Sukses

Selain Vicky Zhao, Ini 7 Artis Mandarin yang Masuk Daftar Hitam Pemerintah China

Vicky Zhao dan 7 artis Mandarin lainnya kena blacklist pemerintah China.

Liputan6.com, Jakarta Usai Vicky Zhao yang terlebih dahulu masuk dalam daftar hitam pemerintah China, kini beberapa artis Mandarin lainnya dikabarkan menjadi target selanjutnya. Sebelumnya, aktris pemain drama Putri Huan Zhu itu telah dihilangkan jejak digitalnya oleh pemerintah China.

Beberapa waktu ini, China memang sedang memperketat regulasi dunia hiburannya. Sejumlah artis Mandarin, seperti Vicky Zhao dan Kris Wu baru-baru ini telah diboikot atau 'dihilangkan' dari internet di Negeri Tirai Bambu itu akibat terlibat skandal.

Namun, tak hanya kedua artis tersebut. Masih ada beberapa nama artis Mandarin lain yang terancam dihapus dari internet karena usaha China untuk mengontrol budaya 'fans' agar tidak terpengaruh perbuatan mereka. Siapa saja mereka?

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut nama artis Mandarin yang masuk dalam daftar hitam pemerintah China, Selasa (7/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Belum diketahui pasti alasan dihilangkannya nama Vicky Zhao, tapi banyak orang menduga jika itu terkait dengan masalah investor. Ia juga pernah dianggap tidak nasionalis karena membintangi iklan brand Fendi dari Italia.

3 dari 9 halaman

2. Kris Wu perlahan jejaknya juga dihapus pemerintah China. Mantan member EXO itu menghebohkan publik dengan kasus pelecehan seksual anak di bawah umur.

4 dari 9 halaman

3. Aktor Jet Li terancam dihilangkan oleh pemerintah China karena di sana diberlakukan pembatasan pada artis dari kewarganegaraan lain. Diketahui Jet Li memegang kewarganegaraan asing yakni Singapura.

5 dari 9 halaman

4. Jackie Chan juga masuk dalam daftar hitam pemerintah China. Belum ada konfirmasi, namun dilansir dari Newsweek.com diduga Jackie Chan adalah aktor dari Hong Kong yang menjadi advokat dari Partai Komunis China.

6 dari 9 halaman

5. Semua karya Zhang Zhehan juga dihapus dari internet di China. Hal itu akibat foto dirinya berkunjung ke Kuil Yasukuni, Jepang. Kuil ini memiliki sejarah kelam untuk China.

7 dari 9 halaman

6. Aktris Zheng Shuang terlibat skandal ibu pengganti dan penggelapan pajak. Akibat hal tersebut, penghargaan yang ia dapatkan hingga dramanya dianulir dan dihapus oleh pemerintah China.

8 dari 9 halaman

7. Fan Bingbing, artis Tiongkok dengan bayaran tertinggi ini sempat menghilang karena masalah penunggakan pajak hingga Rp 1,7 triliun.

9 dari 9 halaman

8. Sama halnya dengan Jet Li, aktris Liu Yifei juga masuk dalam daftar hitam Pemerintah China karena berkewarganegaraan Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.