Sukses

Cara Menentukan Arah Kiblat Salat Secara Akurat dan Tepat

Salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat.

Liputan6.com, Jakarta Cara menentukan arah kiblat salat penting saat hendak menjalankan ibadah. Salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat. Arah kiblat adalah arah dari suatu tempat ke Ka’bah di Masjidil Haram, Mekkah dengan jarak yang terdekat.

Sebagai syarat wajib dalam salat, cara menentukan arah kiblat salat tak boleh diabaikan begitu saja. Mungkin, ada saat di mana Anda berada di tempat asing yang tidak tahu ke mana arah kiblatnya. Di sini pengetahuan akan cara menentukan arah kiblat salat sangat dibutuhkan. Secara umum, posisi Negara Indonesia terhadap Kabah adalah kira-kira 112 derajat arah barat laut.

Ada banyak cara menentukan arah kiblat salat yang bisa dilakukan. Dulu, cara menentukan arah kiblat salat dilakukan menggunakan cara tradisional dengan bantuan kompas atau matahari. Kini, cara menentukan arah kiblat salat makin mudah seiring berkembangnya teknologi.

Cara menentukan arah kiblat salat menjadi lebih akurat dan tepat. Berikut cara menentukan arah kiblat salat yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lokasi kiblat

Ka'bah, yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram, Mekkah, adalah lokasi kiblat umat Islam. Menghadap Ka’bah wajib saat menunaikan ibadah salat apa pun kecuali pada keadaan tertentu. Ini seusai dengan dalil Imam Abu Ishak Ibrahim bin Ali Yusuf Al Fairuzzabadi Al Syairazi dalam kitab Al Muhadzdzab fi Fiqh Al Imam Al Syafi'i.

"Menghadap kiblat merupakan syarat sah sholat kecuali dalam dua kondisi, yakni ketika kondisi teramat bahaya (perang berkecamuk) dan sholat sunnah yang dikerjakan saat perjalanan."

Arah kiblat bisa berbeda dari satu daerah ke daerah atau negara ke negara lain. Tiap lokasi atau titik di mana kamu sedang berada memiliki posisi lintang dan bujur yang berbeda-beda.

Secara umum, posisi Negara Indonesia terhadap Kabah adalah kira-kira 112 derajat arah barat laut. Akan tetapi perkiraan mengenai posisi Kabah ini masih menjadi perdebatan. Ada pendapat yang bilang bahwa menghadap tepat ke arah barat sudah dianggap sama dengan menghadap kiblat.

Namun ada yang mengatakan bahwa posisi Indonesia terhadap Kabah tidak tepat ke barat. Posisi Kabah adalah menyerong ke kanan sedikit sebesar 112 derajat arah barat laut. Jika posisi Kabah di Masjidil Haram dihitung dari arah utara, maka posisi Indonesia adalah sebesar 294,2 derajat.

3 dari 6 halaman

Cara menentukan arah kiblat salat menggunakan aplikasi

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh gratis di App Store (sistem operasi IOS) dan Google Play (sistem operasi Android). Di toko aplikasi ini kamu akan menemukan ratusan bahkan ribuan aplikasi untuk menentukan arah kiblat dengan mudah.

Beberapa aplikasi yang dapat menetukan arah kiblat ialah Visual Qiblah, Islamic Compass Qibladirection, Find Qibla Pro, Qibla Locator. Kamu bisa menggunakan satu dari aplikasi-aplikasi ini untuk menentukan kiblat. Cukup dengan menginstalnya, aplikasi-aplikasi akan menentukan arah kiblat sesuai dengan lokasi kamu berada. Tapi pastikan bahwa smartphonemu sudah mendukung fitur kompas bawaan.

4 dari 6 halaman

Cara menentukan arah kiblat salat online tanpa aplikasi

Cara menentukan arah kiblat salat yang akurat dan tepat dengan menggunakan smartphone. Kamu tak perlu menggunakan aplikasi tambahan di smartphone. Google memiliki fitur untuk mengetahui arah kiblat sesuai titik lokasimu.

Melalui layanan bernama Qibla Finder dari Google, kamu dapat menemukan arah salat langsung cukup melalui browser internet saja. Kamu cukup membuka tautan qiblafinder.withgoogle.com di browsermu. Setelah itu, kamu harus memberikan akses GPS dan kamera untuk mulai menentukan arah kiblat.

Tautan tersebut kemudian akan mengarahkanmu ke arah kiblat dengan akurat. Sebelum menentukan arah kiblat, biasanya kamu diminta untuk melakukan kalibrasi kompas. Untuk melakukan kalibrasi, kamu dapat membuat angka delapan atau ikuti perintah yang ditampilkan.

5 dari 6 halaman

Menggunakan matahari

Kamu bisa menggunakan bantuan matahari untuk menentukan arah kiblat. Cara ini merupakan cara tradisional yang sudah diterapkan umat muslim sejak lama. Cara menentukan arah kiblat dengan matahari agar akurat dan tepat ada pada saat-saat tertentu saja.

Pada tiap 28 Mei atau 16 Juli arah bayangan matahari di manapun di dunia pasti mengarah ke Kiblat. Peristiwa alam ini disebut juga dengan A'dham atau Rashdul Qiblah. Waktu yang tepat untuk menentukan arah kiblat pada tanggal ini adalah pukul 16:00 WIB di mana waktu menunjukkan pukul 12 siang waktu Arab Saudi.

Kamu bisa memanfaatkan peristiwa ini untuk menentukan arah kiblat secara akurat. Caranya dengan melihat bayangan benda yang berdiri tegak lurus. Kamu bisa menyesuaikan arah kiblat dengan posisi bayangan tersebut.

6 dari 6 halaman

Menggunakan kompas

Cara menentukan arah kiblat salat dengan kompas mungkin terlihat lama tapi masih memiliki hasil akurat. Kamu bisa memanfaatkan kompas baik itu kompas tradisional atau kompas digital di smartphone bahkan ada juga kompas kiblat yang dipasang di sajadah.

Kompas kiblat adalah sebuah kompas biasa yang dilengkapi tabel atau daftar arah kiblat dari kota-kota besar. Selain itu terdapat kompas elektronik yang menggunakan satelit untuk memperoleh koordinat setempat sehingga dapat menunjukkan arah kiblat secara otomatis. Cukup tempatkan kompas pada tempat salat, lalu cari arah barat di mana kiblat berada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.