Sukses

Varian Omicron Ditemukan di Indonesia, Menkes Ingatkan Masyarakat Tetap Patuh Prokes

Dengan ditemukannya varian Omicron di RI, Menteri Kesehatan mengimbau agar masyarakat berhati-hati dan sementara tidak liburan ke luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Varian Omicron Covid-19 dilaporkan telah terdeteksi masuk ke Tanah Air. Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin melaporkan kasus COVID-19 varian Omicron pertama di Indonesia ini terdeteksi pada petugas kebersihan di Wisma Atlet yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri.

"Saya ingin menginformasikan informasi terbaru. Kemenkes semalam mendeteksi ada seorang pasien N terkonfirmasi Omicron pada 15 Desember 2021," kata Budi dalam konferensi pers Kamis, 16 Desember 2021.

Dengan ditemukannya varian Omicron di Tanah Air, Budi mengimbau agar masyarakat berhati-hati. Untuk sementara tidak liburan ke luar negeri.

“Patuhi protokol kesehatan, patuhi surveilans, lakukan vaksinasi lebih cepat lagi, dan tidak usah ke luar negeri. Mari kita rayakan liburan di dalam negeri,” ucapnya.

Pemerintah juga langsung mengisolasi RS Wisma Atlet Kemayoran hingga 7 hari ke depan mengantisipasi penularan varian Omicron.

Keputusan ini diambil berdasarkan rapat koordinasi dengan Menko Marinves, Menteri Kesehatan, TNI, dan Satgas Penanganan COVID-19, yang dilanjutkan dengan rapat teknis dengan kementerian lembaga terkait pada Kamis (16/12)

"Perkembangan situasi terakhir menjadikan pemerintah harus bertindak cepat mencegah terjadinya transmisi lokal virus varian Omicron. Isolasi RSDC adalah langkah yang diharapkan efektif untuk tujuan tersebut," tutur Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Suharyanto dalam keterangan di Jakarta, Kamis malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini