Sukses

Cara Agar Terhindar dari Penyakit Ginjal Kronik

Penyebab terjadinya PGK ini paling banyak karena hipertensi dan diabetes mellitus (DM).

Pola hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat memang dianjurkan agar seseorang terhindar dari obesitas, diabetes, dan hipertensi. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda sudah menghindarkan diri dari Penyakit Gagal Kronik (PGK)

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr. Dharmeizar, SpPD-KGH, mengatakan bahwa penyebab terjadinya PGK ini paling banyak karena hipertensi dan diabetes mellitus (DM).

"Pada tahun 2010, hipertensi menjadi penyebab tersebar terjadinya penyakit ginjal di Indonesia, di mana hampir 35 persennya mengalami itu," kata dr. Dharmeizar, dalam acara `RSCM Sukses Lakukan 100 Transplantasi Ginjal Dengan Teknik Laparoskopi Dalam 2 Tahun` di Ruang Pertemuan Lantai 5 RSCM Kencana, Salemba, Jakarta, ditulis pada Kamis (6/2/2014)

Hal penting yang harus dilakukan saat ini, jelas Dharmeizar, dengan melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya PGK, yaitu dengan mengindentifikasi faktor risiko. "Ada tidaknya hipertensi, diabetes, obesitas, serta faktor genetik lainnya," kata dia menambahkan.

Lebih lanjut dr. Dharmeizar mengatakan, masyarakat dapat melakukan 8 langkah agar terhindari dari penyakit ginjal, terlebih PGK. Yaitu, menjaga kesehatan dan rutin berolahraga, menjaga tekanan darah dalam batas normal, mengonsumsi makanan sehat dan menjaga berat badan, minum banyak air bening, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi obat sembarangan.

"Paling penting harus memeriksakan fungsi ginjal apabila memiliki satu atau lebih faktor risiko," kata dia menerangkan.

(Adt/Mel)

Baca juga:

Keuntungan Laparoskopi Buat Pendonor Ginjal
RSCM Berhasil Lakukan 100 Transplantasi Ginjal
100 Ribu Masyarakat Indonesia Derita Gagal Ginjal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.