Sukses

Wanita Ini Jadi Dokter 3 Tahun Meski Tak Sekolah Kedokteran, Bikin Geleng Kepala

Aksi wanita menyamar jadi dokter yang bikin heboh.

Liputan6.com, Jakarta Cita-cita menjadi dokter memang kerap menjadi dambaan setiap orang, terlebih pada masa kecil mereka. Menjadi dokter bukanlah hal yang mudah, tentu butuh proses panjang. Siapa sangka ada seorang wanita yang menempuh jalur cepat berprofesi sebagai dokter namun ia sama sekali tak pernah sekolah kedokteran. 

Hal ini segera terbongkar dan mencuri perhatian. Dia adalah Sonia, seorang wanita berusia 31 tahun dari Meaux, di Prancis Utara. Latar belakang pendidikan Sonia ialah seorang sarjana lulusan managemen real estate. Namun ia merasa pekerjaan tersebut tak menguntungkan. 

Hingga pada tahun 2018, Sonia nekat menjadi dokter dengan caranya yang tak patut dipuji. Selama 3 tahun ia menjadi dokter umum. Bahkan ia sempat punya pasien langganan yang kerap mendatangi tempatnya praktik. 

Alasan Sonia menyamar jadi dokter ini didasari alasan yang bikin geleng kepala. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari Oddity Central, Senin (11/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dua Spesialis Dokter

Selama hampir 3 tahun Sonia telah menipu banyak pasiennya sebagai dokter umum. Namun siapa sangka, setelahnya Sonia mengangkat dirinya sendiri sebagai dokter spesialis mata. Tak heran berapa banyak pasien yang dirugikan usai memeriksakan kesehatan kepada Sonia.

Usahanya menjadi dokter gadungan ini bermula saat ia memalsukan banyak ijazah dari Fakultas Strasbourg dan sertifikat palsu di dewan Ordo Dokter. Meski berbekal dokumen palsu, herannya tak banyak orang tahu dan menanyakan legalitas Sonia sebagai dokter. 

3 dari 4 halaman

Atas Nama Uang

Kini kedok dokter palsu Sonia segera terbongkar, ibu dari tiga anak ini menjelaskan bahwa dia didorong oleh kebutuhan akan uang. Tak peduli dengan ijazah yang berbeda, Sonia mengaku mempunyai perekonomian yang sulit usai mendapat ijazah management real estate. Hingga ia mencurangi dunia medis dan banyak pasiennya. 

Setelah menggunakan identitas dua dokter, Sonia mampu mendapatkan hampir 70,00 euro dari karier palsunya. Selama tiga setengah tahun bekerja sebagai dokter, Sonia melakukan sekitar 20 vaksinasi melawan Covid19, dan meresepkan berbagai obat, meski tidak tahu apa yang diresepkan.

4 dari 4 halaman

Punya Pelanggan Tetap

Selama 3.5 tahun menjadi dokter, bahkan Sonia punya pelanggan tetap. Meski begitu  banyak yang tak menyadari bahwa Sonia tak punya kredibilitas sebagai dokter. 

France Live melaporkan, Sonia telah dihukum karena tindakan penipuan pada tahun 2019. Dia dijatuhi hukuman tiga tahun penjara, dua di antaranya mewakili masa sulit, tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.