Sukses

5 Kiat Atasi Sendiri Iritasi Mata di Rumah

Jika Anda tidak menemukannya di apotek, Anda sendiri dapat mencoba beberapa cara untuk mengobati penyakit mata tersebut.

Akibat debu atau partikel halus lainnya yang masuk mata, gejala kemerahan, gatal dan iritasi pasti akan terjadi. Banyak jenis obat yang ampuh untuk mengatasinya. Namun, jika Anda tidak menemukan di apotek, coba sendiri beberapa cara ini.

Berikut beberapa jenis pengobatan mata merah seperti dikutip laman Boldsky, Senin (17/2/2014)

1. Kompres air dingin

Bersihkan dengan air dingin dan kompres mata Anda selama beberapa saat. Jika mata dalam kondisi bengkak, mata cara seperti ini ampuh untuk mengempaskan bengkak dan mengurangi kotoran penyebab terjadinya gatal-gatal.

2. Air garam

Selain air dingin, Anda juga dapat menggunakan air rendaman garam untuk mengompres mata.

3. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi pembengkakan mata. Campurkan sedikit lidah buaya yang sudah dihancurkan dengan air dingin, dan usapkan ke mata. Tunggu beberapa saat, maka akan terlihat hasilnya.

4. Irisan mentimun

Ketika Anda atau pasangan melakukan perawatan di salon, seringkali diberi irisan mentimun untuk menyejukkan matanya. Di rumah pun dapat Anda lakukan cara seperti ini.

5. Irisan kentang

Tak hanya mentimun, kentang yang baru dibersihkan dan dipotong tipis, lalu diletakkan ke bagian mata yang bengkak pun memiliki manfaat yang sama seperti irisan mentimun.

(Adt/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.