Sukses

Meninggal Dunia, Ini 5 Fakta Sosok Penyanyi Legendaris Rama Aiphama

Rama Aiphama meninggal di usia 63 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air, penyanyi Rama Aiphama meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Kabar duka ini disampaikan oleh keluarganya, Sam Alatas.

Sam Alatas yang juga berkecimpung di dunia musik itu membenarkan penyanyi bernama asli Sayyid Muhammad bin Syagab Al-Idrus tutup usia. "Benar kabar itu, saya dapat dari grup WA (WhatsApp) keluarga," kata Sam Alatas saat dihubungi pewarta di Jakarta, Rabu (11/3/2020). 

Meski mengetahui kabar meninggalnya penyanyi Rama Aiphama, Sam Alatas tak tahu penyebab meninggalnya pelantun lagu "Fatwa Pujangga" ini. Pasalnya, Sam Alatas saat ini sedang berada di luar kota.  "Kalau sakit apa saya tidak tahu, karena saat ini saya juga ada di luar kota," pungkas Sam Alatas kepawa wartawan pada Rabu (11/3/2020).

Dilansir dari Kapanlagi, Rama Aiphama akan dimakamkan ba'da Asar di TP Al Muchdar Cimanggis, Jakarta. Saat ini, jenazah pria kelahiran Gorontalo itu tengah disemayamkan di rumah duka di kawasan Batu Ampar Condet, Jakarta Timur.

Rama Aiphama sosok yang populer tahun 90-an dengan lagu 'Dinda Bestari'. Pria yang akrab disapa Rama ini juga khas dengan busananya yang nyentrik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta sosok penyanyi Rama Aiphama, Rabu (11/3/2020)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Penyanyi Top Era 90-an

Pria berdarah Arab-Gorontalo dikenal sebagai penyanyi beraliran campuran Melayu, dangdut, reggae, dan keroncong.  Ia memulai kariernya di industri musik sejak tahun 1981 namun baru benar-benar melejit 9 tahun kemudian.

Sosoknya terkenal dengan lagu daur ulang Dinda Bestari. Bekarier sejak tahun 1981, pemilik nama lengkap Sayyid Mohammad bin Syagab Al-‘Idrus ini telah memiliki 9 album.  Salah satunya Aku yang Merindukanmu pada tahun 1981 silam. 

3 dari 6 halaman

2. Punya Gaya yang Khas

Pada setiap penampilannya, pria kelahiran 1956 ini punya gaya khas yang nyentrik. yatu pakaian yang menjuntai-juntai berwarna warni mecolok dengan topi khas di kepalanya, ala penyanyi reggae.

Tak hanya itu, penyanyi sekaligus penulis lagu ini juga selalu menggunakan kacamata di setiap aksi panggungnya. 

 

4 dari 6 halaman

3. Sudah Bercerai dan Memiliki 3 Anak

Di tengah kariernya, pelantun lagu Dinda Bestari ini menikah dengan Euis Kartika Sari sekitar tahun 1993. Dari pernikahannya Rama dikaruniai tiga orang anak, Salsabila, Kemal dan Syekhan. 

16 tahun membangun biduk rumah tangga, Rama dan Euis Kartika Sari memutuskan untuk bercerai pada bulan Mei 2009 lalu. 

 

5 dari 6 halaman

4. Meninggal di Usia 63 Tahun

Berkarier sejak 1981 hingga 2003, pelantun 'Kemana Perginya Hati' ini mengembuskan napas terakhirnya di usia 63 tahun. Pria kelahiran 17 September 1959 ini meninggalkan tiga buah hati dari pernikahannya dengan Euis Kartika Sari. 

Kepergian penyanyi legendaris ini tentu saja meninggalkan duka yang mendalam bagi sahabat dan juga keluarga. 

 

 

6 dari 6 halaman

5. Belum Diketahui Penyebab Kematiannya

Sayangnya hingga saat ini belum ada info lebih lanjut mengenai apa penyebab meninggalnya Rama Aiphama.  Dilansir dari Kapanlagi, Penyanyi Melayu dan Keroncong akan dimakamkan ba'da Asar di TP Al Muchdar Cimanggis, Jakarta.

Saat ini, jenazah pria kelahiran Gorontalo itu tengah disemayamkan di rumah duka di kawasan Batu Ampar Condet, Jakarta Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.