Sukses

Musim Hujan dan Banjir, Awas Diare Mengintai!

Diare merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan dan banjir. Waspadai saat banjir kali ini

Diare merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat musim hujan dan banjir. Menurut  Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingering (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, kondisi ini sangat erat kaitanya dengan kebersihan individu (personal hygiene).

Saat musim hujan dengan curah hujan tinggi potensi banjir meningkat. Saat inilah sumber-sumber air minum khususnya dari sumur dangkal akan tercemar. Sementara di pengungsian, fasilitas dan sarana serba terbatas termasuk ketersediaan air bersih.

"Itu semua berpotensi menimbulkan diare dan bisa menular dengan cepat," ujar Prof. Tjandra lewat surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi Liputan6.com, Senin (13/1/2014).

Karena itu, masyarakat diminta melakukan langkah antisipasi dan tetap waspada. Untuk menghindari serangan diare, Anda disarankan melakukan hal berikut:
1. Biasakan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan/minum serta sehabis buang hajat.
2. Biasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari
3. Jaga kebersihan lingkungan, hindari tumpukan  sampah disekitar tempat tinggal
4. Hubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala-gejala diare

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini