Sukses

10 Cara Membuat Macaroon Bermacam Rasa, Enak Anti Gagal

cara membuat macaroon yang enak dengan berbagai macam kreasi rasa, mulai dari rasa coklat hingga rasa dari buah-buahan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat macaroon enak dapat dilakukan dengan berbagai kreasi rasa dan bahan, mulai dari coklat hingga beragam buah-buahan. Kue kering yang berasal dari Perancis ini terkenal dengan rasa manisnya dan bentuknya yang menarik, memiliki warna-warni yang cantik, kue ini cocok untuk dinikmati sambil minum teh di sore hari.

Viral dan memiliki banyak penggemar di Indonesia, cara membuat macaroon di rumah menjadi salah satu resep yang banyak dicari. Perpaduan rasa gurih dan manis, membuat kue ini diminati segala usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Bahan dan cara membuat macaroon di rumah terbilang mudah karena cukup menggunakan tiga bahan dasar yaitu tepung, gula dan putih telur, yang kemudian bisa dikreasikan isinya dengan berbagai macam rasa seperti kopi hingga lemon.

Untuk anda yang sedang mencari cara membuat macaroon enak dengan berbagai macam rasa, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022) cara membuat macaroon yang enak, menarik dan anti gagal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Macaroon Enak Bermacam Rasa

RED VELVET MACARONS

Bahan:

Bahan Macaroon:

- 90 gram gula pasir

- 100 gram tepung almond

- 100 gram gula halus

- 2 sdt (10 gram) bubuk kakao

- 100 gram putih telur

- 1/4 sendok teh cream tartar

- 1/2 sendok teh ekstrak vanila

- 3-4 tetes pewarna makanan merah

Bahan krim keju beku

- 2 oz cream cheese

- 2 sendok makan mentega

- 1 2/3 cangkir gula bubuk

- 1 sendok makan susu

Langkah-langkah:

Cara membuat macaroon:

1. Ayak tepung almond, gula halus, dan bubuk kakao ke dalam mangkuk besar.

2. Dalam mixer kocok putih telur dengan kecepatan sedang sampai berbusa. Sekitar 1 menit. Tambahkan krim tartar. Lanjutkan mengocok selama 1-2 menit, lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit. Lanjutkan sampai semua gula telah ditambahkan. Kocok hingga terbentuk soft peak.

3. Masukkan vanili dan pewarna makanan, mixer dengan kecepatan rendah hingga pewarna makanan menyatu.

4. Tuang 1/3 bahan kering ke dalam adonan putih telur. Menggunakan spatula karet aduk campuran tepung ke dalam adonan. Setelah anda tidak lagi melihat bahan kering, tambahkan sisa campuran tepung dan kemudian diamkan dalam waktu 15-20 detik.

5. Setelah adonan menjadi halus, lengket, dan mengkilap. Tuang adonan ke dalam piping bag dengan ujung bulat.

6. Dengan menggunakan ujung perpipaan melingkar, pegang kantong perpipaan secara vertikal, pipa macaron menjadi lingkaran 1,5-2 inci.

7. Ketuk loyang dengan kuat di atas meja beberapa kali untuk melepaskan gelembung dari adonan.

8. Panggang pada suhu 300 selama 16-18 menit. Angkat dan dinginkan selama 15-20 menit sebelum dikeluarkan dari loyang.

9. Pipa beberapa krim keju frosting di sisi datar macaron lalu ambil kue macaron kedua untuk membuat sandwich. Tekan perlahan cookie bersama-sama sehingga frosting menyebar ke tepi.

Cara membuat krim keju beku:

1. Untuk membuat frosting krim keju, kocok mentega dan krim keju bersama-sama hingga lembut. (Bisa menggunakan hand mixer atau stand mixer). Tambahkan gula halus dan aduk hingga tercampur. Jika frosting terlalu kental tambahkan satu sendok makan susu hingga mencapai konsistensi yang diinginkan.

 

 

LEMON MACARONS

Bahan:

Bahan macaroon:

- 1 cangkir tepung almond

- 1 cangkir gula bubuk

- 3 putih telur besar pada suhu kamar

- 1 cangkir gula pasir

- Pewarna makanan kuning

Bahan selain lemon:

- 1 cangkir mentega asin

- 1 cangkir gula bubuk

- 1 sendok teh kulit lemon

- 2-3 sendok teh jus lemon segar sesuai kebutuhan

 

Langkah-langkah:

1. Ayak tepung almond dan gula bubuk melalui saringan halus ke dalam mangkuk. Ulangi sekali lagi untuk memastikan bahan-bahannya tercampur rata.

2. Dalam mangkuk besar, kocok putih telur dengan kecepatan sedang hingga berbusa, sekitar 1 menit, lalu tambahkan gula pasir secara perlahan, sekitar 1 sendok makan setiap 20 detik atau lebih. Tambahkan pewarna makanan kuning dan tingkatkan kecepatan ke sedang. Lanjutkan mengocok sampai terbentuk puncak yang kaku.

3. Lipat campuran almond yang diayak ke dalam putih telur menggunakan spatula sampai adonan menyatu.

4. Pindahkan adonan macaron ke dalam piping bag yang dilengkapi dengan ujung bulat besar. Ketuk loyang ke meja beberapa kali untuk melepaskan gelembung udara.

5. Diamkan macaron selama 30-60 menit sampai bagian atasnya cukup kering untuk disentuh.

6. Panaskan oven hingga 300 derajat F. Panggang satu lembar kulit macaron selama 16-18 menit. Dinginkan sepenuhnya di atas loyang sebelum mencoba mengeluarkan kulit macaron dari loyang.

7. Sementara itu, buat krim mentega lemon dengan mengocok mentega dalam mangkuk sedang hingga lembut dan lembut. Tambahkan gula bubuk, jus lemon, dan kulit lemon lalu aduk kembali hingga rata dan ringan.

8. Untuk mengisi kulit macaron, pindahkan krim mentega lemon ke dalam kantong yang dilengkapi dengan ujung bundar kecil atau kantong ziplock dengan salah satu sudut terpotong. Pipa batas buttercream di sekitar tepi setengah dari cangkang macaron. Isi dengan sendok teh lemon curd, lalu taburi dengan kulit macaron lainnya.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Macaroon Enak Bermacam Rasa

CHOCOLATE MACARONS

Bahan:

Bahan macaroon:

- 1 cangkir tepung almon:d (100g)

- 1 cangkir gula bubuk (100g)

- 2 sendok makan coklat bubuk (10g)

- 3 putih telur ukuran besar suhu kamar (100g)

- 1 cangkir gula pasir (100g)

Bahan cream isian:

- 1 cangkir keping coklat 

- 1 cangkir krim kental

 

Langkah-langkah:

1. Ayak tepung almond, gula bubuk, dan bubuk kakao melalui saringan halus, ayak kedua kalinya untuk memastikan bahan tercampur rata dan ringan, lalu sisihkan.

2. Dalam mangkuk besar, kocok putih telur dengan kecepatan sedang hingga berbusa, sekitar 1 menit. Tambahkan gula pasir secara bertahap, sekitar 1 sendok makan sekaligus, sambil terus mengocok putih telur dan menunggu sekitar 20 detik di antara setiap penambahan.

3. Setelah semua gula ditambahkan, lanjutkan mengocok putih telur dengan kecepatan sedang hingga tinggi hingga terbentuk puncak yang kaku.

4. Putih telur harus membuat meringue tebal dan halus yang mempertahankan bentuknya saat Anda menghentikan mixer dan mengangkat pengocok.

5. Tambahkan campuran tepung almond yang sudah diayak ke dalam putih telur yang kaku dan mulailah mengaduknya dengan mencampurkannya dengan spatula dari dasar mangkuk dan mengangkatnya ke atas untuk menjatuhkannya ke atas campuran.

6. Pindahkan adonan macaron ke dalam kantong kue yang dilengkapi dengan ujung piping bulat besar. Atau gunakan tas ziploc tugas berat besar dengan salah satu sudut terpotong. Pipa macarons menjadi 1 lingkaran di atas perkamen yang sudah disiapkan atau loyang berlapis silikon, beri jarak beberapa inci.

6. Saat nampan diisi, ketuk beberapa kali di atas meja untuk membantu menghilangkan gelembung udara dari cangkangnya, lalu biarkan selama 30-60 menit sampai bagian atasnya kering saat disentuh dan tidak menempel di jari.

7. Panaskan oven hingga 300 derajat F. Panggang satu baki kerang setiap kali selama 16-18 menit. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum mengeluarkan cangkang dari kertas perkamen atau alas silikon.

8. Sementara itu, buat ganache dengan menggabungkan kepingan coklat dan krim microwave. Panaskan selama 30 detik, lalu aduk rata. Panaskan lagi dalam waktu 30 detik lagi, lalu aduk, ulangi sampai campurannya halus jika perlu.

9. Pindahkan ganache ke lemari es dan biarkan hingga benar-benar dingin. Pindahkan ke piping bag yang dilengkapi dengan ujung bundar sedang, lalu masukkan ke sisi bawah setengah cangkang macaron.

10. Cocokkan dengan cangkang atas untuk menyelesaikan macarons. Anda bisa langsung memakannya, meskipun macaroon paling enak keesokan harinya.

 

 

TIRAMISU MACARONS

Bahan:

Bahan macaroon:

- 100 g putih telur

- 130 g tepung almond

- 160 g gula bubuk

- 80 g gula pasir

- 1 sendok teh kopi instan

- 1 sendok teh jus lemon

- sejumput garam

- coklat bubuk untuk taburan

Bahan isian:

- 250 g krim kental

- 100 g gula bubuk

- 1 sendok teh kopi instan

Langkah-langkah:

Cara membuat Macaroon:

1. Campurkan tepung almond, gula halus, dan kopi instan hingga tercampur rata. Ayak campuran dan sisihkan.

2. Dengan mixer listrik kocok putih telur, jus lemon dan garam sampai berbusa. Tambahkan gula pasir dan terus kocok sampai glossy dan kaku.

3. Dengan spatula karet, lipat campuran gula almond dalam 3-4 kali. Pada akhirnya campuran harus halus dan tidak terlalu kental, juga tidak terlalu encer.

4. Pipa ke nampan yang dilapisi dengan alas silikon dan kemudian biarkan macarons mengering selama 30-40 menit. Sebelum dimasukkan ke dalam oven, taburi dengan bubuk kakao di atasnya.

5. Panaskan oven hingga 320 ° F/ 160 ° C. Panggang macarons selama sekitar 10-15 menit.

6. Diamkan macaron selama 5 menit di atas loyang lalu angkat dan dinginkan sepenuhnya di suhu ruangan.

Cara membuat isian:

1. Campurkan semua bahan dalam mangkuk besar dan aduk hingga kental dan creamy.

2. Gunakan pisau mentega atau kantong piping untuk mengisi kulit macaron dengan isian. Simpan macarons yang sudah disiapkan dalam wadah kedap udara di lemari es hingga 4 hari.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Macaroon Enak Bermacam Rasa

COCONUT MACARONS

Bahan:

Bahan macaroon:

- 150g kacang almond giling

- 150g gula bubuk

- 10g kelapa parut tanpa pemanis

- 55g putih telur

- Pewarna makanan putih bubuk

- 55g putih telur

- sejumput garam

- 150g gula pasir

- 38ml air

Bahan isian kelapa:

- 250g coklat putih

- 120g krim kocok

- 10ml ekstrak kelapa

- 35g kelapa parut tanpa pemanis

- 30g gula pasir

- 15ml air

Langkah-langkah:

1. Siapkan isian kelapa coklat putih. Untuk karamel serpihan kelapa, tambahkan gula dan air dalam wajan sedang di atas api sedang sampai larut sepenuhnya.

2. Tambahkan kelapa parut, aduk terus agar tidak gosong sampai berwarna coklat keemasan, selama sekitar 5 menit. Angkat dari api, pindahkan ke mangkuk dan sisihkan.

3. Tempatkan coklat dan krim ke dalam mangkuk tahan panas dan meleleh. Tambahkan ekstrak kelapa dan kelapa renyah. Sisihkan hingga dingin pada suhu kamar atau dinginkan hingga siap digunakan.

4. Siapkan kulit macaron. Lapisi dua loyang dengan kertas roti dan siapkan kantong kue dengan ujung polos (sekitar inci, 1 cm). Panaskan oven hingga 285-300F (140-150C).

5. Giling bersama gula bubuk dan bubuk almond, menggunakan food processor, untuk mendapatkan bubuk halus. Saring melalui saringan ke dalam mangkuk besar.

6. Dalam mangkuk kecil tempatkan 55g putih telur dan pewarna makanan putih. Kocok bersama hingga tercampur rata. Tuang putihnya di atas almond yang diayak.

7. Tempatkan 55g putih telur dan garam lainnya ke dalam mangkuk pencampur. Sisihkan sampai Anda menyiapkan sirup gula.

8. Dalam panci kecil gabungkan gula pasir dengan air dan letakkan di atas api sedang. Menggunakan termometer permen mengukur suhu sirup. Saat mencapai 230 F (112C) mulailah mengocok putih telur. Saat sirup mencapai 244 F (118 C) tuangkan di atas putih telur kocok sambil terus diaduk.

9. Lanjutkan mengocok sampai mangkuk agak dingin, dan puncak kaku yang mengkilap telah terbentuk.

10. Tambahkan putih kocok di atas campuran almond dan dengan menggunakan spatula karet atau silikon, lipat perlahan hingga tercampur dan halus.

11. Pindahkan campuran ke kantong pemipaan yang dilengkapi dengan ujung polos 1 cm.

12. Pipa adonan diatas loyang yang dilapisi perkamen dalam lingkaran 2,5 cm, dengan jarak satu inci 2 cm secara merata.

13. Rapikan loyang beberapa kali dengan kuat di atas meja untuk meratakan macaron dan menghilangkan gelembung udara.

14. Panggang selama 20-24 menit. Biarkan agak dingin sebelum dikeluarkan dari loyang.

15. Masukkan isian kelapa coklat putih ke dalam piping bag dan olesi bagian dalam macarons dan ikat menjadi satu. Jika coklat putih terlalu keras, lelehkan sedikit untuk mencapai konsistensi yang tepat.

 

 

MATCHA MACARONS

Bahan:

Bahan Macaroon:

- 107 gram almond halus

- 171 gram gula bubuk

- 3 putih telur besar

- 81 gram gula pasir

- 1½ sendok makan bubuk matcha

Bahan krim mangga:

- 8 sendok makan mentega tawar, suhu ruang

- 63 gram mangga kering yang dibekukan,

- 1 sendok teh ekstrak vanila

- 1 sendok teh garam halal

- 3-5 sendok makan krim kental

 

Langkah-langkah:

Cara membuat makaron:

1. Ayak bersamaan tepung almond, gula halus, dan matcha. Saring untuk kedua kalinya agar lebih halus dan rata

2. Dalam mangkuk mixer kocok putih telur dan gula pasir perlahan hingga tercampur. Kocok putih telur dan gula dengan kecepatan sedang selama 2 menit. Tingkatkan kecepatan ke sedang dan kocok selama 2 menit tambahan. Tingkatkan kecepatan sekali lagi ke tinggi dan kocok selama 2 menit lebih lama. Meringue harus sangat kaku dan mengkilap

3. Tambahkan bahan kering yang sudah diayak ke meringue sekaligus.

4. Tempatkan tas kue dilengkapi dengan ujung bundar inci di dalam gelas atau mangkuk. Pindahkan adonan ke dalam tas dan putar bagian atas tas hingga tertutup.

5. Lapisi dua loyang setengah lembar dengan kertas roti. Buat lingkaran sebesar 2.5 cm sampai memenuhi loyang sambil diketuk-ketuk hingga busa menghilang.

6. Panggang selama 20-24 menit. Biarkan agak dingin sebelum dikeluarkan dari loyang.

Cara membuat mango buttercream:

1. Dalam mangkuk mixer kocok mentega dengan kecepatan sedang. Dengan mixer rendah, perlahan tambahkan gula bubuk, mangga kering beku, ekstrak vanila, dan garam. Kocok hingga menyatu.

2. Tambahkan krim kental, 1 sendok makan sekaligus untuk mengendurkan sampai cukup lunak untuk disalurkan, tetapi masih kokoh. Isi kantong perpipaan yang dilengkapi dengan ujung kue bundar inci dengan frosting.

3. Pasangkan kulit macaron dengan ukuran dan bentuk yang sama. Pipa sesendok frosting ke setengah macarons, lalu dengan lembut buat sandwich dengan cangkang macaron yang dipasangkan.

4. Simpan macaron dalam wadah kedap udara di lemari es agar matang selama 1-3 hari sebelum dimakan dan bawa ke suhu kamar selama 30 menit sebelum dimakan.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Macaroon Enak Bermacam Rasa

COFFEE MACARON

Bahan:

Bahan macaroon:

- 4 putih telur suhu kamar

- 1/3 cangkir gula putih

- 2 1/2 cangkir gula bubuk

- 1 1/2 cangkir tepung almond

- Sejumput garam

- 1/2 sdt krim tartar

- 1 sdt bubuk espresso

Bahan untuk isi coklatnya:

- 1 cangkir coklat 

- 1/2 cangkir krim kocok berat

- 1 kopi bubuk instan

Langkah-langkah:

1. Ayak tepung almond dan gula bubuk ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata.

2. Kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga berbusa, lalu tambahkan bubuk espresso, garam, dan cream tartar. Aduk sebentar lalu tambahkan gula. Kocok selama 4-5 menit lagi atau sampai bentuk puncak kaku.

3. Masukkan campuran tepung dan gula ke dalam adonan putih telur. Aduk sekitar 80 putaran spatula.

4. Isi tas kue dengan adonan menggunakan ujung perpipaan lingkaran berdiameter sekitar 1 cm. Pastikan untuk menyalurkan ke kertas perkamen. Jangan menambahkan minyak apapun ke lembar kue.

5. Ambil lembaran kue dan lemparkan ke meja beberapa kali untuk menghilangkan udara. Saya memukul mereka cukup keras, sekitar 10 kali.

6. Diamkan macaron dalam suhu ruangan selama kurang lebih 30-50 menit.

7. Panggang 1 nampan sekaligus selama 18 menit. Lalu diamkan untuk didinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang.

8. Panaskan krim kental dalam panci di atas api sedang sampai sedikit mendidih. Masukkan kepingan cokelat ke dalam mangkuk dan tuangkan krim panas di atas cokelat, pastikan untuk merendamnya. Biarkan cokelat selama beberapa menit lalu aduk hingga menjadi konsistensi krim yang halus.

9. Isi kantong piping sekali pakai dengan cream coklat dan gunting ujungnya dengan gunting.

10. Balikkan kue di punggungnya, dan tuangkan gundukan kecil isian di salah satunya. Kemudian letakkan kue lainnya di atasnya.

 

 

VANILLA MACARONS

Bahan:

Bahan macaroon:

- 1 cangkir tepung almond

- 1 cangkir gula kembang gula

- 2 putih telur besar, pada suhu kamar

- 1 cangkir gula pasir

 -1 sendok teh ekstrak vanili murni

Bahan isian vanilla buttercream:

- 1 cangkir mentega tawar

- 2 sendok makan gula pasir

- 1 sendok teh susu

- 1 sendok teh ekstrak vanila murni

 

Langkah-langkah:

Cara Membuat Macaroon:

1. Campurkan tepung almond dan gula dalam mangkuk dan kocok bersama. Saring menggunakan saringan halus.

2. Dalam mangkuk besar, kocok putih telur menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama 2 menit hingga soft peak. Tambahkan gula pasir dan kocok dengan kecepatan tinggi selama 2 menit lagi hingga terbentuk puncak yang kaku dan mengkilap.

3. Tambahkan vanila dan kocok dengan kecepatan tinggi selama 30 detik lagi.

4. Lipat perlahan bahan kering dan ulangi sampai campuran halus dan mengkilap dan mulai mengalir sedikit tetapi tidak terlalu cair.

5. Ambil tas kue yang dilengkapi dengan ujung bulat inci dan isi dengan adonan.

6. Lapisi 2 loyang dengan kertas roti dan adonan pipa ke dalam lingkaran bundar inci, terpisah 1 inci.

7. Ketuk loyang dengan kuat ke meja untuk melepaskan gelembung udara.

8. Diamkan pada suhu ruang selama 30 menit hingga membentuk kulit.

9. Panaskan oven sampai 325 F. lalu panggang selama 10-12 menit, putar setengah, hingga kue mengembang dan matang. Cookie harus bisa lepas begitu saja dari loyang saat Anda mencoba mengangkatnya.

10. Biarkan dingin selama 5 menit lalu pindahkan ke rak kawat dan biarkan dingin sepenuhnya.

Cara Membuat Isian Vanilla Buttercream :

1. Menggunakan mixer kocok mentega hingga lembut dan halus. Tambahkan gula bubuk, susu, dan vanili lalu aduk hingga ringan dan mengembang.

2. Pindahkan isian buttercream ke dalam piping bag dengan ujung bulat. Pipa pusaran isian pada setengah kue.

3. Sandwich cookie bersama dengan bagian yang tersisa. Dinginkan dan siap disajikan.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Macaroon Enak Bermacam Rasa

OREO MACARONS

Bahan:

Bahan Macaron:

- 100 gr tepung almond

- 30 g remah biskuit Oreo

- 130 gr gula halus

- 100 gr putih telur suhu ruang

- 1/8 sdt krim tartar

- 90 g gula kastor atau gula halus lainnya

Bahan isian orea:

- 4 sdm mentega tawar suhu kamar

- 1/4 cangkir gula bubuk

- 2 sdm Oreo dihaluskan

 

Langkah-langkah:

Cara Membuat Macaroon:

1. Masukkan tepung almond, gula halus, dan remah biskuit Oreo ke dalam food processor. Ayak dan buang bagian yang tidak lolos ayakan.

2. Kocok putih telur sampai berbusa kemudian tambahkan krim tartar. Lanjutkan mengocok sambil menambahkan gula secara perlahan. Kocok menjadi meringue yang kaku. Hentikan segera setelah meringuenya kaku.

3. Lipat campuran kering ke dalam meringue hingga mencapai konsistensi yang cukup kental.

4. Tuang adonan ke dalam piping bag yang sudah dilengkapi dengan piping

5. Pipa macarons ke atas loyang dalam lingkaran ukuran 2.5 cm. Taburi dengan remah-remah kue Oreo jika diinginkan.

6. Setelah semua macarons disalurkan, pukul loyang di atas meja setidaknya 3 kali untuk menghilangkan gelembung udara

7. Biarkan macarons mengering pada suhu kamar sampai kering saat disentuh. Sekitar 1 jam.

8. Setelah kering, panggang macaron dalam oven 300 ° F yang sudah dipanaskan sampai mereka menempel sedikit ke wajan. Ini bisa di mana saja dari 10-20 menit tergantung pada oven.

9. Biarkan cookie benar-benar dingin sebelum dikeluarkan dari loyang.

Cara Membuat Krim Mentega Oreo:

1. Kocok isian Oreo dan mentega hingga lembut, pucat, dan mengembang. Masukkan gula halus dan remah biskuit Oreo, aduk hingga tercampur rata.

2. Pindahkan isian buttercream ke dalam piping bag dengan ujung bulat. Pipa pusaran isian pada setengah kue.

3. Sandwich cookie bersama dengan bagian yang tersisa. Dinginkan dan siap disajikan.

 

 

MARSHMALLOW MACARONS

 

Bahan:

Bahan Macaroon:

- 124 gram gula bubuk

- 140 gram tepung almond

- 110 gram gula pasir

- 107 gram putih telur

- 1 sendok teh krim tartar

- 3 tetes pewarna makanan kuning

Bahan Isi Marshmallow:

- 1 cangkir bulu marshmallow

- 1 cangkir mentega

- 1 cangkir gula bubuk

- 1 sendok makan susu

- 1 sendok teh ekstrak vanila

- gula pasir, untuk bagian atasnya

- air

Langkah-langkah:

Cara Membuat Macaroon:

1. Dalam mangkuk sedang, sisihkan 140g tepung almond dan 124g gula bubuk. Ayak keduanya ke dalam mangkuk yang lebih besar dan buang potongan besar. Menyisihkan.

2. Dalam mangkuk pencampur berdiri, tambahkan 107g putih telur suhu kamar dan mulailah mengocok dengan kecepatan sedang (kecepatan 3-4) selama 1-2 menit. Saat putihnya berbusa, tambahkan krim tartar.

3. Secara bertahap mulai tambahkan 110g gula dengan sesendok, taburkan ke saat adonan sambil tetap mengocok. Saat semua gula ditambahkan, tingkatkan kecepatan menjadi sedang dan kocok selama sekitar 5-6 menit, lalu tambahkan pewarna makanan kuning. Lanjutkan mengaduk dengan kecepatan sedang selama 1-2 menit lagi, atau sampai terbentuk puncak yang kaku.

4. Tambahkan campuran tepung almond. Lipat dengan sangat lembut dengan spatula sampai tercampur. Lanjutkan sampai semua bahan kering dimasukkan.

5. Lapisi loyang terbalik dengan kertas roti dan isi kantong piping dan ujung bundar dengan adonan. Pipa langsung di atas perkamen. Saat loyang penuh, ketuk panci di atas meja untuk melepaskan gelembung udara.

6. Panaskan oven hingga 300 F. Biarkan macarons mengering dan membentuk kulit. Ini bisa memakan waktu mulai dari 30 menit hingga satu jam tergantung pada tingkat kelembapan. Mereka siap untuk memanggang ketika cangkangnya bisa disentuh tanpa menempel di jari.

7. Panggang setiap nampan selama sekitar 13-14 menit. Biarkan hingga benar-benar dingin sebelum diisi

Cara Membuat Isi Marshmallow:

1. Dalam mangkuk kecil, tambahkan sedikit gula pasir dan sisihkan. Dalam mangkuk kecil lainnya, tambahkan sedikit air dan ambil sikat kue.

2. Celupkan kuas ke dalam air hanya untuk membuatnya sedikit lembab lalu gosok bagian atas setiap cangkang macaron.

3. Ambil setiap cangkang dan celupkan ke dalam gula pasir untuk melapisinya. Lanjutkan hingga semua kulit macaron berlapis gula.

4. Dalam mangkuk pencampur berdiri, tambahkan mentega dan  marshmallow, lalu campur dengan mixer pada kecepatan sedang selama 2-3 menit atau sampai tercampur rata.

5. Matikan mixer dan tambahkan gula halus. Aduk rata selama 1 menit sampai gula tercampur. Kemudian tambahkan susu dan vanili. Campur dengan kecepatan rendah lagi untuk menggabungkan. Kemudian tingkatkan kecepatan menjadi sedang dan kocok hingga sangat ringan dan mengembang, sekitar 1-2 menit .

6. Isi kantong perpipaan dengan adonan marshmallow dan masukkan sesendok ke salah satu cangkangnya. Tempatkan yang kedua di atas. Dan siap disajikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.