Sukses

15 Ciri-Ciri Seorang Wirausaha, Beserta Pengertian dan Faktor Kegagalannya

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri seorang wirausaha yang sukses umumnya jarang diketahui oleh orang sekitar bahkan diri sendiri. Wirausaha adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya.

Dengan mengetahui ciri-ciri seorang wirausaha bisa membantu mengenali bakat wirausaha seseorang. Menjadi seorang wirausaha membutuhkan keterampilan khusus. Keterampilan ini bisa mulai dilihat dari ciri-ciri seorang wirausaha. 

Seorang wirausaha dituntun memiliki sifat kreatif, inovatif, percaya diri, dan berani mengambil risiko. Jika ke depan anda ingin menjadi seorang wirausaha yang sukses, maka perhatikan bagaimana seorang wirausaha bertindak sebagai bekal bagi anda untuk mewujudkan impian.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian wirausaha menurut para ahli, ciri-ciri seorang wirausaha dan faktor kegagalannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (17/1/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Berikut ini sejumlah pendapat dari para ahli mengenai pengertian wirausaha, yaitu:

Joseph Schumpeter

Wirausaha ialah seseorang yang mendapatkan kesempatan dan mampu membuat kesempatan tersebut menjadi suatu usaha yang menghasilkan.

Arif F. Hadipranata

Wirausaha adalah sosok orang yang berani mengambil risiko dari semua kegiatan usaha yang dilakukan.

Kasmir

Wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai keberanian dalam mengambil risiko dari sebuah peluang usaha yang ada dengan harapan ia mampu mendapat sebuah pelajaran baru dari peluang yang ia ambil tersebut.

Thomas W. Zimmerer

Wirausaha merupakan penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan berbagai macam permasalahan serta mampu memanfaatkannya menjadi sebuah.

3 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausaha

Ada 15 ciri-ciri seorang wirausaha yang sukses, antara lain:

1. Energi Tingkat Tinggi

Memiliki energi tingkat tinggi merupakan ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses. Semangat dan kerja keras untuk mewujudkan keinginanya demi masa depan yang lebih baik. Gairah bertindak sebagai kekuatan pendorong, yang dengannya, wirausaha muda termotivasi untuk berusaha menjadi lebih baik.

2. Bertahan di Masa-Masa Sulit

Tak dipungkiri setiap orang pasti memiliki masa-masa sulit. Tapi, yang membedakan ciri-ciri seorang wirausahawan yang sukses dan gagal adalah kemampuannya bertahan dan membalik keadaan menjadi lebih baik. Mereka yang berkarakter kuat akan terus berjalan dan pantang menyerah dengan keadaan. Di samping itu, ketika melihat orang lain membutuhkan bantuan, mereka tak segan untuk menolong sesama. Rasa peduli yang besar begitu tertanam dalam diri orang berkarakter kuat.

3. Memiliki Jiwa Pemimpin

Ciri-ciri seorang wirausaha adalah dia memiliki jiwa pemimpin. Sebab, wirausahawan tentu akan jadi pemimpin dalam perusahaannya. Pemimpin hendaknya berjiwa ksatria, adil, bertanggung jawab, cerdas serta memiliki sikap terpuji lainnya. Ciri-ciri seorang wirausaha ini membuat pekerja di perusahaan tidak mengeluh, betah bekerja, hingga kinerjanya dapat meningkat.

4. Sifat Kemandirian

Memiliki sifat kemandirian merupakan ciri-ciri seorang wirausaha. Tidak ragu untuk selalu mengembalikan perbuatannya sebagai tanggung jawab pribadi. Keberhasilan dan kegagalan merupakan konsekuensi pribadi wirausaha. Dalam hal ini, seorang wirausaha bertindak dapat mengambil keputusan dan memiliki berbagai kegiatan dalam mencapai tujuan.

5. Bisa Dipercaya

Ciri-ciri seorang wirausaha lainnya adalah mampu memegang kepercayaan yang diberikan orang lain. Orang berkarakter kuat akan membalas kepercayaan itu dengan perlakuan maksimal. Ia tak akan menodai kepercayaan dari orang.

 

 

4 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausaha

6. Selalu Berpikir Positif

Ciri-ciri seorang wirausaha selanjutnya adalah memiliki cara pikir yang positif, terutama dalam mengambil sebuah tindakan atau langkah yang akan dilakukan. Berpikir positif menjadikan seorang wirausahawan akan memiliki rasa optimis agar mampu berkembang dan maju. Pola pikir yang menjadi ciri-ciri seorang wirausaha ini bisa mengusir rasa takut karena gagal yang biasanya sering menghantui seorang wirausaha untuk menjalankan usahanya.

7. Memiliki Orientasi Pada Hasil

Ciri-ciri seorang wirausaha lainnya adalah memiliki orientasi pada hasil. Memiliki orientasi pada hasil, setiap wirausaha dapat melakukan pekerjaan yang baik untuk membangun usahanya. Setiap wirausaha harus dapat mengatasi beragam rintangan dari dalam diri sendiri, seperti malas dan mudah menyerah.

8. Memiliki Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah ciri-ciri seorang wirausaha. Sikap percaya diri ini yang membuat seorang wirausaha lebih yakin dengan pekerjaannya sehingga seorang wirausaha bisa menikmati serta menghadapi pekerjaan dengan tenang.

9. Berani Menghadapi Risiko

Ciri-ciri seorang wirausaha adalah selalu merasa berani menghadapi risiko. Berbagai risiko yang ada di depan kelak, harus dihadapi wirausaha. Sebab akan banyak sekali risiko kerugian, kegagalan, penipuan, serta resiko lainnya yang bisa menghambat kemajuan suatu usaha. Risiko tersebut hendaknya dihadapi dengan tenang sehingga nantinya tak mudah gegabah dalam mengambil keputusan. Semakin tinggi risiko yang dihadapi maka semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

10. Kreatif, Inovatif, dan Memiliki Ide yang Orisinil

Ciri-ciri seorang wirausaha adalah memiliki jiwa kreatif, inovatif, dan memiiliki ide yang orisinil. Seorang wirausaha harus memiliki sikap kreatif, yaitu kemampuan menciptakan gagasan dan menemukan cara baru dalam melihat permasalahan dan peluang yang ada. Pengusaha biasanya memiliki kemampuan untuk menjabarkan banyak ide dan menindaklanjutinya. Kreativitas yang menjadi ciri-ciri seorang wirausaha ini membantu dalam menghasilkan solusi baru, untuk masalah yang dihadapi dan memungkinkan seseorang untuk memikirkan solusi yang out of the box. Dengan kata lain, seorang wirausaha dapat melihat peluang yang ada, memanfaatkan peluang tersebut menjadi ide yang baru, dan menuangkan imajinasinya untuk menghasilkan ide yang beda dari yang lain.

5 dari 6 halaman

Ciri-Ciri Seorang Wirausaha

11. Orientasi ke Depan

Memiliki orientasi ke depan dengan penuh keyakinan adalah ciri-ciri seorang wirausaha. Hal ini tak lain karena wirausaha adalah suatu profesi yang memiliki orientasi masa depan dan perlu perencanaan yang baik untuk membangun usaha. Maka tidak heran, apabila seorang pengusaha perlu memiliki kehidupan wawasan yang luas untuk menghadapi rintangan di masa yang akan datang.

12. Keahlian dalam Berorganisasi

Keahlian dalam berorganisasi yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah. Keahlian organisasi adalah senjata yang digunakan seorang wirausaha untuk menjalankan bisnisnya. Keterampilan sosial juga diperlukan untuk menjadi wirausaha yang baik. Secara keseluruhan, ini membentuk kualitas yang diperlukan agar wirausaha berfungsi.

13. Memanfaatkan Kegagalan

Ciri-ciri seorang wirausaha yang berikutnya adalah tak pernah menyerah pada kegagalan. Baginya, kegagalan merupakan salah satu pembelajaran untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Kegagalan menjadi sebuah evaluasi untuk tak mengulangi kesalahan yang sama. Orang sukses tak pernah menyalahkan kegagalan yang dialaminya pada orang lain. Meskipun sebenarnya ada andil dari orang lain yang berdampak pada kegagalan, ciri-ciri seorang wirausaha akan tetap menghormati orang tersebut. Mereka paham bahwa tak ada yang sempurna dalam mengambil keputusan. Menjaga sikap untuk tetap sopan adalah pilihan tepat dari orang sukses.

14. Berpendirian Kuat

Ciri-ciri seorang wirausaha selalu punya pendirian yang kuat dalam situasi apa pun. Mereka tak akan mudah goyah dalam keadaan terimpit sekalipun. Ciri-ciri seorang wirausaha pun menyadari bahwa dirinya adalah warga negara yang baik. Ia tak pernah melanggar aturan dan selalu menghormati peraturan yang berlaku. Ciri-ciri seorang wirausaha percaya dan menghormati peraturan yang ada adalah penuntun kesuksesannya.

15. Memiliki Tanggung Jawab

Ide, perilaku, dan implementasi dari aktivitas yang dijalankna seorang wirausah tidak terlepas dari tuntutan dan tanggung jawab. Oleh karena itu, komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab.

6 dari 6 halaman

Faktor Kegagalan dalam Wirausaha

Menurut Zimmerer, ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya, yaitu:

1. Tidak kompeten atau tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan mengelola usaha merupakan faktor penyebab utama yang membuat perusahaan kurang berhasil.

2. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan mengkoordinasikan, keterampilan mengelola sumber daya manusia, maupun kemampuan mengintegrasikan operasi perusahaan.

3. Manajemen keuangan kurang tertata. Supaya perusahaan dapat berhasil dengan baik, faktor yang paling utama dalam keuangan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat. Kekeliruan memelihara aliran kas menyebabkan operasional perusahan dan mengakibatkan perusahaan tidak lancar.

4. Perencanaan yang kurang matang. Perencanaan merupakan titik awal dari suatu kegiatan, sekali gagal dalam perencanaan maka akan mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.

5. Lokasi yang kurang memadai. Lokasi usaha yang strategis merupakan faktor yang menentukan keberhasilan usaha. Lokasi yang tidak strategis dapat mengakibatkan perusahaan sukar beroperasi karena kurang efisien.

6. Kurangnya pengawasan peralatan. Pengawasan erat berhubungan dengan efisiensi dan efektivitas. Kurang pengawasan mengakibatkan penggunaan alat tidak efisien dan tidak efektif.

7. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dilakukan menjadi labil dan gagal. Dengan sikap setengah hati, kemungkinan gagal menjadi besar.

8. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan atau transisi kewirausahaan. Wirausaha yang kurang siap menghadapi dan melakukan perubahan, tidak akan menjadi wirausaha yang berhasil. Keberhasilan dalam berwirausaha hanya bisa diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS