Sukses

Gejala Flu Singapura yang Rentan Menyerang Anak, Ketahui Cara Mencegahnya

Anak kecil memiliki risiko tertinggi terjangkit Flu Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Gejala Flu Singapura penting dikenali karena rentan menyerang anak. Flu Singapura termasuk penyakit yang cukup asing di telinga. Disebut Flu Singapura karena jenis flu ini sempat tinggi jumlah kasusnya di Singapura pada tahun 2000.

Anak kecil memiliki risiko tertinggi terjangkit Flu Singapura. Penyebab flu ini dapat dengan mudah menyebar di tempat umum. Anak yang terkenal Flu Singapura biasanya mengalami serangkaian gejala.

Gejala Flu Singapura dapat dengan mudah dikenal. Penyebab Flu Singapura sebenarnya juga dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup bersih. Berikut gejala flu Singapura dan cara mencegahnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(17/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal flu Singapura

Flu Singapura sebenarnya bukan istilah medis yang resmi digunakan. Istilah medis dari flu Singapura adalah Hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau Penyakit tangan, kaki, dan mulut. Flu Singapura adalah infeksi yang sangat menular, terutama pada balita dan anak.

Disebut penyakit flu Singapura karena pada tahun 2000 angka penyakit ini meningkat tajam di Singapura. Penyakit tangan, kaki, dan mulut sering terjadi pada bayi dan anak di bawah 5 tahun. Kebanyakan anak akan memiliki gejala ringan selama 7 sampai 10 hari.

Menurut IDAI, kejadian luar biasa/KLB (outbreak) HFMD dapat terjadi di berbagai negara dan lebih sering ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara, terutama di lingkungan tertutup dan padat seperti sekolah, panti asuhan, asrama, pondok pesantren, dan tempat penitipan anak.

3 dari 7 halaman

Penyebab dan penyebaran flu Singapura

Mengutip Ikatan Dokter Anak Indonesia, Hand, foot, and mouth disease (HFMD) atau penyakit tangan kaki mulut adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus. Spesies enterovirus yang paling sering menyebabkan HFMD adalah Coxsackievirus dan Human Enterovirus 71 (HEV 71).

Virus penyebab flu Singapura dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan tangan yang tidak dicuci atau permukaan yang terkontaminasi dengan kotoran. Ini juga dapat ditularkan melalui kontak dengan air liur, tinja, atau sekresi pernapasan seseorang.

Melansir Healthline, anak kecil memiliki risiko tertinggi mengalami flu Singapura. Risiko meningkat jika mereka menghadiri penitipan anak atau sekolah, karena virus dapat menyebar dengan cepat di fasilitas ini. Anak-anak biasanya membangun kekebalan terhadap penyakit setelah terkena virus yang menyebabkannya. Inilah sebabnya mengapa kondisi ini jarang memengaruhi orang di atas usia 10 tahun.

Namun, masih mungkin bagi anak-anak dan orang dewasa yang lebih besar untuk mendapatkan infeksi, terutama jika mereka memiliki sistem kekebalan yang lemah.

4 dari 7 halaman

Gejala flu Singapura

Penyakit tangan, kaki, dan mulut sering terjadi pada bayi dan anak di bawah 5 tahun. Kebanyakan anak memiliki gejala ringan selama 7 sampai 10 hari. Tiga gejala flu Singapura yang bisa dikenali adalah demam, sariawan, dan ruam kulit. Gejala khas dari flu Singapura adalah ditandai dengan luka di mulut dan ruam di tangan dan kaki.

Gejala mulai berkembang 3 sampai 6 hari setelah pertama kali terkena infeksi. Masa ini disebut masa inkubasi. Ketika gejala muncul, orang yang terjangkit flu Singapura akan mengalami demam, nafsu makan menurun, sakit tenggorokan, sakit kepala, sifat lekas marahm malaise, lepuh merah yang menyakitkan di mulut, meneteskan air liur, dan ruam merah di tangan dan telapak kaki.

Demam dan sakit tenggorokan biasanya merupakan gejala pertama flu Singapura. Lepuh dan ruam yang khas muncul kemudian, biasanya 1 atau 2 hari setelah demam dimulai. Ruam biasanya terlihat seperti bintik merah datar. Bintik-bintik tersebut bisa lebih sulit dilihat pada warna kulit yang lebih gelap, jadi lebih mudah untuk memeriksa telapak tangan dan bagian bawah kaki di mana kondisinya mungkin lebih terlihat.

Lesi dapat muncul di semua permukaan tangan dan kaki, tetapi ini adalah salah satu dari beberapa kali ruam di telapak tangan dan telapak kaki, itulah sebabnya flu Singapura mudah dikenali. Sebagian besar anak juga akan mengalami luka yang menyakitkan di mulut.

5 dari 7 halaman

Gejala khas flu Singapura

Melansir CDC, berikut gejala khas dari flu Singapura:

Demam dan gejala seperti flu

Anak-anak sering mengalami demam dan gejala mirip flu lainnya tiga sampai enam hari setelah mereka tertular virus. Gejala mungkin termasuk demam, tidak nafsu makan, sakit tenggorokan, dan merasa tidak enak badan. Gejala lain mungkin muncul dalam beberapa hari ke depan.

Sariawan

Satu atau dua hari setelah demam dimulai, anak mungkin mengalami sariawan yang menyakitkan (herpangina). Luka ini biasanya dimulai sebagai bintik merah kecil, seringkali di bagian belakang mulut mereka, yang melepuh dan bisa menjadi menyakitkan.

Ruam kulit

Anak mungkin mengalami ruam kulit di telapak tangan dan telapak kaki. Mungkin juga muncul di lutut, siku, bokong, atau area genital. Ruam biasanya terlihat seperti bintik-bintik merah datar, kadang-kadang dengan lepuh. Cairan dalam lepuh dan keropeng yang terbentuk saat lepuh sembuh mungkin mengandung virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut.

6 dari 7 halaman

Komplikasi flu Singapura

Melansir Mayo Clinic, ruam biasanya terlihat seperti bintik-bintik merah datar, kadang-kadang dengan lepuh. Cairan dalam lepuh dan keropeng yang terbentuk saat lepuh sembuh mungkin mengandung virus yang menyebabkan penyakit tangan, kaki, dan mulut.

Penyakit tangan-kaki-dan-mulut biasanya merupakan penyakit ringan yang hanya menyebabkan demam beberapa hari dan tanda dan gejala yang relatif ringan. Bentuk coxsackievirus yang langka dan terkadang serius dapat melibatkan otak dan menyebabkan komplikasi lain seperti meningitis virus dan radang otak.

Mengutip IDAI, meskipun umumnya menunjukkan gejala yang ringan, namun pada beberapa kasus HFMD dapat menyebabkan komplikasi yang berat. Lesi di daerah mulut dapat menyebabkan kesulitan minum dan makan sehingga anak mengalami dehidrasi. Beberapa laporan menyebutkan kasus HFMD berat seperti meningitis (radang selaput otak) dan ensefalitis yang mengakibatkan pasien harus dirawat intensif atau bahkan mengakibatkan kematian.

7 dari 7 halaman

Cara mencegah flu Singapura

Tidak ada pengobatan khusus untuk flu Singapura. Pengobatan bersifat simptomatik untuk mengatasi keluhan yang ditimbulkannya. Sementara itu, ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah flu Singapura, yaitu dengan menerapkan pola hidup bersih. Berikut cara mencegah flu Singapura:

Mencuci tangan dengan rutin

Mencuci tangan teratur dan menyeluruh, terutama setelah menggunakan toilet atau mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan dan makan penting untuk mencegah penyebaran virus penyebab HFMD. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan tisu tangan atau gel yang mengandung alkohol pembunuh kuman.

Disinfeksi area umum

Biasakan membersihkan area dan permukaan dengan lalu lintas tinggi terlebih dahulu dengan sabun dan air, kemudian dengan larutan pemutih klorin dan air yang diencerkan. Pusat penitipan anak harus mengikuti jadwal pembersihan dan disinfektan yang ketat di semua area umum, termasuk barang-barang bersama seperti mainan, karena virus dapat hidup di benda-benda ini selama berhari-hari. Bersihkan juga dot bayi sesering mungkin.

Ajarkan kebersihan yang baik

Tunjukkan pada anak-anak bagaimana mempraktikkan kebersihan yang baik dan bagaimana menjaga kebersihan diri mereka sendiri. Jelaskan kepada mereka mengapa sebaiknya tidak memasukkan jari, tangan, atau benda lain apa pun ke dalam mulut mereka.

Isolasi orang yang menular

Karena penyakit tangan-kaki-dan-mulut sangat menular, orang-orang dengan penyakit tersebut harus membatasi paparan mereka kepada orang lain saat mereka memiliki tanda dan gejala aktif. Jauhkan anak-anak dengan penyakit tangan-kaki-dan-mulut dari penitipan anak atau sekolah sampai demam hilang dan sariawan sembuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.