Sukses

5 Kesalahan Klasik Saat Cuci Tangan

Mencuci tangan sebenarnya merupakan kegiatan yang sangat sederhana. Tapi, ada banyak informasi yang salah yang menyebutkan cara tepat mencuci tangan, cara efektif membunuh kuman, dan Anda tetap aman.

Jika Anda mencuci tangan, hindari 5 kesalahan klasik ini seperti dikutip Rodale, Senin (30/12/2013):
2 dari 6 halaman



1. Cuci tangan dengan air hangat

Mencuci tangan dengan air hangat tak meningkatkan membunuh kuman dan malah membuat Anda berpeluang mengalami iritasi kulit.

Sebuah penelitian Vanderbilt University menemukan, 60 persen orang Amerika Serikat berpikir menyalakan air panas lebih efektif. Kesalahan mencuci tangan ini menciptakan emisi gas rumah kaca yang tak diperlukan. Agar kulit lebih lembut, bumi ini lebih stabil dan pembunuhan kuman efektif, cucilah tangan Anda dengan air dingin.
3 dari 6 halaman


2. Gunakan sabun antibakteri

Menggunakan sabun antibakteri bisa membahayakan kesehatan Anda. Bahkan, Food and Drug Administration (FDA) bersikap melawan bahan kimia sabun antibakter triclosan, dengan mengatakan produsen harus membuktikan itu aman dan membunuh kuman lebih baik dari sabun biasa dan air.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menunjukkan, mencuci tangan dengan sabun biasa dan air sama efektifnya dengan mencuci tangan dengan sabun antibakteri.

Triclosan dan bahan kimia antimikroba di dalam sabun dan dihubungkan dengan masalah tiroid, alergi, berat badan, dan fungsi otot yang melemah.

Anda cukup menggunakan sabun biasa dan air. Lebih baik lagi, carilah sabun yang diformulasikan tanpa bahan kimia yang dipertanyakan serta beraroma.
4 dari 6 halaman


3. Kurang busa

Anda membutuhkan busa dan gosokan karena ini menciptakan gesekan, gaya yang diperlukan untuk mengangkat kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit Anda. Cuci tangan yang benar berarti menyabuni tangan Anda dengan menggosok-gosoknya dengan sabun.

Pastikan busa juga mengenai punggung tangan Anda dan ruang-ruang di antara jari Anda. Jangan lupa di bawah kuku karena di bagian tersebut mikroba sering bersarang.
5 dari 6 halaman


4. Menggosok terlalu cepat

Orangtua sering memberitahu anaknya untuk menyanyikan lagu `Ulang Tahun` sebanyak dua kali saat mencuci tangan untuk membunuh kuman secara optimal. Tapi, sebenarnya, banyak orang dewasa yang hanya sebentar mencuci tangannya. Rahasia mencuci tangan itu sebenarnya dengan busa setidaknya 20 detik.
6 dari 6 halaman


5. Menghandalkan hand sanitizer ketimbang wastafel

Memang benar pembersih tangan berbasis alkohol bisa membersihkan tangan dalam kondisi darurat ketika tak ada wastafel ataupun air. Tapi sebenarnya, gel ini dan tisu hanya membunuh beberapa jenis kuman. Bila Anda harus menggunakan pembersih tangan, gunakan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol atau lebih.

(Mel/*)

Loading