletak di Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu.Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Batu.

18. Jatim Park 3

Jatim Park 3 terkenal dengan theme park-nya yang mengusung tema dinosaurus. Theme park di tempat wisata di Malang Batu ini dikenal dengan nama Taman Dino atau Dino Park. Taman hiburan yang terletak di Jl. Ir Sukarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu ini menawarkan wisata edukasi sekaligus hiburan bagi para wisatawan yang berkunjung.

19. Taman Rekreasi Selecta

Taman Rekreasi Selecta terletak di Jalan raya Selecta no 1 Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Tempat wisata di Malang Batu ini terkenal dengan keindahan taman bunganya yang berwarna-warni. Selain itu, disana juga terdapat berbagai fasilitas seperti taman bermain indoor, hotel, dan lain sebagainya. Mengutip dari situs web pengelola, untuk mengunjungi Taman Rekreasi Selecta kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 40.000,- per orangnya.

20. Batu Flower Garden

Kalau kamu berkunjung ke Coban Rais, tak ada salahnya untuk mampir ke Batu Flower Garden. Taman ini terletak tidak jauh dari air terjun yang indah itu. Tempat wisata di Malang Batu ini menyajikan pesona taman bunga yang indah dilengkapi dengan pemandangan pegunungan yang sejuk dan asri di belakangnya. Lokasinya terletak di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

7 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

21. Pemandian Air Panas Cangar

Berendam di kolam air panas alami adalah cara yang efektif untuk melepaskan lelah dan penat yang menumpuk. Pemandian Air Panas Cangar adalah tempat wisata di Malang Batu yang menawarkan pemandian air panas alami. Air panas ini berasal dari Gunung Welirang. Pemandian Air Panas Cangar terletak di Bumiaji kota Batu.

22. Pemandian Songgoriti

Pemandian air panas alami lainnya yang dapat kamu kunjungi di kota Batu ialah Pemandian Air Panas Alami (PAPA) Songgoriti. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak sekitar 50 meter di sebelah barat Candi Songgoriti. Air panas di pemandian ini berasal dari mata air yang terletak di bawah candi tersebut.

23. Museum Angkut

Museum Angkut adalah salah satu tempat wisata di Malang Batu yang terkenal. Museum ini menyajikan koleksi ratusan kendaraan yang beraneka ragam, mulai dari kendaraan tradisional hingga modern. Dekorasi museum yang menarik dengan berbagai macam temanya membuat Museum Angkut menjadi tempat yang cocok untuk mengabadikan momen liburanmu. Selain itu, di museum ini juga terdapat simulator berbagai macam kendaraan yang dapat dicoba oleh para pengunjung.

24. Museum Zoologi Frater Vianney

Museum Zoologi Frater Vianney adalah sebuah museum yang menampilkan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan satwa, terutama biota laut dan reptilia. Museum ini menyimpan dan menyajikan ratusan berang koleksi beraneka ragam kerang, biota laut dan ular. Barang koleksi museum ini berasal dari koleksi milik Frater Vianney, seorang guru berkebangsaan Belanda yang datang ke Indonesia pada 1960-an. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Jl.Raya Karang Widoro 7, Karang Besuki, Tidar, Dau, Malang.

8 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

25. Museum Singhasari

Museum Singhasari menampilkan benda-benda koleksi terkait dengan Kerajaan Singhasari. Di sini para pengunjung dapat menyaksikan dan belajar dari diorama-diorama serta replika arca yang mengisahkan tentang sejarah Kerajaan Singhasari. Para pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai barang peninggalan asli patung berbahan kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Krajan, Klampok, Singosari, Malang.

26. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya merupakan sebuah museum militer yang menampilkan koleksi benda-benda peninggalan terkait dengan perjuangan kemerdekaan di Malang. Salah satu atraksi wisata yang terkenal di tempat wisata di Malang Batu ini ialah "Gerbong Maut" yang terletak di halaman belakang museum. Gerbong Maut ini dulunya digunakan oleh militer Belanda untuk mengangkut 100 tahanan para pejuang Indonesia dari penjara Bondowoso menuju penjara Bubutan, Surabaya. Museum ini sendiri berlokasi di JL. Ijen, No. 25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.

27. Candi Singosari

Candi Singosari atau yang juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara adalah salah satu candi yang terkait dengan Kerajaan Singosari. Pada masanya, candi ini adalah candi yang tertinggi. Tempat wisata di Malang Batu ini terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

28. Candi Jawar

Candi Jawar yang juga dikenal sebagai Candi Samudro terletak di Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading. Candi yang ditemukan sekitar tahun 1982-1983 ini saat ini digunakan sebagai tempat beribadah bagi masyarakat beragama Hindu di Kecamatan Ampel Gading. Tempat wisata di Malang Batu ini juga menyajikan keindahan pemandangan pepohonan hijau yang asri dan sejuk khas pegunungan.

9 dari 9 halaman

Tempat Wisata di Malang Batu

29. Candi Kidal

Candi Kidal adalah salah satu tempat wisata Malang Batu yang terletak di lembah Gunung Bromo dengan ketinggian 52 mdpl, tepatnya di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang. Candi Kidal adalah candi peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, Raja kedua dari Singosari.

30. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan terletak tidak jauh dari Candi Singosari, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.. Jarak antara kedua tempat wisata di Malang Batu ini hanya sekitar 6 km saja. Ditinjau dari segi arsitekturnya, Candi Sumberawan diperkirakan dibangun sekitar abad ke 14-15. Candi ini adalah tempat yang dipilih oleh Hayam Wuruk sebagai tempatnya untuk beristirahat saat melakukan perjalanan keliling Jawa Timur . Candi ini hanya berbentuk sebuah stupa saja. Candi Sumberawan terkenal dengan pemandangannya yang indah karena terletak di dekat sebuah telaga yang sangat bening airnya.

31. Candi Badut

Candi lain yang merupakan tempat wisata di Malang Batu yang populer ialah Candi Badut. Candi ini merupakan penunggalan dari Kerajaan Kanjuruhan yang dibangun pada masa pemerintahan Gajayana. Candi yang terletak di kawasan Tidar ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Timur.

32. Candi Songgoriti

Petirtaan Songgoriti atau Candi Songgoriti adalah salah satu candi tertua di Jawa Timur yang terletak di Kota Batu, Jawa Timur. Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti kapan candi ini dibangun. Akan tetapi, dari segi arsitekturnya, Candi Songgoriti diperkirakan dibangun sekitar abad ke 9 hingga 10 masehi, atau pada masa pemerintahan Mpu Sindok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.