Sukses

Ini Cara Biar Ide Kreatif yang Ada di Pikiran Kamu Jadi Nyata!

Liputan6.com, Jakarta Di saat lagi butuh ide kreatif, malah kreativitas kita yang ada di kepala nggak muncul. Emang ya, kreativitas itu serasa belut, licin dan susah dipegang. Padahal lagi ada pressure buat solving the problem.

Nah, seorang yang kreatif tuh harus banget bisa ubah ide-ide yang muncul di kepalanya jadi sesuatu yang nyata, tapi emang nggak mudah sih. Sekalipun nggak mudah, ada beberapa cara yang bisa bantu kamu buat lebih mudah realisasikan ide kreatif yang ada di kepala lho! Apa aja sih? Cek di bawah ini ya!

1. Punya Tekad Kuat

Cara yang pertama banget biar kamu bisa realisasikan ide kreatif kamu ya ini, perkuat tekad yang kamu miliki. Yaiya, tanpa tekad yang kuat, ide-ide kreatif kamu hanya bagaikan pepesan kosong belaka. Tekad yang kuat ini juga bisa will help you to keep the procrastination away lho! 

Tekad yang kamu punya juga bisa dibantu dengan lakuin hal-hal yang bisa buat tekad kamu itu terwujud, seperti atur personal deadline, atur jadwal proyek yang lagi kamu garap, atau minta tolong dengan beastie kamu.

2. Ciptain Pola Kreativitas Kamu

Tekad kuat udah ada dan ide kreatif pun muncul. Di momen kayak gini, kamu harus buat jadwal, manage your time, dont wasting your time ya! Kamu harus buat pola yang nyata dan jelas gimana kamu realisasikan ide-ide kreatif yang muncul.

Di saat kamu sudah mendapatkan ide kreatif dan tekad yang kuat, hal berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah tentuin deadline personal dan bagilah waktu yang kamu punya jadi bagian-bagian kecil, di mana kamu akan punya progress berkala. Jangan lupa juga buat bagi bagian tersebut secara adil ya, sesuai dengan skala prioritas (tingkat kesulitan) biar kamu nggak mandek di satu bagian aja!

3. Lihat Lingkungan di Sekeliling Kamu

Lingkungan sekitar kamu bisa memunculkan ide kreatif yang ada di kepala lho. Ketika kamu lagi bengong di pagi atau malam hari, terus melihat sang fajar menyingsing atau lihat bulan purnama bersinar begitu eloknya, itu bisa jadi sumber ide kamu lho!

Biasanya, yang punya kepekaan terhadap lingkungannya seperti penulis akan menghasilkan karya yang bagus. Mereka bisa mengambil realita yang ada dan diformulasikan dengan ide kreatif yang muncul. Coba deh, mulai sekarang lebih peka sama lingkungan sekitar!

4. Apapun yang Muncul, Kamu Harus Catat

Kalau tiba-tiba suddenly kamu dapat ide kreatif, kamu harus cekatan buat catat ide tersebut. Kamu juga bisa buat jurnal, di mana kamu bisa nulis, gambar, atau apapun ide kreatif mendadak muncul di otak kamu di satu buku. Cara tersebut, biar nggak hilang ya ide kreatif kamu.

Kamu harus ingat ya, ide kreatif yang muncul di kepala tuh nggak ada yang tahu kapan datangnya, jadi segera catat ide kreatif kamu wherever you think is convenience.

5. Nggak Usah Jadi Beban

Yang terpenting dari realisasi ide kreatif kamu ya gimana ide kreatif kamu itu bisa dirasakan oleh orang selain kamu. Jangan jadikan ide kreatif kamu sebagai beban juga ya, nanti kamu malah under pressure, dan mentok deh ide ikeatif kamu. Chill aja, santai, bukannya kreatif, malah stress lagi nanti kalau jadi beban.

Jadi, apa udah siap buat realisasi ide kreatif yang ada di pikiran kamu? Ingat! Jangan ditunda, do it now ya!

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS