Sukses

Tujuan Hidup Manusia Menurut Islam Berdasarkan Al-Quran dan Penjelasannya

Tujuan hidup manusia menurut Islam berdasarkan Al-Quran dan penjelasannya yang perlu diketahui oleh umat Islam

Liputan6.com, Jakarta Tujuan hidup manusia menurut Islam dapat dilihat dalam ayat-ayat yang terdapat dalam Al-Quran dan Al-Hadits. Dalam Al-Quran dijelaskan bahwa sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah SWT dari intisari tanah yang kemudian dijadikan nutfah dan disimpan di tempat yang kokoh. Nuthfah itu kemudian dijadikan darah beku lalu dijadikan mudghah yang kemudian dijadikan tulang. Tulang ini kemudian dibalut dengan daging yang kemudian dijadikan makhluk.

Setiap makhluk yang diciptakan Allah SWT memiliki tujuan hidupnya masing-masing, setelah dilahirkan kedunia, tujuan hidup manusia menurut Islam turut tercantum dalam Al-Quran yang juga turut menerangkan bagaimana seorang umat menemukan tujuan hidupnya.

Bagaimana tujuan hidup manusia menurut Islam diterangkan dalam surat Ali Imran ayat 191 yang berbunyi “orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Adanya kehidupan yang diberikan Allah SWT pada kita membuat kita seringkali berpikir tentang apa tujuan hidup kita? Mengapa kita diciptakan? Mengapa kita ada di dunia ini? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin, (18/7/2020) tujuan hidup manusia menurut Islam berdasarkan ayat-ayat Al-Quran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Hidup Manusia Menurut Islam Dalam Ayat Al-Qur'an

Dalam Al-Qur'an Allah SWT berfirman:

“[Ingatlah] ketika Tuhanmu mengeluarkan dari pinggang anak-anak Adam keturunan mereka dan membuat mereka bersaksi (dengan mengatakan): 'Bukankah Aku Tuhanmu?' Mereka berkata: 'Ya, kami bersaksi untuk itu.' [Ini] seandainya Anda mengatakan pada Hari Pembalasan: 'Kami tidak mengetahui hal ini.' Atau kamu berkata: “Nenek moyang kamilah yang menyembah selain Allah dan kami hanyalah keturunan mereka. Apakah Anda akan menghancurkan kami karena apa yang dilakukan oleh para pemalsu itu?”  (Al-Qur'an, 7:172-173)

Dari ayat di atas jelas bahwa ketika Allah SWT menciptakan jiwa semua manusia, hal pertama yang dilakukan adalah mengambil sumpah dari seluruh umat manusia di mana mereka bersaksi tentang Ketuhanan-Nya. Sumpah ini menunjukkan fakta bahwa semua manusia disadarkan akan fakta bahwa Allah SWT adalah Tuhan mereka dan mereka perlu mengingatnya.

Apa ayat ini dan tindakan orang-orang selama sumpah dan ketika mereka datang ke bumi ini memberikan tujuan utama keberadaan manusia dalam Islam yaitu mengenal Tuhan atau mengakui keberadaan Nya adalah tujuan utama keberadaan manusia.

 

Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur'an:

"Apakah kamu mengira bahwa Kami telah menciptakan kamu dalam permainan (tanpa tujuan) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?"  (Al-Quran 23:115)

Dari ayat di atas, kita dapat menyimpulkan, kita diciptakan untuk tujuan yang lebih dari sekadar bermain dan bersenang-senang dalam hidup ini. Kita memiliki tujuan hidup yang harus kita ketahui dan harus menjalani hidup sesuai dengan tujuan tersebut.

 

Dalam ayat lain Al-Qur'an Allah SWT berfirman bahwa:

"Ketahuilah bahwa kehidupan dunia ini hanyalah hiburan dan permainan dan perhiasan dan saling membanggakan dan persaingan dalam peningkatan kekayaan dan anak-anak - seperti perumpamaan hujan yang tanamannya [hasilnya] pertumbuhan menyenangkan para penggarap; kemudian mengering dan Anda melihatnya menguning; kemudian menjadi puing-puing [tersebar]. Dan di akhirat ada azab yang pedih dan ampunan dari Allah serta ridha. Dan tidak ada kehidupan dunia kecuali kesenangan yang menipu.” (Quran 57:20)

Dalam ayat di atas, Allah menyatakan bahwa realitas kehidupan ini adalah salah satu penipuan yang mana kita tidak boleh sampai jatuh ke dalamnya hanya karena kesenangan sementara.

 

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

"Aku telah menciptakan jin dan manusia hanya untuk beribadah kepada-Ku."  (Al-Qur'an, 51:56)

Dari ayat tersebut, jelas bahwa penciptaan manusia, serta jin, adalah untuk tujuan beribadah kepada Allah SWT. Ketika seorang Muslim menyembah Allah SWT, dia benar-benar menerima Ketuhanan-Nya yang sama seperti yang mereka lakukan pada sumpah yang diambil sebelum kelahiran mereka. Dengan demikian, semakin seorang Muslim menyembah Allah, semakin dekat dengan-Nya dan makna keberadaan mulai muncul.

 

Dalam ayat lain dari Al-Qur'an, Allah SWT berfirman:

“Rencana setan adalah untuk menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu dengan minuman keras dan judi, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat. Apakah kamu tidak akan abstain?”  (Al-Quran, 5:91)

Dalam ayat di atas, Allah SWT memberi tahu kita dan menjelaskan bahwa ketika manusia akan menikmati kebencian satu sama lain maka mereka pasti akan memilih membenci orang lain sebagai tujuan hidup mereka yang akan memalingkan mereka dari tujuan yang sebenarnya dan itu adalah mengingat Allah. Oleh karena itu, untuk memenuhi tujuan mengenal Tuhan, seorang Muslim perlu menahan diri dari kejahatan sejauh dia cenderung berbuat baik.

Singkatnya, Allah SWT telah membimbing manusia kepada tujuan hidup yaitu beribadah kepada-Nya dan mencari keridhaan-Nya. Al-Qur'an dalam hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui cara-cara di mana seseorang dapat memenuhi tujuan ini untuk menyenangkan Allah SWT dan memberi makna pada hidupnya. Alasan utama penciptaan kita adalah ibadah. Kita harus memenuhi tujuan hidup kita ini dengan mengikuti perintah Allah yang diberikan dalam Quran.

3 dari 3 halaman

Tujuan Hidup Manusia Menurut Islam Lebih Jelasnya

Apa Tujuan Hidup yang Sebenarnya Menurut Islam?

Cukup jelas bahwa Allah SWT mengirim setiap makhluk hidup ke dunia ini untuk tujuan tertentu. Tidak ada ketidakpastian bahwa kita harus kembali kepada-Nya dan Allah SWT mungkin bertanya kepada kita selanjutnya apakah kita telah mencapai tujuan atau tidak. Dari penjelasan sebelumnya diketahui bahwa tujuan hidup kita adalah untuk mengenal dan menyembah Allah.

 

Apa Artinya Ibadah?

Ibadah dijelaskan sebagai segala sesuatu dalam Islam yang dilakukan seseorang untuk cinta dan keridhaan Allah SWT. Ini sama sekali tergantung pada tindakan benar atau tidak benar dari individu yang melakukannya.

 

Apa Tindakan Ibadah yang Benar?

Setiap tindakan yang dilakukan di sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai Ibadah. Ibadah diantaranya adalah memberi amal, mengunjungi orang sakit, membantu orang lain, mendoakan orang lain, sholat dan lain sebagainya sesuai tuntunah rasul.

 

Apa Pesan Islam Tentang Kehidupan?

Pesan untuk menentukan tujuan hidup yang sebenarnya terdapat dalam salah satu wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada semua Nabi mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad SAW. Ini telah menjadi pesan yang terus menerus disampaikan pada setiap Nabi yang membuat kita selalu mengingat kehendak Allah SWT.

“Sesungguhnya Kami telah mengutus seorang Rasul kepada setiap umat (dengan mengatakan), ' Sembahlah Allah dan jauhilah tuhan-tuhan palsu …” (Qur'an, 16:36)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.