Sukses

Media Adalah Alat Komunikasi, Kenali Jenis dan Fungsinya

Media adalah alat untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Liputan6.com, Jakarta Media adalah istilah yang dapat mengacu pada berbagai hal. Media juga bisa disebut sebagai alat, perantara, atau penghubung. Istilah media ini sering kali dipakai dalam bidang komunikasi. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan istilah media cetak, media elektronik, hingga media massa.

Media adalah alat atau sarana komunikasi. Perannya begitu penting seiring dengan perkembangan zaman. Apalagi, dengan adanya internet, fungsi media semakin krusial karena pertukaran informasi akan menjadi semakin mudah.

Media adalah alat untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media adalah bentuk perantara yang digunakan untuk memengaruhi alat indra, baik itu pendengaran, penglihatan, peraba, ataupun kombinasi dari semuanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/7/2022) tentang media adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Media adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, media adalah istilah yang mengacu pada berbagai hal. Media adalah kata yang berasal dari bahasa Latin medius, yang merupakan bentuk jamak kata medium. Secara harfiah, arti media adalah perantara, yaitu perantara antara sumber pesan dengan penerima pesan. Selain itu, arti media adalah alat yang dapat membantu dalam keperluan dan aktivitas, di mana sifatnya dapat mempermudah bagi siapa saja yang memanfaatkannya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media adalah alat atau sarana komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk. Media adalah alat saluran komunikasi. Dalam komunikasi, media adalah istilah yang berasal dari kata mediasi, karena media-media tersebut hadir di antara pemirsa dan lingkungan. Istilah ini sering dipakai untuk menyebutkan media massa.

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi. Media adalah bagian dari perantara untuk merangsang pemikiran, perasaan, minat, perhatian, persetujuan, penolakan, dan pengetahuan.

Media ada banyak sekali jenisnya. Jenis-jenis media adalah visual, audio, audio visual, dan multimedia. Media visual meliputi gambar, teks, dan peragaan. Media audio adalah media yang merangsang indra pendengaran. Media audio visual merupakan kombinasi perangsang indra penglihatan dan pendengaran. Sementara itu, multimedia adalah media yang mengombinasikan format teks, gambar, grafik, suara, animasi, sampai gerakan tertentu.

3 dari 5 halaman

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Leslie J. Briggs

Media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi. Dapat berupa buku, video recorder, tape recorder, kaset, video kamera, gambar, grafik, televisi atau komputer.

Ahmad Rohani

Media adalah segala sesuatu yang dapat ditangkap oleh indra manusia, yang berfungsi sebagai perantara, sarana, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

Blake dan Horalsen

Media adalah saluran komunikasi (baca juga: komunikasi yang efektif). Digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.

Syaiful Bahri Djamarah

Pengertian media adalah sebuah alat bantu, yang bisa berupa apa saja, digunakan untuk menyalurkan pesan dalam rangka mencapai tujuan tertentu.

4 dari 5 halaman

Jenis Media

Media Visual

Dalam konteks visual, media adalah media yang mengandalkan indra penglihatan. Biasanya memanfaatkan alat proyeksi atau proyektor sebagai perantara. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam bentuk visual. Jenis media visual dibedakan menjadi dua, yaitu media visual diam dan media visual gerak. Keduanya bisa dikombinasikan atau digunakan salah satunya.

Selain itu, fungsi media visual juga berguna untuk menarik perhatian, memperjelas materi yang disajikan, menggambarkan fakta yang mungkin dapat dengan mudah dicerna dan diingat dalam bentuk visual.

Media Audio

Media audio dapat digunakan untuk menyalurkan pesan audio dari sumber pesan ke penerima pesan. Media audio berkaitan erat dengan indra pendengaran. Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan vokalisasi). Contoh media audio antara lain radio, tape recorder, telepon, laboratorium bahasa, dan lain-lain.

Media Audio Visual

Media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Jenis media ini lebih menarik dibanding visual saja atau audio saja. Kombinasi untuk merangsang indra pendengaran dan penglihatan. Adapun media audio visual dibedakan menjadi dua jenis, yaitu media audio visual diam dan gerak.

Salah satu contoh dari media audio visual diam ialah TV diam, buku bersuara, dan halaman bersuara. Sementara untuk contoh media audio visual gerak ialah film TV, gambar bersuara, dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Fungsi Media

Fungsi media adalah sebagai berikut:

- Sumber informasi dan pengetahuan.

- Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan kemampuan indra manusia.

- Sarana untuk mengekspresikan pendapat, ide, dan gagasan dengan lebih gamblang.

- Untuk hiburan, relaksasi, dan pengalihan perhatian dari ketegangan sosial yang dialami seseorang.

- Sarana pendidikan yang memudahkan segala metode pembelajaran.

- Pengawasan dan kontrol sosial tertentu.

- Mencari perhatian khalayak.

- Memengaruhi khalayak.

- Menunjukkan eksistensi.

- Tempat menyampaikan pesan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.