Sukses

8 Cara Membuat Hiasan Tumpeng yang Menarik dan Unik, Mudah Dipraktikkan

Tumpeng adalah nasi yang dihidangkan dalam bentuk seperti kerucut.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat hiasan tumpeng yang menarik dan cantik dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan garnish dari berbagai sayuran atau lauk pauk untuk hiasan nasi tumpengnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, tumpeng adalah nasi yang dihidangkan dalam bentuk seperti kerucut. Biasanya, tumpeng disajikan pada acara tertentu, seperti selamatan, hari ulang tahun, perayaan hari besar, dan lainnya.

Meskipun terlihat mudah, cara membuat hiasan tumpeng membutuhkan ketelatenan yang lebih. Sayuran yang biasanya digunakan sebagai garnish yaitu timun, tomat, sawi, dan lobak yang dibentuk berbagai macam rupa unik.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat hiasan tumpeng yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Tumpeng yang Menarik dan Unik

1. Wortel

Ada cara membuat hiasan tumpeng dari wortel. Langkah pertama adalah dengan mengupas wortel dan bentuk runcing dibagian ujungnya. Siapkan pisau dan iris ujung wortel dengan membentuk kelopak melengkung. Pada saat membentuk kelopak, pastikan setiap irisan kelopak bertemu di satu titik bagian tengah. Jika setiap irisan sudah bertemu di tengah, maka kelopak yang terakhir bisa dilepas. Bentuklah supaya terlihat seperti bunga. Kamu bisa menggunakan pisau berbentuk melengkung agar memudahkanmu dalam membuat garnish tumpeng dari wortel ini.

2. Mentimun

Selain wortel, kamu juga bisa menggunakan timun sebagai hiasan tumpeng. Cara membuat hiasan tumpeng adalah potong ujung mentimun sekitar lima sentimeter. Setelah itu belah menjadi lima bagian. Buat setiap bagian berbentuk seperti huruf U terbalik. Jika setiap kelopak sudah berbentuk melengkung, iris kembali menjadi dua kelopak. Iris semua bagian, dan keluarkan biji mentimun. Rendam dengan air dingin agar tiap kelopak cepat mekar. Siapkan ubi ungu, tusuk dengan pisau khusus dan potong. Letakkan ubi ungu di bagian tengah bunga mentimun dan sematkan tusuk gigi dibagian bawahnya.

3. Sawi putih

Ada cara membuat hiasan tumpeng dari sawi putih. Langkah pertama adalah dengan memotong sawi sekitar 10 cm. Buat irisan miring pada sawi putih agar membentuk seperti kelopak. Iris miring dan lepaskan sisa potongnya. Kemudian iris kelopaknya dengan cara yang sama. Semakin ke tengah, pastikan tiap kelopaknya semakin pendek. Lakukan sampai kelopak terdalam dan sawi putih berbentuk seperti mawar.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Tumpeng yang Menarik dan Unik

4. Lobak putih

Kamu juga bisa menggunakan lobak putih sebagai garnish pada nasi tumpeng. Cara membuat hiasan tumpeng adalah dengan mengupas lobak dan iris ujungnya menjadi lima bagian sisi. Iris tipis menggunakan pisau ke arah ujung. Jika irisan sampai ke ujung lobak, masukkan ujung pisang ke arah tengah. Buat irisan lima kali dengan cara yang sama. Rapikan dengan cara mengiris kiri dan kanan kelopak agar membulat.

5. Bawang bombai

Cara membuat hiasan tumpeng lainnya adalah dengan menggunakan bawang bombai. Siapkan bawang bombai berukuran besar agar lebih mudah saat dibentuk. Kupas kulit terluarnya san gunakan pisau ukir yang tajam untuk membuat zig-zag atau menyerupai huruf V. Tusuk dengan ujung pisau yang cukup dalam hingga bawang putih mudah terbelah menjadi dua bunga yang sama. Lepaskan kelopak satu per satu dan susun kembali zig-zag di antara dua belahan hingga menyerupai bunga teratai.

6. Cabai atau paprika

Cara membuat hiasan tumpeng lainnya adalah dengan menggunakan cabai atau paprika. Kamu bisa membuat cabai atau paprika merah yang berwarna cerah ini menjadi hiasan tumpeng menarik.

Caranya tak begitu sulit, kamu hanya perlu memotong cabai atau paprika secara vertikal dengan pisau pengupas atau gunting dapur. Lalu, buang semua biji di dalam cabai atau paprika sehingga mudah untuk dibentuk menjadi kelopak bunga.

Dalam membentuknya menjadi bunga, kamu perlu melengkungkan setiap potongan cabai atau paprika tersebut. Kemudian, rendam di dalam air dingin atau air es dan dalam beberapa jam atau semalaman hingga bunga cabai atau paprika yang kamu buat mekar sempurna.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Hiasan Tumpeng yang Menarik dan Unik

7. Tomat

Cara membuat hiasan tumpeng lainnya adalah dengan menggunakan tomat. Dengan tomat, kamu bisa membuat bunga mawar merah yang cantik. Untuk cara membuat hiasan tumpeng yang satu ini, kamu hanya membutuhkan tomat dan pisau untuk memotong. Namun, pastikan pisau yang digunakan tajam.

Pertama, potong bagian bawah tomat dan kemudian potong kulit tomat tersebut melingkar dengan aksen gelombang. Usahakan jangan sampai kulitnya terputus. Kedua, gulung kembali kulit tomat yang sudah dikupas secara perlahan hingga menjadi spiral. Pastikan sisi kulit tetap berada di luar dan pulpa di bagian dalam.

Kemudian, kamu bisa menempatkan gulungan kulit tomat tersebut di bagian bawah kulit tomat sebagai alasnya. Lalu, kamu bisa menyesuaikan kelopak bunga dari kulit tomat tersebut dengan mengencangkan atau mengendurkan gulungan secara hati-hati.

8. Kacang panjang

Cara membuat hiasan tumpeng lainnya adalah dengan menggunakan kacang panjang. Kamu bisa menciptakan efek 'pagar' di sekeliling tumpeng menggunakan kacang panjang ini. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuang bagian ujung kacang panjang. Kemudian, cuci kacang panjang hingga bersih. Setelah itu, pasangkan kacang panjang mengelilingi tumpeng dan kunci dengan lidi. Kamu mungkin membutuhkan beberapa potong kacang panjang untuk membuatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.