Sukses

Apa Itu Mafia Sholawat? Begini Asal-usul dan Tujuannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu mafia sholawat? Memahami apa itu mafia sholawat adalah kegiatan keagamaan yang kuncinya pada istilah mafia dan sholawat. Mafia dari apa itu mafia sholawat adalah merujuk pada segmentasi kegiatan. Lalu sholawat adalah jenis kegiatannya.

Asal mula apa itu mafia sholawat adalah dipelopori oleh KH Ali Shodikin atau Gus Ali Gondrong. Bukan hanya santri dan mereka yang taat beragama, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, segmentasi dari apa itu mafia sholawat adalah orang-orang abangan, peminum, menggunakan narkoba, urakan, hingga mereka yang disebut 'nakal'.

Para ulama (Nahdlatul Ulama) NU menyebut apa itu mafia sholawat adalah konsep kajian dengan formula materi keagamaan, nasionalisme, kebebasan, cinta, seni, kemanusiaan, dan sosial. Apa itu mafia sholawat secara resmi dideklarasikan pada 9 November 2013 di Ponorogo yang bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu mafia sholawat, asal-usul, dan tujuan dibentuknya, Selasa (16/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Mafia Sholawat?

Memahami apa itu mafia sholawat adalah kegiatan keagamaan yang umumnya diselenggarakan oleh muslim Nahdlatul Ulama (NU). Asal mula apa itu mafia sholawat adalah dipelopori oleh KH Ali Shodikin atau Gus Ali Gondrong. Apa itu mafia sholawat secara bahasa memiliki arti tersendiri.

Secara bahasa, apa itu mafia sholawat adalah kepanjangan dari “Manunggaling Fikiran lan Ati dalem Sholawat” atau bersatunya pikiran dan hati dalam sholawat. Para ulama NU memahami apa itu mafia sholawat adalah sebagai kunci kebahagiaan dalam hidup yang berkaitan dengan pikiran dan hati.

Kemudian istilah mafia pada apa itu mafia sholawat adalah merujuk pada segmentasi kegiatan keagamaan ini, bukan hanya santri dan orang yang sudah memegang teguh agamanya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, segmentasi dari apa itu mafia sholawat adalah orang-orang abangan, peminum, menggunakan narkoba, urakan, hingga mereka yang disebut nakal.

Konsep kegiatan keagamaan apa itu mafia sholawat adalah berpegang pada empat prinsip. Apa itu mafia sholawat memegang prinsip syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat. Meski pencetus utama kegiatan keagamaan seperti apa itu mafia sholawat adalah Gus Ali Gondrong, sebenarnya beliau pun dibantu oleh Muhammad Ali Nurdin.

Para ulama NU menyebut apa itu mafia sholawat adalah konsep kajian dengan formula materi keagamaan, nasionalisme, kebebasan, cinta, seni, kemanusiaan, dan sosial. Apa itu mafia sholawat secara resmi dideklarasikan pada 9 November 2013 di Ponorogo yang bertepatan dengan hari Pahlawan Nasional.

3 dari 4 halaman

Asal-usul Mafia Sholawat dan Tujuannya

Bagaimana asal usul dibentuknya mafia sholawat itu?

Dalam penelitian berjudul Materi Dakwah KH. Muhammad Ali Shadiqin (Studi Kasus Mafia Sholawat di Ponorogo) oleh Muhammad Syaifuddin, apa itu mafia sholawat adalah dibantu oleh Muhammad Ali Nurdin yang bermula dari pertemuannya secara langsung dengan Gus Ali setelah acara di sebuah hotel.

Pada perbincangan itu, ada ide membentuk sebuah majelis uang bertujuan untuk mengcover orang-orang yang selama ini dicap oleh sebagai sampah masyarakat sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

Kemudian dalam penelitian berjudul Aktualisasi Kaidah Pertunjukan Pengajian Mafia Sholawat oleh Dadi Bagaskara, pada wawancaranya dengan Gus Ali Shadikin pada 2017 diungkap apa itu mafia sholawat dibentuk untuk menyatukan kelompok-kelompok yang terpecah belah dan keprihatinan pada pergaulan anak muda.

“Munculnya mafia sholawat juga karena ada latar belakang temen-temen Islam lain, punya konsep menganggap bahwa kalau yang tidak sama dengan saya itu salah. Itu adalah merupakan bom waktu untuk keutuhan NKRI, karena itu berbahaya untuk kebhinekaan,” terangnya dalam wawancara tersebut.

Gus Ali menerangkan sholawat dari apa itu mafia sholawat adalah bagian dari harapan selalu menggemakan doa-doa baik. Sholawat dari kegiatan mafia sholawat adalah mempunyai kekuatan doa yang paling dahsyat. Makhluk paling mulia di sisi Allah SWT adalah Nabi Muhammad SAW.

Kemudian dalam Islam, banyak dalil dalam Al-Qur’an dan hadis yang menyebutkan bahwa barang siapa yang bersholawat kepada Rasulullah SAW satu kali saja, akan digandakan pahalanya menjadi sepuluh kali lipat. Pemikiran dan nalar ideologi demikianlah yang diungkapnya selalu ditularkan kepada para jemaah ketika mengisi ceramah dalam pengajian apa itu mafia sholawat.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Sholawat dalam Islam

Apa saja keutamaan membaca sholawat dalam Islam? Ini penjelasa keutamaan membaca sholawat dalam Islam yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Menaati Perintah Allah

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, kita semua harus menaati perintah yang Allah berikan. Perintah tersebut antara lain adalah bersholawat kepada Nabi. Oleh karena itu, ada banyak macam sholawat yang dapat membuat hidup Anda berkah dan terhindar dari berbagai kesialan. Selain itu perintah yang diberikan Allah adalah salat, puasa dan lainnya.

2. Keselarasan Allah SWT

Mengalunkan sholawat keutamaannya adalah keselarasan Allah SWT dalam bersholawat atas Rasulullah. Meskipun sholawat berbeda karena sholawat kita atasnya berisi doa dan permohonan, sedangkan sholawat Allah SWT atasnya berisi pujian dan pengagungan. Anda bisa bersholawat ketika pagi hari setelah salat subuh maupun dhuha. Setelah salat, jangan lupa membaca doa salat dhuha baru kemudian bersholawat.

3. Mendapatkan 10 Sholawat dari Allah SWT

Hal ini dijelaskan dalam hadist di mana orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi maka Allah SWT akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali. Meskipun kita dianjurkan untuk bersholawat, namun seluruh amalan yang dilakukan tidak akan bermakna jika tanpa melaksanakan salat wajib yakni Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Perlu diperhatikan pula bacaan salat agar fasih dan benar karena bacaan yang salah akan membuat maknanya melenceng.

4. Diitinggikan Derajatnya oleh Allah SWT

Apabila Anda senantiasa membaca sholawat kepada Nabi maka Allah juga akan meninggikan 10 derajatnya. Sesuai dengan hadist yang menjelaskan bahwa Allah akan memberikan sepuluh rahmat yang sama dengan sepuluh derajat baginya.

5. 10 Kebaikan dan 10 Keburukan

Allah SWT akan memberikan 10 rahmat kepada Anda jika senantiasa bersholawat satu kali, lalu Allah SWT juga akan menghapus 10 keburukan yang telah Anda lakukan.

6. Penghantar ijabah Doa

Awali doa dengan sholawat kepada Nabi serta harapan bahwa doa akan diijabah oleh Allah SWT. Sholawat akan mengantarkan doa yang Anda mohonkan di sisi Allah.

7. Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat

Sudah banyak yang tahu bahwa rutin bersholawat akan membuat Anda dekat dengan Rasulullah di hari kiamat. Dengan rutin bersholawat akan membantu kita mendapatkan safaat dari rasulullah yang akan membantu memberatkan amalan kita saat waktunya perhitungan hisab di padang masyar nanti.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS