Sukses

Siap-Siap, Bantul Akan Buka Pendaftaran Online Vaksinasi COVID-19 di Seluruh Puskesmas

Warga Bantul kini bisa daftar vaksinasi online.

Liputan6.com, Yogyakarta Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY akan membuka layanan pendaftaran online vaksinasi Covid-19 di 27 puskesmas di Bantul. Untuk mempermudah masyarakat mengikuti vaksinasi, Pemkab Bantul telah melaunching aplikasi berbasis web, ikutvaksin.bantulkab.go.id. Melalui website ini nantinya warga Bantul bisa mendaftarkan diri untuk vaksinasi Covid-19 secara online.

Di awal perilisannya, lokasi yang bisa menerima layanan vaksin melalui aplikasi tersebut baru bisa di Sentra Vaksinasi. Namun, nantinya, dalam waktu 2 – 3 hari, setelah semua admin di Puskesmas sudah dilatih, maka pendaftaran vaksinasi online bisa dilayani di tiap puskesmas.

“Per puskesmas nantinya akan melayani 100 orang per hari, jadi setelah nanti ada pendaftaran online ini kita targetkan per harinya itu 6000 orang tervaksinasi, SDM sudah siap, OPD juga siap membantu, dan itu sudah kita SK kan,“ kata Bupati Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Pedagang Pasar Pleret di Pendopo Kapanewon Pleret, Selasa (13/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sistem pendaftaran online

Pemerintah Kabupaten Bantul baru saja merilis sistem pendaftaran online untuk vaksinasi Covid-19, pada Senin(12/7/2021). Untuk saat ini, lokasi vaksinasi dari pendaftaran online ini hanya berada di Sentra Vaksinasi Kabupaten Bantul yang berada di SMK Kesehatan Bantul, Jln Parangtritis KM 10.6 Neco Sabdodadi Bantul. Tiap harinya vaksinasi akan menyasar hingga 300 kuota.

“Jadi pendaftaran secara offline dan online ini kita lakukan untuk mengakselerasi/mempercepat capaian vaksinasi, dari sekitar 700.000 sasaran ini kita sudah, mencapai kira-kira 30%nya,“ kata Bupati Bantul.

Perilisan sistem pendaftaran online ini langsung disambut baik oleh warga, terbukti dari langsung terpenuhinya kuota vaksinasi.

Terkait penuhnya kuota di hari pertama launching aplikasi, karena baru satu Fasilitas Kesehatan di Sentra Vaksinasi yang ada di aplikasi tersebut. Nantinya, dalam 2-3 hari, 27 puskesmas akan siap melayani pendaftaran vaksinasi online.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini