Sukses

100 Ribu Masyarakat Indonesia Derita Gagal Ginjal

Jumlah kasus gagal ginjal di Indonesia cukup memprihatinkan. Diperkirakan ada 100 ribu pasien gagal ginjal.

Jumlah kasus gagal ginjal di Indonesia cukup memprihatinkan. Dengan penduduk sekitar 250 juta, prevalensi gagal ginjal diperkirakan sebesar 400 per 1 juta penduduk dan angka insiden (yang sudah dinyatakan gagal ginjal) diperkirakan 100 per 1 juta penduduk.

Guru Besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Endang Susalit, SpPD-KGH, menjelaskan, setidaknya ada 100.000 pasien gagal ginjal dan 25.000 pasien baru setiap tahun yang memerlukan terapi pengganti.

"Biasanya pasien gagal ginjal datang ke dokter sudah dengan gejala gagal ginjal, seperti pucat dan tidak mau makan. Pas dicek benar, dia sudah masuk gagal ginjal," kata Prof. Endang dalam acara `RSCM Sukses Lakukan 100 Transplantasi Ginjal Dengan Teknik Laparoskopi Dalam 2 Tahun` di Ruang Pertemuan Lantai 5 RSCM Kencana, Salemba, Jakarta, Rabu (5/2/2014).

Menurut Endang, pasien gagal ginjal di Indonesia sebagian besar mendapat terapi pengganti hemodialisis (cuci darah), dengan sebagian dialisis peritoneal dan hanya pada sebagian kecil dilakukan transplantasi ginjal.

"Saat ini, masih banyak jumlah pasien gagal ginjal yang belum tersentuh, dan mendapat terapi pengganti atau tidak terdiagnosis sebagai pasien gagal ginjal," kata Endang menambahkan.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gagal ginjal adalah suatu kondisi klinis yang ditandai dengan penurunan fungsi ginjal yang ireversibel.

    Gagal Ginjal

  • Ginjal merupakan organ yang berfungsi membersihkan aliran darah dengan bekerja sebagai filter untuk mengeluarkan air dalam tubuh.

    Penyakit Ginjal