Sukses

Pengobatan yang Tepat untuk Nyeri Lutut

Setelah nyeri lutut anterior yang dirasakan timbul, para ahli menganjurkan agar orang yang merasakan itu mengetahui letak cedera yang tepat, karena pengobatannya sendiri tergantung pada diagnosa.

Menurut Ahli Bedah Ortopedi dari Mount Elizabeth Hospital, Dr Michael Soon, ketika ditunjukan lebih awal, pengobatan nyeri lutut anterior cukup dengan mengistirahatkan lutut dan tidak menggunakannya secara berlebihan.

"Misalnya seperti berhenti berlari. Ini dilakukan sampai orang tersebut dapat melakukannya tanpa rasa sakit," kata Michael seperti dikutip dari rilis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (20/1/2014)

Dilanjutkan Michael, orang tersebut juga bisa melakukan pengobatan dengan cara BRICE. "BRICE itu Brace (bantuan alat penyokong), Rest (istirahat), Ice (pengompresan dengan es), Compression (penindihan), dan Elevation (pengangkatan). Ini merupakan akronim yang sering dianjurkan ketika mengalami cedera.

Pada dasarnya, lanjut Michael, langkah-langkah yang disebutkan merupakan usaha untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan cedera, yang memungkinan untuk terjadinya penyembuhan. Selain itu, menggunakan obat anti-imfalamasi juga dapat membantu.

Setelah rasa sakit teratasi, beberapa langkah harus dilakukan untuk mencegahnya kembali terjadi. Biasanya, tindakan tersebut ditargetkan untuk mengatasi faktor-faktor risiko seperti menggunakan sepatu khusus bagi kelainan kaki dara, dan mengikuti fisioterapi.

Dikatakan Michael, fisioterapi merupakan bagian yang sangat penting, dan tidak terpisahkan dari pengobatan nyeri lutut anterior.

"Selama sesi ini, dilakukan peregangan otot-otot dan urat-urat yang tegang, serta penguatan kelompok otot yang berlawan untuk mengurangi stres di seluruh sendiri yang ditekan," kata dia menambahkan.

Beberapa pengobatan juga dapat membantu termasuk suplemen oral seperti glucosamine untuk melindungi sendi.

Jangan lupa, untuk tetap memakai pelindung lutut khusus atau manuver gerakan tertentu juga sangat berguna.

(Adt/Igw))

Baca juga:

Kenapa Wanita Jepang Ingin Suaminya Pipis Berlutut?
Coba Sendiri Pijat Kaki Agar Bayi Bisa Cepat Jalan
Ditemukan, Bagian Tubuh Manusia Baru di Lutut!

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS