Sukses

Pengertian Software Komputer, Jenis, dan Fungsinya yang Penting Diketahui

Pengertian software tentunya sangat penting dikenali oleh setiap pengguna komputer.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian software tentunya sangat penting dikenali oleh setiap pengguna komputer. Pasalnya, software adalah salah satu perangkat komputer yang memiliki peran sangat penting. Kamu tidak dapat menggunakan fungsi komputer dengan maksimal bila tidak ada software.

Software atau perangkat lunak memang tidak terlihat secara fisik, namun fungsinya sangat penting sebagai penggerak perangkat keras. Seperti yang diketahui, perangkat keras atau hardware merupakan komponen komputer yang terlihat secara fisik. 

Pengertian software atau perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital dengan fungsi tertentu. Kamu bisa lebih memahaminya dengan mengenali fungsi dan jenis-jenis perangkat lunak ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/12/2021) tentang pengertian software.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Software

Pengertian software tentunya sangat penting dipahami para pengguna komputer. Apalagi, sekarang ini teknologi komputer sudah digunakan di berbagai macam bidang kehidupan. Memahami pengertian software dan hardware juga menjadi penting karena merupakan dua komponen penting dari komputer. Software atau perangkat lunak memang tidak memiliki bentuk fisik, namun perangkat lunak ini merupakan program yang berguna untuk menjalankan perintah atau intruksi pada komputer.

Pengertian software sering kali dipahami sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras, atau yang biasa disebut dengan hardware. Pengertian software dalam hal ini berguna sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin, dan mengidentifikasi program sehingga mampu diterima oleh hardware. 

Sementara itu, hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau berbentuk nyata. Hardware berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi seperti komputer, mouse, keyboard, dan lain-lain. Pengertian software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital, yang memiliki fungsi tertentu.

Seorang programmer atau pemrogram komputer akan membuat bahasa pemrograman untuk membuat sebuah software. Kemudian, perangkat tersebut dikompilasikan dengan aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa dikenali oleh hardware, yang dalam hal ini adalah Personal Computer. Perangkat lunak tersebut disebut juga dengan Sistem Operasi, yang merupakan nyawa dari komputer itu sendiri. Tanpa menginstall sistem operasi, komputer tidak dapat dijalankan. Jadi, apa itu software juga dapat dimaknai sebagai suatu perangkat yang dapat membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien, terutama saat menggunakan komputer.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Software

Selain pengertian software, kamu juga perlu mengenali jenis-jenisnya. Jenis-jenis software atau perangkat lunak komputer dibagi menjadi 4 jenis menurut fungsinya. Sebagai program yang berisi instruksi yang akan menjalankan perintah untuk melakukan pengolahan data, berikut jenis-jenis software yang perlu kamu ketahui:

- Sistem Operasi. Sistem operasi atau operating sistem (OS) adalah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk mengendalikan semua komponen yang terdapat pada mesin komputer. Contoh sistem operasi adalah Windows, sebagai sistem operasi yang umum digunakan.

- Software Aplikasi. Software aplikasi adalah suatu program yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada bidang tertentu. Contoh program aplikasi yang sering digunakan pada komputer yaitu Microsoft Office hingga Adobe Photoshop.

- Software Pembantu. Software bantu adalah suatu program untuk membantu sistem operasi. Contoh dari jenis software satu ini adalah perangkat lunak keamanan, seperti AVAST Antivirus, Kaspersky, hingga Smadav. Fungsinya untuk melindungi komputer dari berbagai macam serangan program perusak seperti malware, spyware, adware, trojan dan lain sebagainya.

- Software atau Program Perusak. Software atau program perusak ini mungkin lebih terkenal dengan sebutan malware. Malware adalah program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau sistem operasi. Contohnya adalah virus, progam yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri, memanipulasi data, menginveksi, serta mengubah dan merusak progam lain.

4 dari 5 halaman

Fungsi Software

Setelah memahami pengertian software atau perangkat lunak, kamu juga perlu mengetahui fungsi-fungsinya. Fungsi software memang sangat penting dalam menjalankan sebuah sistem komputer. Berikut fungsi komputer yang perlu kamu pahami:

1. Fungsi software yang paling mendasar adalah mendeteksi perangkat keras atau hardware pada komputer, sehingga komputer yang digunakan dapat bekerja dengan baik sesuai pekerjaan yang dilakukan.

2. Fungsi software komputer selanjutnya adalah sebagai media untuk menghubungkan beberapa software lainnya dengan perangkat keras komputer.

3. Fungsi software juga berperan sebagai pengidentifikasi program dan penerjemah software-software lainya agar dapat berkerja sama. Dengan begitu, hardware pada komputer dapat mengerti dan menerima perintah dengan baik.

4. Fungsi software lainnya adalah dapat digunakan dalam mengidentifikasi sebuah program di dalam komputer.

5 dari 5 halaman

Contoh Software yang Sering Digunakan

Pengertian software mungkin sedikit banyak sudah kamu pahami dengan berbagai penjelasan sebelumnya. Untuk lebih memahaminya, kamu bisa mengenali beberapa contoh software yang sering digunakan, yaitu:

- Microsoft Word. Microsoft Word adalah software yang bisa digunakan untuk mengetik dan mengedit sebuah dokumen dalam tampilan kertas. Microsoft Word disebut juga dengan software pengolah kata.

- Microsoft Excel. Microsoft Escel merupakan perangkat yang digunakan untuk mengedit serta membuat sebuah dokumen dengan tampilan kolom. Microsoft Excel disebut juga dengan software pengolah angka.

- Microsoft Powerpoint. Microsoft Powerpoint adalah software yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Kamu bisa menggunakannya untuk mengedit foto, membuat video, dan lain sebagainya.

- Mozilla Firefox. Mozilla Firfox adalah sebuah software yang berguna untuk mencari informasi dalam situs internet atau web lintas platform bebas dengan sumber terbuka.

- Software Pengolah Gambar. Kamu bisa membuat, mengolah, dan melakukan penyuntingan pada gambar dengan software ini. Perangkat ini adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Freehand, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.