Sukses

14 Tempat Wisata di Sentul, Bernuansa Bali sampai Jepang

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu liburan ke Bogor mungkin menjadi alternatif yang menarik untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. Apalagi di sana memiliki berbagai macam tempat menarik, terutama wisata di Sentul.

Kawasan Sentul yang berada di Bogor tidak diragukan lagi memiliki daya tarik wisata yang mengagumkan. Apalagi, kawasan kawasan ini dikelilingi lima gunung, yang membuat tempat wisata di Sentul akan jadi pilihan menarik untuk menikmati udara yang sejuk.

Wisata alam tentu menjadi pilihan menarik jika Anda ingin menikmati kesejukan wisata di Sentul. Namun, wisata di Sentul tidak hanya itu saja.

Wisata di Sentul memiliki berbagai macam pilihan gaya wisata, mulia wisata edukasi hingga wisata kekinian. Bahkan ada satu di antaranya yang akan membuat Anda mengira tengah berada di Bali.

Mulai dari wisata alam sampai wisata kekinian, berikut adalah 14 tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata di Sentul bersama Keluarga

1. Jungleland Sentul

Jungleland Adventure Theme Park atau yang biasa dikenal Jungleland Sentul merupakan salah satu tempat wisata di Sentul yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Taman bermain ini memiliki 36 enam wahana bermain yang akan membuat pengunjung merasakan keseruan yang tak akan terlupakan. jungleland merupakan taman bermain yang memiliki wahana bermain terbanyak di Indonesia.

2. Taman Budaya Sentul

Buat Anda yang memiliki jiwa petualang, tempat wisata di Sentul yang satu ini mungkin akan sangat menarik, tak lain adalah Taman Budaya Sentul. Menjadi salah satu tempat wisata di Sentul yang populer, Taman Budaya Sentul sering dijadikan untuk tempat outbound.

Tidak hanya itu, Taman Budaya Sentul juga memiliki daya tarik dari sisi budaya yang dapat dilihat dari konsep konsep bangunan hingga konsep Budaya Sunda yang kental.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Setelah suntuk dikelilingi hutan beton, hutan sungguhan dengan banyak pohon mungkin bisa memulihkan Anda dari pikiran yang penat, dan Taman Wisata Gunung Pancar bisa jadi pilihan menarik.

Tempat wisata di Sentul ini merupakan bumi perkemahan yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Selain untuk berkemah, pemandangannya yang indah juga bagus bagi pengunjung yang ingin mengambil beberapa foto.

Bahkan tempat wisata di sentul ini sering untuk dijadikan lokasi sesi foto pre-wedding. Minta untuk bikin foto pre-wedding di sana?

4. Pasar Ah Poong

Berkunjung ke suatu tempat rasanya kurang lengkap kalau tidak mencicipi makanan khas yang ada di sana. Karena itu, jika berlibur di Sentul, rasanya juga kurang lengkap kalau tidak mampir ke Pasar Ah Poong.

Pasar Ah Poong merupakan tempat wisata di Sentul yang wajib dikunjungi jika Anda hobi kuliner. Pasar Ah Poong memiliki konsep yang mirip dengan pasar apung di Banjarmasin.

Tempat wisata di Sentul ini menyediakan lebih dari 80 jenis kuliner mulai dari masakan tradisional hingga modern. Selain dapat menikmati berbagai jenis makanan, pengunjung juga dapat menikmati wisata air seperti naik perahu, bebek air, atau bola-bola air.

3 dari 4 halaman

Wisata di Sentul ala Jepang

5. Kampung Koneng

Tempat wisata berkonsep perkampungan Jepang tidak hanya ada di Batu, Jawa Timur. Tempat wisata di Sentul juga memiliki tempat serupa yang tak kalah cantik. tempat ini tak lain adalah Kampung Koneng.

Di Kampung Koneng, pengunjung tak bisa menikmati pemandangan alam. Selain itu, Anda juga bisa memesan makanan enak dan berfoto di beberapa spot unik.

Luas destinasi ini pun cukup melegakan, yaitu sekitar 2.300 meter. Kampung Koneng berlokasi di Jl. Raya Tapos RT.03/RW.04, Sentul Selatan, Bojong Koneng, Kabupaten Bogor.

6. Taman Fathan Hambalang

Ingin menikmati pemandangan bentang alam yang indah, Taman Fathan Hambalang bisa jadi jawabannya. Tempat wisata di Sentul ini menawarkan keindahan panorama alam, berupa bentang Gunung Gede, Pangrango, dan Pancar.

Tempat wisata di Sentul ini berada dekat dengan Kantor Desa Hambalang, yang terletak di Citeureup, Bogor. Di Taman Fathan Hambalang, pengunjung juga dapat menikmati panorama matahari terbenam yang memesona pada sore hari.

Malamnya, pengunjung akan dibuat kagum dengan gemerlap lampu akan membuat suasana kian romantis. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai menikmati secangkir kopi atau mengambil foto-foto yang instagramable.

7. Curug Hordeng

Hordeng berarti adalah tirai penutup jendela. Itulah yang menjadi daya tarik curug ini, yakni memiliki aliran air terjun yang mengalir bak sebuah tirai yang menjuntai, sehingga disebut Curug Hordeng.

Di Curug Hordeng terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang di bawahnya. Kolamnya pun lebih luas dengan kedalaman antara 2 hingga 2.5 meter. Para wisatawan biasanya memasang hammock di antara pepohonan sambil menghadap ke Curug Hordeng.

8. Curug Ciburial

Tempat wisata di Sentul dengan daya tarik air terjun lainnya adalah Curug Ciburial. Curug Ciburial memiliki tinggi kurang lebih antara 7 hingga 9 meter. Terdapat kolam yang cukup dalam di depan Curug Ciburial. Saat debit air sedang tinggi, kolam tersebut kedalamannya bisa mencapai 4 hingga 5 meter.

Bagi yang suka berenang, kolam ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Beberapa pengunjung biasanya menantang diri dengan melompat dari batu yang paling tinggi. Untuk berjaga-jaga, warga sudah memasang tali sebagai upaya preventif untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

9. Leuwi Hejo

Leuwi Hejo merupakan tempat wisata di Sentul yang memiliki suasana alam yang masih asri. Daya tarik tempat wisata di Sentul ini adalah aliran air sungainya yang sangat jernih, ditambah dengan aliran air terjun yang menakjubkan.

Untuk sampai di Leuwi Hejo, Anda harus berjalan melalui jalur yang terjal. Meski demikian, seluruh perjuangan Anda akan terbayar tuntas ketika mendapati keindahan alam yang begitu memesona.

10. Sawah Segar Sentul

Tempat wisata di Sentul yang selanjutnya adalah Sawah Segar Sentul. Sawah Segar Sentul merupakan restoran yang menawarkan nuansa khas pedesaan dengan dikelilingi hamparan sawah dan pepohonan hijau. Nuansa pedesaan membuat suasana begitu asri, sejuk, dan nyaman, sehingga tempat ini sangat cocok untuk melepas penat dari keramaian kota. Lokasinya berada di Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Di area sawah, terdapat tempat duduk dan gazebo yang cocok jadi tempat bersantai. Ada pula jalan setapak yang bisa dilalui untuk mengelilingi sekaligus berfoto-foto di area persawahan. Fasilitas yang ada, di antaranya mushola, area parkir, sampai taman bermain anak.

4 dari 4 halaman

Wisata di Sentul Bernuansa Bali

11. Gunung Ciung

Gunung Ciung sebenarnya adalah lahan produktif seluas 8 hektar, berupa bukit yang bersebelahan dengan Gunung Pancar dan ditanami banyak tanaman. Lahan itu kemudian dijadikan tempat wisata dan disebut sebagai Gunung Ciung karena banyak hewan, seperti babi hutan.

Pengelola menjadikannya tempat wisata supaya hewan-hewan tersebut tidak turun dan merusak tanaman. Gunung Ciung menawarkan pemandangan dari Gunung Salak dan Kota Bogor. Selain itu, panorama matahari terbenam yang ditawarkan begitu memesona. Lokasi Gunung Ciung terletak di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul–Bogor.

12. Edensor Hills

Sesuai dengan namanya tempat wisata di Sentul ini memiliki konsep yang bernuansa Eropa. Apalagi jika dilihat dari bentuk bangunannya yang serupa dengan kastil tua di Britania Raya. Edensor Hills sebenarnya adalah villa dan resort yang juga dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata di Sentul.

Edensor Hills sangat cocok dijadikan sebagai salah satu tempat staycation di akhir pekan. Jika tidak ingin menginap, kamu juga bisa mampir untuk menyantap beragam kuliner lezat yang ada di tempat ini sembari menikmati pemandangan alam yang indah.

13. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang jadi salah satu tempat wisata di Sentul yang menawarkan pemandangan yang indah. Untuk sampai ke goa masih harus berjalan kaki dari tempat parkir.

Selain bagian luar goa yang menawan dengan formasi batuan estetik, bagian dalamnya juga wajib banget untuk kamu saksikan. Bagaimana tidak, banyak monolit di langit-langit gua.

14. Mandapa Kirana Resort

Mandapa Kirana Resort merupakan salah satu tempat wisata di Sentul yang cocok untuk mengisi waktu libur bersama orang tercinta. Di sini pelancong akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah berupa perbukitan disertai dengan udara sejuk sepoi-sepoi khas pegunungan.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah, pengunjung akan merasakan sensasi liburan seperti di pulau Dewata Bali. Soal pemandangan dan kesejukan udaranya juga tidak perlu diragukan karena sudah pasti akan membuat Anda merasa nyaman dan betah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS