Sukses

15 Jenis Sayuran Hijau yang Baik untuk Kesehatan, Penuh Kandungan Nutrisi

Jenis sayuran hijau ini perlu kamu konsumsi setiap hari secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Jenis sayuran hijau yang bermanfaat untuk kesehatan perlu kamu perhatikan. Pasalnya, berbagai sayuran tersebut memiliki kandungan dan tentunya manfaat yang berbeda-beda untuk kesehatan tubuh setiap orang.  

Sayuran-sayuran ini tentunya perlu dikonsumsi untuk asupan harian agar tubuh senantiasa sehat dan bugar. Sayur-sayuran hijau ini biasanya mengandung nutrisi, seperti serat, vitamin, mineral, hingga senyawa nabati.

Berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya membuat sayuran hijau bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu, jenis sayuran hijau ini perlu kamu konsumsi setiap hari secara rutin. Apalagi, sayur-sayuran tersebut biasanya bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai menu makanan sehari-hari untuk menunjang kesehatan kamu dan keluarga. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (17/11/2021) tentang jenis sayuran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jenis Sayuran

Bayam

Jenis sayuran hijau pertama adalah bayam. Sayuran yang sangat mudah ditemukan dan mudah dibuat menjadi aneka masakan ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bayam terkenal memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Selain itu, bayam juga merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk darah. Bayam juga memiliki kandungan lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, bayam juga memiliki beraneka macam vitamin seperti A, C, K, dan juga folat.

Kale

Jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah Kale. Mengandung nutrisi lengkap mulai dari vitamin A, C, dan K, serta kalsium, kalium, dan folat, membuat kale menjadi sayuran favorit untuk menjaga kesehatan dan juga diet. Mengonsumsi kale dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Asparagus

Jenis sayuran berikutnya adalah asparagus. Asparagus memiliki berbagai nutrisi yang istimewa dengan kalori yang sangat rendah. Berbagai kandungan nutrisi dalam asparagus yaitu protein, serat, lemak, folat, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, hingga vitamin E. Tidak hanya itu, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc, dan riboflavin.

Asparagus bahkan juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. Bahkan, karena kandungan folatnya yang tinggi, asparagus sering disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan sel-sel dan DNA calon bayi. 

3 dari 6 halaman

Jenis Sayuran

Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran hijau yang juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Tak hanya kaya akan serat, vitamin, dan mineral, brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk kebutuhan tubuh.

Sayur brokoli juga dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, manfaat brokoli lainnya untuk kesehatan tubuh adalah membantu sistem pencernaan, mempercantik kulit, membantu wanita yang sedang hamil, membantu penderita Depresi, dan lain sebagainya.

Pare

Pare merupakan salah satu sayuran berwarna hijau yang memiliki rasa pahit saat sudah diolah sekalipun. Namun siapa sangka, pahitnya sayur ini ternyata memiliki segudang serat yang tinggi. Selain itu, terdapat kandungan kalsium, kalium, zat besi, vitamin C, dan vitamin A di dalamnya.

Maka tak heran kalau pare memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.

Buncis

Setiap 100 gr buncis mengandung 1.2 gram serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain mengandung serat tinggi, jenis sayuran seperti buncis juga kaya akan vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Buncis juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin yang kuat.

Manfaat sayur buncis dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung tertentu, meningkatkan penglihatan, dan bahkan membantu mencegah cacat lahir. Konsumsi sayur buncis dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan.

4 dari 6 halaman

Jenis Sayuran

Daun Singkong

Jenis sayuran hijau yang satu ini sangat mudah ditemui. dan diolah menjadi berbagai olahan masakan sederhana. Untuk itu, jangan sampai kamu tidak mengonsumsi sayuran ini. Soalnya, pada daun singkong memiliki kandungan protein dan zat besi yang cukup tinggi.

Selain itu, ada juga vitamin A dan vitamin C. Jika dibandingkan dengan sayur bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Bahkan kandungan protein pada daun singkong empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam.

Kangkung

Sama seperti bayam, kangkung juga termasuk ke dalam jenis sayuran hijau yang sangat mudah ditemukan dan diolah ke berbagai macam jenis masakan. Dalam sayur kangkung terdapat kandungan nutrisi yang sangat banyak seperti vitamin A dan vitamin C. Selain itu, ada juga vitamin B kompleks yang berguna untuk meningkatkan hormon sehingga mampu menciptakan suasana nyaman.

Kangkung juga memiliki kandungan mineral seperti kalium, fosfor, dan kalsium. Dengan berbagai nutrisi di dalamnya, kangkung bermanfaat untuk mengobati anemia, menurunkan kolesterol, anti diabetes, anti penuaan, mencegah radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kecipir

Jenis sayuran yang tumbuh merambat ini mudah ditemui di daerah yang memiliki iklim tropis. Berbagai negara memanfaatkan buah hingga daun kecipir untuk dijadikan berbagai macam olahan masakan.

Dalam 100 gram kecipir mentah terkandung 409 kkal energi, 0,795 miligram asam pantotenat, 0,45 miligram riboflavin, dan 0,175 miligram vitamin B6. Selain memiliki cita rasa yang khas, kecipir juga mengandung segudang manfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah kanker. Beberapa kandungan pada kecipir mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

Jenis Sayuran

Kubis

Sayur kubis juga termasuk ke dalam jenis sayuran hijau yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kubis adalah sayuran rendah kalori yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Penelitian menyatakan kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membantu dalam pengobatan peradangan dan kanker. Kubis juga kaya akan berbagai antioksidan, termasuk anthocyanin dan sulforaphane. Ini membantu melawan peradangan dan penyakit terkait seperti penyakit jantung dan kanker.

Sawi

Sawi merupakan jenis sayuran hijau yang bentuknya mirip dengan kale. Namun, kandungan nutrisi dari sawi berbeda dengan kale. Sawi mengandung banyak air, serat, karbohidrat, kalium, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, dan zinc. Mengonsumsi sawi dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskulaar, menjaga kesehatan mata, dan kesehatan tulang.

Selada

Selada air rendah kalori tetapi mengandung banyak nutrisi. Kandungan selada air yang paling kuat adalah kandungan vitamin K nya yang bisa mencapai 100% kebutuhan harian. Manfaat selada air juga didapat dari kandungan vitamin C dan A, kalsium, mangan, dan serat.

Selada memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti mampu mencegah penuaan dini, menguatkan tulang, meningkatkan kesuburan, menjaga kestabilan darah, menyehatkan jantung, memperkuat tulang dan gigi, mencegah kanker, membantu sembelit, serta meningkatkan kesehatan hati. 

6 dari 6 halaman

Jenis Sayuran

Seledri

Seledri merupakan sumber mineral yang sangat kaya seperti kalsium, zat besi, dan kalium. Selain mineral, dalam seledri juga terkandung vitamin A dan vitamin C. Komponen aktif dengan nama phthalides di dalam seledri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Daun seledri ini memiliki segudang manfaat yang bisa dirasakan bila dikonsumsi secara rutin. Adapun manfaat daun seledri ini seperti peluruh urine, peluruh haid, menurunkan tekanan darah, penghenti pendarahan, pembersih darah (detoks), anti kejang, menghentikan kanker, serta mampu menghambat pertumbuhan sel tumor.

Daun Katuk

Daun katuk merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang perlu kamu konsumsi. Selain memiliki cita rasa manis, daun katuk juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan kalsium pada daun katuk mampu berperan penting dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, beberapa kandungan lainnya juga berfungsi efektif dalam menurunkan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti jantung.

Kenikir

Daun kenikir oleh masyarakat indonesia sering disantap sebagai lalapan makanan. Selain memiliki cita rasa yang khas, daun kenikir juga dikenal sebagai tanaman obat. Pasalnya, sayur yang memiliki nama latin cosmos caudatus ini mengandung segudang manfaat untuk kesehatan. Daun kenikir memiliki kandungan karbohidrat, protein hingga zat besi yang diperlukan oleh tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.