Sukses

5 Ikon Kota Tak Biasa di Indonesia, Ada Tugu Fotocopy

Ikon kota tak biasa ini bisa kamu temui di berbagai kota di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini media sosial Twitter ramai soal adanya tugu fotocopy. Melalui akun Twitter @ririnyzi, ia membagikan sebuah postingan mengenai adanya tugu fotocopy ini. Kontan saja hal itu membuat ramai warganet lainnya. Bahkan banyak pula yang baru mengetahui adanya tugu fotocopy ini.

 

Adanya tugu ataupun monumen di kota bukan hal yang baru. Karena tugu atau monumen tersebut akan menjadi ciri khas dan lambang dari sebuah kota. Selain itu, banyak pula tugu di Indonesia yang sudah terkenal dan menjadi landmark kota tersebut. Sebut saja Tugu Jogja, Tugu Pahlawan, Tugu Surabaya serta landmark Monas atau Monumen Nasional.

Ternyata ada pula beberapa tugu di Indonesia yang tak biasa. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (12/4/2019) berikut ini beberapa ikon kota yang unik di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Tugu Setum, Subang

Tugu Setum atau Tugu Salender ini dipasang pertama kali pada 24 Januari 2015. Tugu yang dipasang pada bundaran jalan Darmodiharjo dan KS Tubun ini pun sempat menuai kontroversi. Hal ini lantaran banyak masyarakat yang merasa bingung mengapa alat berat Tandem Roller tersebut menjadi ikon kota Subang. Karena itu, Tugu Setum ini pun akan digantikan dengan Tugu Bejana Perunggu.

3 dari 6 halaman

2. Tugu Bandara Mozes Kilangin, Timika

Tugu di Bandara Mozes Kilangin ini merupakan tugu yang cukup unik. Karena tugu ini berbentuk ban big foot tractor freeport. Selain itu, tugu ini juga menjadi tugu selamat datang di Bandara Mozes Kilangin.

4 dari 6 halaman

3. Tugu Pecel, Madiun

Patung pecel di Madiun ini sebagai salah satu ikon kota. Karena pecel sendiri merupakan salah satu makanan khas yang terkenal di kota Madiun. Pecel dari Madiun ini pun terkenal dengan pecel pincuknya.

5 dari 6 halaman

4. Tugu Knalpot, Purbalingga

Patung yang terletak di persimpangan jalan D.I Panjaitan, Padamara dan juga jalan A.W Sumarmo, Purbalingga. Patung knalpot ini dibuat karena di daerah tersebut merupakan produksi knalpot yang cukup besar. Selain itu, pemasaran dari knalpot Purbalingga ini pun telah tembus pasar internasional.

6 dari 6 halaman

5. Tugu Fotocopy, Atar, Tanah Datar

Tugu Fotocopy sendiri terletak di Atar, Padang Ganting, Tanah Datar, Sumatra Barat. Tugu ini termasuk unik, karena pada ujung tugu juga dibuat seperti mesin fotocopy. Selain itu, tugu ini dibuat karena sebagian besar masyarakat di daerah tersebut memiliki usaha fotocopy di Sumatra dan juga Jawa. Berkat usaha fotocopy inilah, perekonomian di daerah tersebut dapat terangkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini