Sukses

Statistik adalah Pengumpulan Data Berupa Angka, Pahami Pengertian dan Fungsinya

Statistik adalah sekumpulan metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pengolahan, dan penafsiran data dari angka-angka yang menjelaskan data atau hasil pengematan.

Liputan6.com, Jakarta Statistik adalah sekumpulan metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pengolahan, dan penafsiran data dari angka-angka yang menjelaskan data atau hasil pengematan.  Secara umum, statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang studi, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran, dan lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian statistik adalah angka-angka atau catatan yang dikumpulkan, dikelompokkan, dan ditabulasi sehingga didapatkan informasi berkaitan dengan masalah tertentu.

Secara sederhana, pengertian statistik adalah ilmu yang bersangkutan dengan suatu data. Angka atau data yang ditampilkan dalam statistik ini diperoleh dari hasil pengumpulan data baik berupa wawancara maupun tanpa wawancara.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian statistik menurut para ahli, tujuan, fungsi, dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (11/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian statistik secara umum, berikut ini terdapat beberapa pengertian statistik menurut para ahli:

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.,

Pengertian statistik adalah suatu pengetahuan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data, pengolahan data, analisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilaksanakan.

Anderson & Bancroft

Menurut Anderson & Bancroft, arti statistik adalah ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian, dan interpretasi data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasarkan pada matematik probabilitas (peluang).

Prof. Dr. H. Agus Irianto

Menurut Prof. Dr.H.Agus Irianto, pengertian statistik adalah sekumpulan cara maupun aturan-aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan (analisis), penarikan kesimpulan, atas data-data yang berbentuk angka dengan menggunakan suatu asumsi-asumsi tertentu.

Anto Dajan

Menurut Anto Dajan, pengertian statistik adalah data kuantitatif baik yang masih belum tersusun maupun yang telah tersusun dalam bentuk table.

3 dari 6 halaman

Tujuan dan Fungsi Statistik

1. Tujuan Statistik

a. Untuk membuat deskripsi atau juga untuk menjelaskan data mengenai populasi yang diselidiki.

b. Untuk membantu dalam membuat estimasi mengenai nilai yang tidak diketahui dengan berdasarkan data yang dianalisis.

c. Untuk membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima. Estimasi tersebut yang nantinya akan dipakai sebagai dasar dalam mengambil keputusan.

d. Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih kecil supaya lebih mudah untuk dipahami.

2. Fungsi Statistik

a. Fungsi Deskriptif

Fungsi statistik dapat mendeskripsikan atau menerangkan data serta peristiwa yang dikumpulkan dengan melalui proses penelitian dan penyelidikan.

b. Fungsi Inferensial

Fungsi statistik adalah digunakan untuk memprediksi serta mengendalikan seluruh populasi dengan berdasarkan data, gejala, dan peristiwa yang terdapat ada proses penelitian. Fungsi tersebut dimulai dengan membuat suatu estimasi dan hipotesis.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Statistik

1. Berdasarkan Orientasi Pembahasan

a. Statistik matematika adalah statistik yang lebih memahami pemahaman model, rumus statistik matematika-teoritis, penurunan konseptual.

b. Statistik terapan adalah statistik yang lebih fokus pada pemahaman konsep, teknik statistik, dan penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

2. Berdasarkan Fase dan Tujuan Analisis

a. Statistik deskriptif adalah statistik yang berkaitan dengan pengumpulan pemrosesan, analisis, dan penyajian data tanpa kesimpulan umum. Bentuk statistik ini umumnya dalam bentuk tabel, grafik, diagram, mode, dan sebagainya.

b. Statistik inferensial adalah statistik yang prosesnya memungkinkan kesimpulan umum untuk diambil pada data yang sedang diproses.

3. Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data

a. Statistik parametik adalah statistik berdasarkan model distribusi normal.

b. Statistik non-parametrik adalah statistik yang dilakukan dengan metode distribusi gratis atau tidak berdasarkan model distribusi normal.

4. Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat

a. Statistik univariat adalah statistik yang hanya memiliki satu variabel dependen.

b. Statistik multivariat adalah statistik yang memiliki lebih dari satu variabel dependen.

5 dari 6 halaman

Perbedaan Statistik dan Statistika

Istilah statistika berbeda dengan statistik. Statistika pada umumnya bekerja dengan memakai data numerik yang di mana adalah hasil cacahan maupun hasil pengkuran yang dilakukan dengan menggunakan data kategorik yang diklasifikasikan menurut sebuah kriteria tertentu. Sedangkan, statistik adalah ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan atas hasil survey.

Secara umum, statistik lebih kepada hasil pengolahan data dan statistika merupakan cara mengolah datanya. Selain dilihat dari pengertiannya, perbedaan keduanya juga dapat dilihat melalui tujuannya. Statistik bertujuan untuk mempermudah dalam menginterpretasikan data dan memahami sebuah penelitian. Sementara itu, statistika bertujuan untuk mendapatkan gambar dari sebuah penelitian.

Bukan hanya itu, statistik biasa disajikan dalam bentuk data dan angka. Sedangkan statistika diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu statistika deskriptif (metode dengan cara mendeskrispikan) dan statistika inferensia (metode dimana pengambilan keputusan dilakukan).

6 dari 6 halaman

Contoh Statistik dan Statistika

Setelah memahami perbedaan statistik dan statistika, kini kalian bisa melihat contoh dari keduanya. Dengan mengetahui contoh penerapannya, maka kalian bisa lebih paham lagi terkait perbedaan konsep keduanya.

1. Contoh statistik pada kehidupan sehari-hari

a. Data kepemilikan kendaraan bermotor di wilayah tertentu.

b. Data kependudukan dan perekonomian milik Badan Pusat Statistik (BPS).

c. Data kependudukan suatu desa melalui survei.

d. Data belanja daerah dan anggaran pemerintah daerah milik Kementerian Keuangan (DPJK).

e. Data guna lahan kabupaten tertentu yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanahan.

2. Contoh statistika pada kehidupan sehari-hari

a. Pengolahan data kependudukan kawasan tertentu untuk menentukan transisi demografi.

b. Pengolahan data kependudukan wilayah tertentu untuk menentukan piramida penduduk dengan analisis cohort demografi.

c. Menemukan rata-rata serta standar deviasi atas nilai ujian mahasiswa.

d. Menemukan median usia penduduk pada suatu desa.

e. Prediksi penduduk di masa depan dengan memanfaatkan proyeksi penduduk aritmatik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.