Sukses

12 Makanan Kesukaan Sugar Glider dan Cara Memberikan Makannya

Ketahui makanan kesukaan sugar glider sebelum memeliharanya.

Liputan6.com, Jakarta Makanan kesukaan Sugar Glider sangat bervariasi. Hal ini dikarenakan Sugar Glider suka pilih-pilih dalam mengonsumsi makanan karena hewan mamalia berkantung ini memiliki sifat mudah bosan dengan makanannya.

Oleh karena itu, buat kamu yang sedang atau berencana memelihara Sugar Glider harus pandai-pandai melakukan pergantian makaannya. Makanan kesukaan Sugar Glider umumnya dapat diberikan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Berikanan makanan kesukaan Sugar Glider ini secara bergantian agar mereka tidak bosan. Selain mengetahui makanan kesukaannya, penting juga untuk mengetahui cara memberikan makan untuk Sugar Glider.

Dikarenakan Sugar Glider termasuk hewan liar, tentunya akan mengalami perawatan yang berbeda saat dirinya menjadi hewan peliharaan. Berikut 12 makanan kesukaan Sugar Glider dan cara pemberiannya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Pisang

Makanan kesukaan Sugar Glider pertama yang bisa diberikan adalah pisang. Pisang sangat baik untuk kesehatan Sugar Glider.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi serta kalsium dalam pisang yang berguna untuk kesehatan tulang Sugar Glider. Kamu bisa menyajikan pisang dalam keadaan utuh dengan kulit.

Hal ini berguna untuk menjaga agar naluri mencari makan Sugar Glider tetap ada. Selain itu, kamu juga dapat menyajikannya dalam wadah makan dalam keadaan sudah terpotong kecil-kecil.

Pepaya

Makanan kesukaan Sugar Glider selanjutnya pepaya. Kandungan pada pepaya seperti lemak, vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan protein sangat berguna untuk menjaga kesehatannya.

Sajikan pepaya dengan potongan kecil dan tempatkan pada tempat makanan. Potongan kecil bertujuan untuk memudahkan Sugar Glider ketika memegang atau menggenggamnya.

3 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Anggur

Makanan kesukaan Sugar Glider lainnya adalah anggur. Anggur kaya antioksidan serta nutrisi lainnya yang membuat buah ini layak disajikan untuk Sugar Glider. Kamu dapat menyajikan anggur secara utuh di wadah makan atau menempatkannya di bagian sisi atas dari kandang Sugar Glider.

Semangka

Semangka kaya akan air, serta vitamin C dan kalsium di dalam semangka yang baik untuk kesehatan Sugar Glider. Kamu dapat menyajikan potongan buah semangka ke dalam wadah makannya atau menusuknya pada sebuah kayu.

 

4 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Melon

Kandungan vitamin C, vitamin B6, serta kalium pada buah apel sangat cocok untuk menjaga kesehatan Sugar Glider. Tekstur buah yang lembut ini tidak akan membuatnya mengalami kesulitan saat mengunyah.

Apel

Tekstur buah apel yang agak keras baik untuk variasi tekstur makanan. Berikan buah apel sebagai selingan makannya. Seminggu sekali berikanlah buah apel kepada Sugar Glider.

Tekstur apel yang agak keras baik untuk menstimulasi gigi Sugar Glider. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, serta mineral dalam buah Apel sangat baik untuk kesehatan Sugar Glider.

5 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Kubis

Makanan kesukaan Sugar Glider selanjutnya yang bisa diberikan adalah kubis. Pada kubis memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin K dan Vitamin B6 yang cukup bagi kesehatan Sugar Glider. Kamu dapat menyajikan kubis dalam keadaan utuh satu lembar atau dapat memotongnya memanjang dan diletakkan di dalam wadah makan. 

Tetapi jangan menyajikan kubis yang direbus atau kubis yang diambil dari sayur sop, kubis dalam sayur sop sudah terkontaminasi penambah rasa dan garam yang kurang baik untuk kesehatanpencernaan Sugar Glider.

Wortel

Makanan kesukaan Sugar Glider selanjutnya yang bisa diberikan adalah wortel. Wortel memiliki kandungan Vitamin A, Antioksidan serta serat yang kaya. Kandungan tersebut baik bagi kesehatan Sugar Glider. 

Tekstur keras yang dimiliki wortel juga baik untuk menstimulasi gigi Sugar Glider. Namun seperti halnya kubis, jangan pernah sekali kali memberikan wortel sisa dari sayur sop atau olahan makanan lainnya. 

6 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Ubi

Kadungan vitamin A dan vitamin C pada ubi baik untuk kesehatan Sugar Glider. Tekstur Ubi yang keras juga dapat mestimulasi gigi sugar glider. Sajikan Ubi dalam keadaan mentah dalam bentuk kecil kecil.

Lobak

Lobak yang masih termasuk kedalam umbi umbian ini juga merupakan makanan alami bagi Sugar Glider. Potong kecil lobak dan sajikan kepada hewan berkantung ini.

 

7 dari 9 halaman

Makanan Kesukaan Sugar Glider

Alpukat

Tekstur buah alpukat yang lembut sangat disukai oleh Sugar Glider. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam alpukat juga baik untuk memelihara kesehatan Sugar Glider.

Brokoli

Buah berbentuk hijau ini memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang cukup untuk menjaga kesehatan Sugar Glider. Sajikan Brokoli dalam keadaan mentah namun tetap terjaga kebersihannya.

8 dari 9 halaman

Pantangan Makanan bagi Sugar Glider

Selain makanan kesukaan Sugar Glider yang wajib diberikan untuk tumbuh kembangnya, ternyata ada juga makanan pantangan yang tidak boleh diberikan pada Sugar Glider. Walaupun setiap harinya Sugar Glider diberi varian makanan untuk memenuhi semua nutrisi, namun ada beberapa menu makanan yang sebaiknya dihindari.

Pastikan kamu tidak memberikan serangga, cacing liar, laba-laba, dan makhluk kecil lainnya yang kemungkinan sudah terkontaminasi oleh pestisida. Jangan biarkan juga Sugar Glider kamu memakan biji apel atau biji buah lainnya.

Hindari juga produk yang mengandung pemanis buatan, makanan tinggi lemak seperti coklat dan gula, gorengan, dan makanan olahan.

9 dari 9 halaman

Cara Memberikan Makanan untuk Sugar Glider yang Tepat

Potong Kecil-kecil Makanan

Sugar Glider, sebagai hewan kecil lebih mudah melahap makanan dalam potongan-potongan kecil. Ukuran makanan yang tidak begitu besar juga bisa mendorong Sugar Glider untuk mengonsumsi aneka makanan.

Jangan Memberi Makanan Terlalu Banyak

Walaupun Sugar Glider terlihat lahap saat mengunyah makanan, namun kamu tidak boleh terlalu memanjakannya. Terlebih pada Sugar Glider peliharaan, sebaiknya jumlah makanan perlu dikurangi.

Hal ini dikarenakan Sugar Glider peliharaan tidak begitu aktif seperti teman-temannya yang ada di alam liar. Apabila mereka diberikan makanan berlebihan, Sugar Glider akan kelebihan berat badan dan rentan terkena masalah kesehatan.

Singkirkan Sisa Makanan

Kalau Sugar Glider sudah makan, pastikan kamu harus langsung membersihkan sisa-sisa makanan yang mudah rusak atau busuk. Sugar Glider tidak akan menyentuh makanan yang sudah tidak segar. Untuk itu, kamu bisa menyediakan makanan kering saja seperti serangga beku agar tidak mudah membusuk.

Tempatkan Wadah Makanan Lebih Tinggi

Sugar Glider merupakan hewan yang senang beraktivitas di pohon. Kondisi ini membuat mereka terlatih menjadi pendaki hebat.

Bagi pemilik Sugar Glider peliharaan, kamu bisa menempatkan wadah makanannya di spot yang lebih tinggi dari mereka. Mereka masih bisa menjangkau dan menghabiskan isinya.

Selain itu, pastikan juga jangan memberi makan Sugar Glider terlalu sering. Kamu bisa memberikannya makan sebanyak 2-3 kali saja setiap minggunya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini