Sukses

Arti Noob dan Istilah Lainnya yang Sering Dipakai Gamers, Jangan Sampai Salah

Arti noob berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memainkan suatu game.

Liputan6.com, Jakarta Arti noob mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pemain game online. Namun, istilah tersebut mungkin masih belum dipahami oleh orang-orang yang jarang bermain game. Walaupun, istilah tersebut juga terkadang dipakai tidak hanya di dunia game saja. 

Noob merupakan istilah yang memang sering kali digunakan dalam percakapan di dunia game. Istilah ini merupakan satu di antara banyak istilah yang sering kali dipakai para gamer. Tentunya para gamer juga mengenal istilah imba, GB, AFK, Buff, bug, dan lain sebagainya.

Arti noob berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memainkan suatu game. Biasanya, saat kamu bermain game tidak jarang keluar kata-kata ini, apalagi jika kamu sedang kalah atau ada seorang anggota tim yang bermain tidak sesuai keinginan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/12/2021) tentang arti noob.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Noob

Seperti yang telah dsiebutkan sebelumnya, arti noob berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam bermain game. Dalam hal ini, arti noob adalah seseorang yang tidak begitu mahir dalam bermain. Akibatnya, orang-orang yang bermain dengannya melemparkan kata noob ini, karena ia bermain buruk dalam sebuah permainan.

Arti noob berasal dari kata newbie, yang berarti pemula. Namun, di dalam dunia game, arti noob bukan terbatas untuk pemula saja. Arti noob lebih merujuk pada seseorang yang bermain buruk dalam sebuah game, sehingga “dikatain” oleh lawan maupun kawan. Walaupun istilah newbie merujuk pada pemula, arti noob tidak terbatas untuk pemula saja, namun orang-orang yang bermain buruk pada sebuah permainan dianggan sebagai noob atau main layaknya seorang pemula.

3 dari 4 halaman

Istilah-Istilah yang Sering Dipakai Gamers

Selain arti noob, kamu juga perlu memahami istilah-istilah lainnya yang sering dipakai gamers, yaitu:

- Imba. Imba berasal dari kata Imbalance yang artinya adalah tanpa tandingan. Kata ini sering kali diucapkan untuk memberikan pujian pada seorang gamer. Pujian yang diberikan pun dalam konteks tertentu, mulai dari skill, item yang didapatkan, kekompakan tim dan masih banyak yang lainnya.

- Push. Hampir sama seperti bahasa Indonesianya, push berarti mendorong. Di dalam game, push bisa berarti segala kegiatan yang mendorong menuju objektif dalam game. Misalnya, melakukan push untuk menghancurkan tower lawan atau mendorong creep untuk maju. 

- Buff. Buff adalah peningkatan status atau pemberian efek tertentu yang bisa menguntungkan player. Pada beberapa game, buff juga berarti perubahan dalam sebuah permainan yang menambah kekuatan untuk menstabilkan suatu game.

- Nerf. Nerf adalah penyesuaian yang mana mengurangi kemampuan dan fungsi dari suatu item atau karakter dalam sebuah game. Sama seperti buff, nerf juga diperlukan untuk menyeimbangkan sebuah game.  

- AFK. AFK adalah away from keyboard yang artinya meninggalkan ke keyboard. Istilah AFK ini dahulu digunakan digunakan saat chattingan dengan orang lain di internet. Sekarang istilah AFK populer pada game online, seperti Mobile Legends, dan game-game lainnya.

- DC. DC adalah singkatan dari Disconnect, yaitu terputus dari permainan. Entah karena gangguan jaringan ataupun sengaja menutup game.

- Lag. Permasalahan dalam permainan yang berkaitan dengan koneksi. Istilah ini sering menjadi kambing hitam ketika mengalami kekalahan.

- GB. GB adalah singkatan dari guide beginner, yaitu istilah yang digunakan untuk meminta bantuan menaikkan level pada gamer yang lebih kuat. Biasanya, GB digunakan oleh dua gamer atau lebih sebagai strategi untuk melawan monster.

- Spawn. Spawn atau yang sering disebut juga sebagai respawn adalah proses kemunculan yang bisa terjadi berulang-ulang. Objek yang bisa melakukan spawn atau respawn biasanya adalah karakter yang sudah mati kemudian hidup kembali. Bisa juga berupa benda/monster yang sulit untuk dihancurkan.

- Cooldown. Ketika bermain game seringkali ketika ingin mengeluarkan skill atau item terdapat jeda untuk menggunakannya. Nah, ini yang disebut dengan cooldown atau sering disingkat menjadi CD.

- Loot. Istilah loot biasa digunakan ketika kamu menemukan senjata atau perlengkapan lain di mayat lawan yang telah kamu habisi ataupun di lokasi lain. Sering digunakan pada game PUBG.

- GG. Singkatan dari Good Game. Kata ini sering diucapkan ketika permainan berakhir, terutama jika meraih kemenangan.

- GGWP. Ini artinya kamu sedang dipuji. GGWP adalah singkatan dari Good Game, Well Played. Kalimat ini biasanya diucapkan sebagai bentuk apresiasi atas kerjasama yang telah dilakukan.

- Savage. Istilah yang sering disebutkan ketika pemain berhasil mengalahkan lawan dengan trik yang tidak biasa.

- Hode. Istilah ini merujuk kepada pemain laki-laki yang mengaku sebagai perempuan di game.

4 dari 4 halaman

Istilah-Istilah yang Sering Dipakai Gamers

- Party. Dalam gaming, party merupakan istilah yang digunakan untuk mengajak gamer lainnya masuk satu grup dengan tujuan yang sama.

- Ganking. Ganking merujuk pada kondisi ketika pemain melakukan strategi tertentu untuk menyerang lawan bersama-sama. Serangan ini biasanya memang dilakukan oleh lebih dari satu pemain dan dilaksanakan secara terencana.

- Roaming. Roaming berarti menjelajah atau berkeliaran. Dalam game, roaming adalah situasi ketika seorang player berjalan atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Fungsi dari roaming adalah untuk mengetahui pergerakan lawan, membuka map, atau membantu teman.

- Farming. Pada permainan tertentu, player diharuskan mengumpulkan resources baik berupa item, gold, exp, level, dan lain-lain. Dalam game, farming memiliki arti seorang player mengumpulkan resource tersebut dengan berbagai cara. Misalnya, membunuh monster atau mengeliminasi lawan.  

- Camping. Camping adalah istilah yang digunakan untuk menjaga suatu titik lokasi di map untuk menghadang musuh yang akan melewati area tersebut. Camping sering kali digunakan oleh gamer FPS seperti Counter Strike yang berbekal granat atau senjata.

- Grinding. Istilah ini menjelaskan aksi gamer yang lebih memilih menyelesaikan side quest dari pada main quest. Grinding biasanya dimanfaatkan untuk meningkatkan level dan memperkuat karakter serta skill untuk menyelesaikan sebuah permainan.

- Leveling. Suatu kondisi di mana kamu sedang berusaha menaikkan level karaktermu sampai batas tertentu. Biasanya dengan mengalahkan musuh-musuh yang berlevel rendah sebelum menghadapi musuh berlevel tinggi.

- Bait. Dalam bahasa Indonesia, bait memiliki arti sebagai umpan. Pada game sendiri, bait berarti memancing atau menjadikan diri sebagai umpan supaya lawan keluar dan bisa terlihat dalam map.  

- META. Istilah META sering dijumpai terutama pada game dengan aliran MOBA. META sendiri ternyata merupakan singkatan dari Most Effective Tactic Available. Jadi, META adalah metode, taktik, atau teknik paling efektif yang bisa digunakan untuk mencapai suatu objektif dalam permainan. 

- HP. Istilah Hp sering kali muncul jika kamu main game RPG dan MMO. HP yang dimaksud di sini adalah Health Point atau Hit Points yang menjelaskan kondisi nyawa dalam permainan. Jika HP 0 berarti kamu bakalan game over.

- Ulti. Jurus pamungkas yang baru bisa dikeluarkan ketika mengumpulkan energi hingga ke taraf tertentu.

- Spam. Menggunakan jurus yang sama berulang-ulang hingga lawan merasa malas menghadapi kita.

- FPS. FPS (atau singkatan dari First-Person Shooter) adalah game online yang biasanya erat kaitannya dengan senapan atau senjata api. Dalam permainan ini, biasanya pemain akan mengambil sudut pandang orang pertama, dan harus mengalahkan tim lawan dengan menggunakan senjata api. Contoh game FPS adalah Call of Duty (COD), Free Fire, PUBG dan lain sebagainya.

- MMORPG. MMORPG (atau singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah game online dengan banyak pemain dalam saat yang sama melalui sebuah permainan bermain peran (RPG). Contoh dari game MMORPG yang terkenal adalah World of Warcraft (WOW), Ragnarok Online, dan Final Fantasy XIV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.