Sukses

Greeting artinya dalam Bahasa Indonesia, Penggunaan, dan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Greeting artinya dalam bahasa Indonesia adalah kalimat sapaan. Dalam komunikasi sehari-hari, kalimat sapaan sangat penting perannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Greeting memiliki pembagian tertentu tergantung pada orang yang kamu ajak bicara.

Greeting yang digunakan untuk orang tua atau orang yang dihormati tentunya akan berbeda dengan kata sapaan yang kamu gunakan untuk teman sebaya. Hal ini berkaitan dengan adat-istiadat dan adat kesantunan dalam berkomunikasi. 

Greeting artinya adalah kalimat sapaan. Kamu perlu mengucapkan kalimat sapaan yang tepat untuk setiap orangnya, tergantung pada hubungan kekerabatan, pangkat, dan lain-lain. Bila salah menyebut kata sapaan, hal ini bisa saja menimbulkan masalah untukmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/5/2022) tentang greeting artinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Greeting artinya

Greeting artinya adalah kalimat sapaan. Seperti kalimat sapaan dalam bahasa Indonesia, greeting artinya membahas semua kalimat atau ucapan saat seseorang menyapa orang lain. Contoh greeting seperti Hello!, what’s up, dan lain sebagainya. Kalimat sapaan ini perlu diperhatikan penggunaannya, karena tidak boleh sembarangan menyamakan greeting terhadap teman sebaya dengan orang tua.

Apalagi, greeting artinya dalam bahasa Ingris memiliki penggunaan tertentu walaupun artinya sama saja. Contohnya seperti good night dan good evening yang sama-sama memiliki arti selamat malam, namun keduanya memiliki penggunaan yang berbeda dalam bahasa Inggris.

Greeting artinya kata sapaan yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu greeting formal dan non-formal. Kamu tentunya perlu tahu bahwa greeting formal perlu diterapkan dalam acara formal, seperti dalam rapat, saat presentasi dan lain-lain. Greeting formal juga digunakan untuk menyapa orang yang lebih tua.

Sementara itu, greeting non-formal bisa digunakan saat berkomunikasi dengan teman sebaya dan orang-orang yang sudah lama kamu kenal. Greeting artinya dalam bahasa Inggri dan bahasa Indonesia tidak begitu jauh berbeda dalam penggunaannya.

3 dari 4 halaman

Contoh Formal Greeting

Greeting artinya adalah kalimat sapaan. Beberapa kalimat sapaan atau greeting mungkin sudah kamu pelajari di Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama. Kalimat sapaan seperti good morning, hello, hingga what’s up, tentunya sudah tidak asing kamu dengar dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, walaupun di Indonesia tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kalimat-kalimat tersebut tetap sudah familier di telinga orang-orang Indonesia.

- Good morning/day/afternoon/evening! (Selamat pagi/siang/sore/malam!)

Contoh: Good Morning, Ms. McLaggen! (Selamat pagi, Nyonya McLaggen!)

Formal greeting ini mungkin sudah kamu pahami. Good morning, good afternoon, dan good evening merupakan kata sapaan formal. Kamu tentunya dapat menggunakannya tergantung pada waktunya, yaitu good morning untuk pagi hari, good afternoon untuk sore hari, dan good night atau good evening untuk malam hari.

- How do you do? [Salam kenal] Contoh: How do you do, Mr. Weber? (Salam kenal, Mr. Weber.)

How do you do merupakan salah satu greeting yang sangat formal. Kata sapaan ini biasanya digunakan saat kamu berkenalan dengan orang asing. Untuk menjawab kalimat sapaan ini, kamu bisa membalasnya dengan “how do you do” juga atau “i’m doing well”.

- It is nice to meet you / pleased to meet you. (Senang berkenalan denganmu.)

Contoh: It is nice to meet you, Jess! (Senang berkenalan denganmu, Jess!)

Kalimat sapaan formal berikutnya yaitu nice to meet you atau pleased to meet you. Hal ini tentunya bisa kamu terapkan untuk menunjukkan keramahan saat bertemu dengan orang baru.

4 dari 4 halaman

Contoh Non-Formal Greeting

Greeting artinya kalimat sapaan, berikut contoh non-formal greeting:

- Hello! [halo!]

Contoh: Hello, Theo! How are you? (Halo Theo, apa kabar?)

- Hi/Hey [hai!]

Contoh: Hi Tita, what's up? (Hi Tita, ada apa?)

Dua contoh non-formal greeting tersebut bisa kamu gunakan untuk menyapa teman sebaya. Setelah it, whats up juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu kalimat sapaan yang paling sering digunakan anak muda. Kamu tidak akan sulit menemukan kata sapaan ini di media sosial ataupun dalam kehidupan sehari-hari saat bertemu teman.

- How are you doing

Untuk menjawab sapaan “how are you doing”, kamu cukup katakan ‘good’ atau ‘fine’ saja supaya singkat.

- It’s been a while, long time no see

Terkadang kamu tidak bertemu dengan teman setiap hari. Terlebih jika kamu tinggal di kota yang berbeda dengannya. Kalimat ini bisa kamu gunakan untuk menyapa temanmu dalam kondisi tersebut. 

Contoh kata sapaan di atas bisa kamu gunakan saat bertemu dengan lawan bicara untuk pertama kali. Untuk pertemuan kedua dan seterusnya, ekspresi yang bisa digunakan adalah, sebagai berikut: 

- ‘It is nice to see you again.’ (Senang bertemu dengan kamu lagi.)

Bertemu dengan teman adalah hal yang menyenangkan. Kamu bisa kok gunakan kalmiat “good to see you” sebagai wujud bahwa kamu senang bisa bertemu temanmu itu. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS