Sukses

15 Wisata Gorontalo Alam yang Bagus dan Memesona, Wajib Dikunjungi

Rekomendasi tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona.

Liputan6.com, Jakarta - Gorontalo adalah provinsi di Indonesia yang beribu kota di kota Gorontalo. Apabila sedang berada di wilayah bagian Utara Pulau Sulawesi ini wajib banget mampir ke tempat wisatanya, alam Gorontalo bagus dan memesona.

Seperti apa wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona itu?

Wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona itu berupa pantai hingga pulau-pulau kecil yang indah. Wisatawan pun bisa ikut berenang bersama hiu paus hingga bisa menikmati asrinya hutan Gorontalo.

Tentu saja, wisata Gorontalo alam lokasinya tak jauh dari ibu kotanya yang disebut Kota Serambi Madinah. Akses jalannya pun mudah, mayoritas tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona bisa ditempuh 30 menit saja dari pusat kota.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona, Kamis (30/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wisata Gorontalo Alam yang Bagus dan Memesona

1. Bukit Lelato Pohuwato

Bukit lelato pohuwato adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Lokasi wisata Gorontalo alam ini di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato, yang merupakan wisata paralayang pertama di wilayah Gorontalo bagian timur. 

Wisata paralayang ini inovasi dari warga desa Lomuli. Mereka melihat letak geografis desa tersebut berada di dataran tinggi, menjadi salah satu alasan mereka menciptakan wisata tersebut.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona? Wisata ekstrem ini sangat mudah dijangkau oleh siapa pun. Sebab, akses jalan menuju lokasi ini sangat dekat dengan jalan utama desa.

2. Hutan Pinus Motilango

Hutan pinus motilango adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Dari namanya, ekowisata ini terletak di Desa Motilango, Kecamatan Tibawa. Wisata yang banyak digandrungi para instagramable ini, kini cukup populer.

Ada sensasi berbeda saat berkunjung ke hutan pinus ini. Lantaran lokasi wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona ini jauh dari hiruk-pikuk keramaian Kota. Sudah tentu udara di sekitarnya pasti sejuk dan masih alami.

3. Taman Laut Olele

Taman laut olele adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Para pecinta diving dan snorkeling sangat disarankan untuk mengunjungi taman laut satu ini. Bagaimana tidak, banyak sekali spot penyelaman favorit yang sangat indah di Taman Laut Olele ini.

Ada keberadaan coral endemik yang bentuknya mirip dengan lukisan Salvador Dali sehingga disebut Salvador Dali coral. Pantai wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona yang berpasir putih serta air yang jernih, menambah keindahan Taman Laut Olele.

4. Pantai Libuo Pohuwato

Pantai Libuo adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Ini sudah lama terkenal di kalangan traveler di Gorontalo. Garis Pantai Libuo yang panjang dan pasir putih lembut memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung.

Lokasi wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona berupa pantai mudah dijangkau, pengunjung bisa mengendarai roda dua maupun roda empat untuk sampai di pintu masuk pantai. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat Pemerintahan Kabupaten Pohuwato.

5. Pulo Cinta

Pulo Cinta adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Ini sebuah resort ala Maldives yang berada di Gorontalo. Tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona begitu populer karena memang tempatnya mirip sekali dengan resort mewah yang ada di Maldives.

Pulau wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona dengan hamparan pasir putih yang luas ini, terletak di Teluk Tomini. Menawarkan sensasi menginap di tepi pantai layaknya yang ada di Maldives.

3 dari 4 halaman

Wisata Gorontalo Alam yang Bagus dan Memesona

6. Pulau Bohu

Pulau Bohu adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Meski kecil, pulau yang berada di Desa Garapia, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara, ini punya segudang keindahan. Menariknya lagi, lokasi wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona tidak jauh dari pusat kota, bisa diakses sepeda motor dalam waktu sekitar 30 menit.

Pantai Pulau Bohu wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona ini berbentuk melengkung. Sangat eksotis dengan hamparan pasir putih yang membentang dipercantik dengan rerimbun pohon cemara. Apalagi ombaknya tidak terlalu besar dan pantainya dangkal, sehingga cocok untuk sekadar bermain air dan menikmati keindahan alam. 

7. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Lokasinya ada di bukit keluarahan Dembe I. Ada 3 benteng dengan nama yang berbeda, seperti Ulupahu, Otahiya, dan Otanaha sendiri.

Menurut sejarah, wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona berupa benteng otanaha adalah peninggalan bangsa Portugis yang kala itu dibangun pada sekitaran abad ke-15.

8. Pulau Saronde

Pulau saronde adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Tidak jauh berbeda dengan Pulo Cinta, Pulau Saronde memiliki pantai berpasir putih yang tak kalah menarik. Di tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona, pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan seperti snorkeling hingga berkemah.

Tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona satu ini sudah terkenal sampai ke luar negeri dengan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Pantainya yang begitu jernih biasa dijadikan tempat berenang, menyelam dan bermain yang sangat menyenangkan.

9. Danau Perintis Bone Bolango

Danau perintis bone bolango adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo memiliki danau kecil yang bernama danau perintis. Danau ini terletak di dua desa yang berbeda, yakni sebelah selatan berbatasan dengan Desa Boludawa, sebelah timur berbatasan langsung dengan desa Huluduotamo, Kecamatan Suwawa.

Wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona berupa danau ini sangat dekat Hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW). Itulah mengapa, jika danau ini masih terbilang asri. Pada waktu pagi, pengunjung bisa menyaksikan langsung matahari terbit dari balik Gunung Tilongkabila. Gunung tersebut memiliki ketinggian 1.393 meter dari permukaan laut (mdpl).

10. Pantai Botubarani

Pantai botubarani adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Pantai di Gorontalo ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu wisatawan dapat bermain dengan hiu paus.

Menyelam dengan hiu paus yang tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan.  Pantai Botubarani merupakan salah satu tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona dari beberapa tempat di dunia.

4 dari 4 halaman

Wisata Gorontalo Alam yang Bagus dan Memesona

11. Wisata Hiu Paus

Wisata hiu paus adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Jangan lupa berkunjung ke Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo. Lokasi wisata ini berada di pesisir laut Teluk Tomini, Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone.

Lokasi wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona ini pun tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo dan sangat mudah diakses. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan melintasi jalan Trans Sulawesi, sudah bisa sampai di lokasi.

Laut yang memiliki air yang jernih dan pantai yang begitu bersih menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Ditemani para pemandu yang ramah membuat wisatawan sangat betah. Keramahan hiu paus dibuktikan oleh para wisatawan dengan mencoba snorkeling dan berenang.

12. Danau Limboto

Danau limboto adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Wisata Gorontalo ini sudah cukup terkenal. Danau ini danau terbesar di Pulau Sulawesi dan merupakan muara dari lima sungai yang ada di Gorontalo.

Di wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona pengunjung bisa mengamati kehidupan para nelayan tradisional sekaligus menikmati hasil tangkapannya.

13. Penangkaran Burung Maleo

Penangkaran burung maleo adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Tidak ada salahnya untuk mencoba treking di lokasi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).

Warga sekitar wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona ini menyebutnya hutan Hungayono, yang berada di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo.

Di tempat wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona ini pengunjung bisa merasakan suasana alam yang sesungguhnya. Mengingat lokasi ini menjadi habitat asli hewan endemik Sulawesi, seperti tarsius, monyet hitam, dan burung maleo.

14. Bukit Savana Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Seperti pulau yang tidak berpenghuni pada umumnya, akses menuju ke pulau Diyonumo ini memakan cukup banyak waktu.

Kurang lebih total 3.5 jam waktu yang dibutuhkan untuk menuju wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona seperti pulau ini, tepat dari pusat Kota Gorontalo.

Di wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona kini pengunjung bisa memancing hingga berkemah. Sekilas memang pulau ini nampak seperti pulau terpencil pada umumnya, pantai pasir putih, air jernih, dan hutan. =

15. Air Panas Lombongo

Air panas lombongo adalah wisata Gorontalo alam yang bagus dan memesona. Secara umum pemandian yang berada di tengah hutan ini menyuguhkan sensasi tersendiri bagi pengunjungnya.

Perpaduan udara dingin dan air hangat memberikan kesejukan kepada para pengunjung. Ini berbeda dengan pemandian lain yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Di lokasi pemandian ini, terdapat dua kolam air panas dengan luas 500 meter persegi dan kedalaman berkisar satu hingga dua meter. Di kolam ini, pengunjung bisa berendam untuk meregangkan ketegangan tubuh, sembari menikmati sejuknya pemandangan hutan hujan tropis Gorontalo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.