Sukses

Dilaporkan Atas Dugaan Investasi Bodong, Ini 5 Kontroversi Kapten Vincent

Kapten Vincent beberapa kali terseret kontroversi yang membuatnya disorot publik.

Liputan6.com, Jakarta Pilot bernama Kapten Vincent Raditya tentu sudah banyak dikenal masyarakat Tanah Air. Selain dikenal sebagai pilot, ia juga seorang YouTuber yang sering unggah konten dunia penerbangan dengan gaya santai. 

Meski sering berikan informasi di YouTube-nya, pilot yang pernah bekerja di maskapai penerbangan ternama Tanah Air ini beberapa kali terlibat kontroversi. Hal itu membuat namanya ramai jadi perbincangan hangat publik.

Terbaru ia dilaporkan ke Polda Metro Jaya. Pelapor yang diwakili oleh pengacara bernama Irsan Gusfrianto, mengatakan jika kliennya telah merasa tertipu akibat dugaan penipuan berkedok trading bodong melalui platform Oxtrad.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan, jika mantan pilot yang juga berprofesi sebagai YouTuber itu dilaporkan tertanggal 31 Maret 2022, Kamis lalu. Tak hanya kali ini saja, Kapten Vincent beberapa kali sudah terseret kontroversi. 

Berikut ini sederet kontroversi yang menyeret nama Kapten Vincent Raditya yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu (2/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Investasi Bodong

Polda Metro Jaya mulai melakukan penyelidikan awal usai berkas laporan dugaan keterlibatan Vincent Raditya alias Kapten Vincent sebagai affiliator binary option Oxtrade, diterima pihak penyidik.

"Terlapor itu inisial VR selaku terindikasi sebagai afiliator dalam aplikasi Oxtrade yang semacam binary option. Jadi untuk terlapornya ini selaku afiliator ya," kata Irsan Gusfrianto kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/3/2022), dikutip dari Merdeka.

Pengacara pelapor lainnya yang bernama Prisky Riuzo Situru menjelaskan, dugaan penipuan yang dilakukan terlapor adalah dengan unggahannya di sosial media yang menawarkan sebuah keuntungan melalui platform terkait.

Menurut pengakuan kliennya, pihak merugi tidak hanya satu. Masing-masing dari mereka kini sedang bersiap melayangkan laporan senada saat bukti-bukti sudah terkumpul.

3 dari 6 halaman

2. Aksi Zero Gravity

Sebelumnya Kapten Vincent sempat ramai diperbincangkan akibat aksi zero gravity yang berdampak pada kariernya. Sebagai YouTuber, pilot kelahiran 1984 ini beberapa kali mengundang artis terkenal untuk terbang bersamanya.

Salah satunya kala itu Limbad yang menjadi bintang tamunya. Bersama sang mentalist, ia melakukan zero gravity yang dinilai berbahaya. Atas aksinya tersebut, Kapten Vincent dipanggil oleh Kementerian Perhubungan dan lisensi terbang pesawat single engine-nya dicabut.

4 dari 6 halaman

3. Berseteru dengan Deddy Corbuzier

Masih buntut dari kontroversi zero gravity, Kapten Vincent juga sempat berseteru dengan Deddy Corbuzier. Ayah Azka ini membahas bahaya yang dilakukan sang pilot yakni melakukan zero gravity dalam salah satu videonya.

Kala itu Deddy berkolaborasi dengan konten creator Cameo Project. Dalam video yang diberi judul "POV - Jangan Main Main Dengan Zero Gravity", keduanya mewawancarai Inspektur Operasi Penerbangan, Captain Renato dari DKPPU (Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara).

Dari video itu Deddy pun dianggap menjadi orang yang menyebabkan izin terbang Captain Vincent dicabut. Namun lewat Instagram, Vincent Raditya menyebut jika hubungan keduanya sudah baik-baik saja.

5 dari 6 halaman

4. Buat Konten di Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya SJ-182

Lalu Kapten Vincent juga pernah viral karena membuat konten di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya SJ-182 pada Januari 2021 lalu. Pilot yang berkarier sejak 2010 itu dinilai tidak sensitif. Bahkan artis sekaligus aktivis Melanie Subono sempat terang-terangan mengkritik aksi tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Menuduh Istri Selingkuh

Bukan hanya soal karier dan konten YouTube-nya, Kapten Vincent juga pernah jadi sorotan soal rumah tangganya. Ia dan mantan istri,  Novita Condro, ramai saling sindir di media sosial. 

Kapten Vincent menuduh jika sang istri berselingkuh. Sementara Novita menyebut jika mantan suaminya itu adalah sosok yang kasar. Perseteruan itu kemudian membuka kabar bahwa Vincent sudah memiliki istri saat berhubungan dengan Novita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.