Sukses

11 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Secara Alami dan Cepat, Bisa Diterapkan di Rumah

Cara menghilangkan kutu kucing dapat dilakukan dengan perawatan rumahan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kutu kucing tentunya sangat penting diketahui para pencinta kucing. Ctenocephalides feils atau kutu kucing ini merupakan parasit yang bisa melompat dari satu kucing ke kucing lainnya. Selain pada kucing, kutu ini juga bisa hidup pada bulu anjing.

Adanya kutu kucing biasanya ditandai dengan kucing seringnya menggaruk, menggigit kulit, menjilat, dan tampak gelisah. Kutu kucing ini biasanya disebabkan oleh lingkungan yang kotor, kontak dengan kucing lain yang kutuan, atau ketidakmampuan kucing membersihkan dirinya. 

Cara menghilangkan kutu kucing dapat dilakukan dengan perawatan rumahan. Penggunan produk khusus dan bahan rumahan saja sudah bisa mengusir kutu pada kucing kesayanganmu. Apalagi, kutu kucing bisa berbahaya untuk kesehatan kucingmu.

Kutu kucing tak hanya menimbulkan gatal dan masalah kulit pada kucing. Kutu bisa menyebabkan anemia karena kutu bisa mengisap darah kucing. Selain itu, kutu juga bisa membawa parasit lain seperti cacing pita. Larva atau telur cacing pita ini bisa berkembang pada kucing dan menimbulkan masalah yang lebih serius. Parasit lain yang bisa dibawa kutu adalah tifus dan PES.

Bahkan, kutu kucing juga bisa berpotensi melompat dan menggigit manusia. Manusia yang tergigit kutu kucing bisa merasakan gejala alergi seperti gatal, ruam, dan bengkak. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui bagaimana cara menghilangkan kutu kucing. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/12/2021) tentang cara menghilangkan kutu kucing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Isolasi kucing

Cara menghilangkan kutu kucing yang pertama adalah segera mengisolasinya dari kucing atau peliharaan lain. Kamu bisa menaruhnya di kandang atau ruangan khusus. Mengisolasi kucing yang kutuan bisa membantu mencegah penularan kutu pada peliharaan lain. Ini juga bisa membuat perawatan lebih mudah dan cepat.

Cuci kandang kucing

Selanjutnya, kamu harus mencuci kandang kucing atau tempat ia sering tidur dan beristirahat. Cara menghilangkan kutu kucing ini harus dilakukan dengan air panas dan dicampur dengan cuka agar telur kutu hilang sepenuhnya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebersihan tempat tinggalmu agar telur kutu yang bertebaran di rumah bisa menghilang.

Beri obat kutu

Cara menghilangkat kutu kucing berikutnya adalah memberikannya obat kutu. Obat kutu kucing biasanya berbentuk cairan spray atau bedak. Semprotkan obat kutu di sekujur tubuh kucing. Pastikan kamu memilih obat kutu yang aman untuk kucing karena kucing bisa menjilat bulunya setelah diberi obat kutu.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Rutin menyisir

Saat kucing kutuan, cobalah untuk menyisir bulu kucing secara rutin. Pilihlah sisir kutu khusus yang memiliki gigi halus dan rapat. Cara menghilangkan kutu kucing ini dapat membantu memisahkan kutu dari bulu kucing. Menyisir bulu kucing juga bisa membantu mengangkat telur kutu yang menempel pada bulu kucing.

Beri sampo khusus

Cara menghilangkan kutu kucing yang paling ampuh adalah memandikannya dengan sampo khusus. Sampo khusus kucing bisa dengan mudah ditemukan di pet shop atau klinik dokter hewan. Memandikan kucing bisa membantu membersihkan kulit dan bulu kucing dari kutu dan telur-telurnya. Mandikan kucing dengan air hangat dan segera keringkan kucing setelah dimandikan.

Minyak telon

Kamu juga bisa menggunakan minyak telon sebagai cara menghilangkan kutu kucing. Kandungan minyak atsiri dalam minyak telon bisa membunuh parasit yang ada di tubuh kucing. Oleskan sedikit minyak telon pada area yang sering didiami kutu seperti di perut atau leher.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Bahan Alami

Minyak zaitun

Cara menghilnangkan kutu kucing dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan minyak zaitun. Aplikasikan minyak zaitun pada bulu kucing, biarkan zaitun menembus bulu dan kulit kucing selama 15 menit. Saat minyak menembus rambut, kutu akan terlepas. Setelah itu, kamu bisa memandikan kucing dengan sampo biasa dan mengeringkannya. Minyak zaitun juga mampu mengatasi peradangan atau luka akibat gigitan kutu kucing.

Air lemon

Cara menghilangkan kutu kucing selanjutnya adalah dengan merawat kulit dan bulu kucing dengan larutan air lemon. Rebus air dengan satu atau dua potong lemon. Dinginkan air lemon selama beberapa jam. Kemudian, saring semua partikel lemon dari campuran dan tuangkan ke dalam botol semprot. Semprotkan pada kulit dan bulu kucing, pastikan untuk benar-benar membasahi semua bulu. Berhati-hatilah air lemon tidak mengenai mata kucing.

Air garam

Air garam juga bisa menjadi cara alternatif membunuh kutu pada kucing. Larutan air garam juga mampu meluruhkan telur dan larva kutu yang ada pada kucing. Caranya cukup buat larutan garam, lalu gunakan larutan untuk memandikan kucing. Namun, hindari cara ini jika kucing memiliki iritasi atau luka pada kulitnya.

Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur sebagai cara menghilangkan kutu kucing. Sifat asam dalam cuka apel mampu membunuh kutu yang ada pada bulu kucing. Buat larutan cuka apel dan air dengan skala 1:2. Misalnya jika menggunakan satu sendok teh cuka apel, gunakan dua sendok teh air untuk melarutkannya. Masukkan pada botol semprot, dan semprotkan larutan cuka apel pada tubuh kucing.

Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu mengatasi luka dan peradangan yang disebabkan oleh kutu. Kamu bisa menggunakan lidah buaya segar, mengambil bagian gelnya dan mengoleskannya pada bulu kucing. Gel lidah buaya juga bisa dicairkan dan dijadikan semprotan untuk menghilangkan kutu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini