Sukses

Apa Arti What? Kenali Penggunaan dan Contohnya dalam Bahasa Inggris

Apa arti what tentunya sudah cukup familier bagi kamu yang mempelajari bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti what tentunya sudah cukup familier bagi kamu yang mempelajari bahasa Inggris. Pasalnya, kata ini merupakan salah satu kata yang paling sering digunakan dalam bahasa Inggris. What identik digunakan saat seseorang mengajukan pertanyaan.

Selain digunakan untuk mengajukan pertanyaan, penggunaan kata what juga bisa sebagai kata ganti atau penentu. What merupakan kata dasar dalam percakapan bahasa Inggris. Kamu tentunya perlu memahami penggunaan what saat belajar bahasa internasional ini.

Apa arti what perlu kamu pahami sembari juga memahami bagaimana dan kapan harus memakainya. Apalagi, kata what ini memiliki banyak fungsi dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/8/2022) tentang apa arti what.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Arti What?

Apa arti what dalam bahasa Inggris yaitu "apa". Menurut Cambridge Dictonary, apa arti what digunakan untuk mengajukan pertanyaan dan sebagai kata ganti dan penentu. "What" sering digunakan sebagai kata ganti tanya. Apa arti what juga digunakan untuk menanyakan informasi tentang orang atau benda. Selain menanyakan informasi, apa itu what punya banyak fungsi dalam penggunannya. Apa itu what bisa mendefinisikan suatu hal, jenis, dan banyak konteks kalimat lainnya.

Secara umum, apa arti what digunakan ketika ada banyak opsi yang memungkinkan atau ketika tidak tahu berapa banyak opsi yang ada. Kata ini mewakili sesuatu yang belum diketahui pembicara. Kata what bekerja untuk objek, kualitas, atau tempat.

Apa arti what digunakan saat meminta informasi tentang sesuatu. Kamu dapat menggunakan apa sebagai kata ganti atau penentu. Ketika menggunakan "what" sebagai kata ganti, itu bisa menjadi subjek, objek, atau pelengkap dari kata kerja. Ketika "what" objek dari preposisi, preposisi biasanya berada di akhir pertanyaan.

Apa arti what biasa digunakan sebagai kata ganti, kata sifat, hingga kata keterangan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan what dengan "for" saat bertanya tentang tujuan dari sesuatu . Kamu meletakkan "what" di awal pertanyaan dan "for?" di akhir pertanyaan. "What … for?" dapat digunakan dalam dua cara. Kamu dapat menggunakannya dalam situasi informal untuk mengartikan mengapa? 

3 dari 5 halaman

Penggunaan What sebagai Kata Ganti

Apa arti what paling umum digunakan sebagai kata ganti atau pronoun. Ketika menggunakan "what" sebagai kata ganti, itu bisa menjadi subjek, objek, atau pelengkap dari kata kerja. Ia juga bisa menjadi objek preposisi. Ketika "what" objek dari kata kerja, itu diikuti oleh kata kerja bantu, subjek, dan kemudian kata kerja utama. Ketika "what" objek dari preposisi, preposisi biasanya berada di akhir pertanyaan.

"What" dapat digunakan untuk menanyakan informasi tentang hal-hal dan tindakan,

misalnya:

What do you want? (apa yang kamu inginkan?)

What’s she doing? Tell her to stop at once! (apa yang dia lakukan? Katakan padanya untuk berhenti sekarang!)

What time are you leaving? (Jam berapa kamu berangkat?)

"What" dapat digunakan untuk pertanyaan tidak langsung, contohnya:

She asked me what my address was. (dia menanyakan apa alamatku)

I wonder what Jim Barfield is doing these days. (Aku ingin tahu apa yang Jim Barfield lakukan hari ini.)

What bisa digunakan untuk meminta seseorang untuk mengatakan sesuatu lagi karena belum mendengar atau memahaminya dengan jelas.

Contohnya:

A: Did you get the paper? (Apakah Anda mendapatkan kertasnya?)

B: Sorry, what? (Maaf, apa?)

A: Did you get the paper? (Apakah Anda mendapatkan kertasnya?)

B: Oh, yes. It’s in the kitchen. (Oh ya. Ada di dapur.)

"What" bisa digunakan sebagai kata ganti untuk mengartikan "hal itu",

misalnya:

- What we need to do is make a list of useful phone numbers. (the thing we need to do) (Yang perlu kita lakukan adalah membuat daftar nomor telepon yang berguna. (hal yang perlu kita lakukan)?

- I can’t decide what to buy Liz for her birthday. (Saya tidak bisa memutuskan apa yang harus dibeli Liz untuk ulang tahunnya.)

- I haven’t got many Beatles CDs, but you can borrow what I have. (Saya tidak punya banyak CD Beatles, tetapi Anda dapat meminjam apa yang saya miliki.)

4 dari 5 halaman

Penggunaan What dalam Kata Sifat

Penggunaan what sebagai kata sifat selalu digunakan sebelum kata benda. Apa arti what bisa digunakan untuk meminta seseorang menunjukkan identitas atau sifat seseorang atau sesuatu. What juga digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang atau sesuatu luar biasa karena memiliki kualitas baik atau buruk,

Kamu bisa menggunakan what dalam seruan untuk mengungkapkan perasaan atau pendapat yang kuat. Ketika menggunakan what sebagai penentu, biasanya merupakan bagian dari objek kata kerja. Dalam hal ini, kamu menggunakan what sebagai penentu sebelum kata benda atau sebelum a/an (+ adjective) + noun, contohnya:

What lovely flowers! (Bunga yang indah!)

What a horrible smell! (sungguh bau yang mengerikan!)

What a mess! (sungguh berantakan!)

5 dari 5 halaman

Penggunaan What sebagai Keterangan

Apa arti what bisa digunakan untuk menunjukkan "dengan cara apa". Ini digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu yang dikatakan atau dilakukan tidak penting. What juga digunakan untuk memperkenalkan bagian kalimat yang menunjukkan penyebab sesuatu. Contohnya:

What does it matter? (bagaimana itu penting?)

She has a glass of wine now and then—so what? (Dia minum segelas anggur sesekali— lalu kenapa?)

What with school and sports, she's always busy. (Apa dengan sekolah dan olahraga, dia selalu sibuk).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.