Sukses

Mudahnya Merawat Payudara, Begini Lho Caranya!

Merawat payudara sebenarnya tidak sulit dimulai dari mengenakan bra dengan ukuran yang pas, selain itu perlu berkonsultasi dengan dokter.

Merawat payudara secara teratur dapat mengurangi risiko kanker, kendur dan infeksi. Payudara yang sehat tidak hanya menambah nilai positif penampilan para wanita namun juga meningkatkan kepercayaan diri. Merawat payudara sebetulnya tidak terlalu sulit, ada cara sederhana yang dapat dilakukan sehari-hari.

Berikut ini cara sederhana menjaga dan merawat payudara agar tetap sehat, dikutip Idiva, Rabu (18/12/2013), yaitu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman


1. Gunakan bra dengan ukuran yang pas

Studi menunjukan bahwa delapan dari sepuluh wanita mengenakan ukuran bra yang salah dan mereka tidak menyadarinya. Mengenakan bra dengan ukuran yang tidak pas akan emnimbulkan rasa tidak nyaman, masalah di bahu, lengan dan punggung.

Tubuh terus mengalami perubahan, ketika mengalami kenaikan berat badan ada kemungkinan ukuran bra akan berubah. Sebaiknya rutin untuk memeriksa ukuran bra agar tidak salah memilihnya.
3 dari 6 halaman


2. Rutin periksa ke dokter

Cara terbaik memeriksakan kondisi payudara memang dnegan berkonsultasi dengan dokter. Lakukan pemeriksaan secara rutin setidaknya enam bulan sekali. Melakukan pemeriksakan sendiri di rumah dapat dilakukan dengan meraba dan merasakan ada benjolan atau tidak. Ketika ada benjolan maka kemungkinan ada masalah. Pemeriksaan dokter mungkin yang lebih dapat memastikan masalah atau tidak payudara Anda.
4 dari 6 halaman


3. Gunakan sun protection factor (SPF)

Menggunakan SPF tidak hanya pada bagian kulit yang terpapar matahari saja, payudara juga ternyata membutuhkannya. Penggunaan SPF dapat mengurangi risiko kanker kulit, sehingga tidak hanya kulit yang terlihat yang di dalam juga memerlukan SPF.
5 dari 6 halaman


4. Jangan cukur rambut di sekitar puting

Di sekitaran puting mungkin tumbuh beberapa helai rambut, namun jangan mencukurnya. Menggunakan pisau cukur di atas kulit areola yang sensitif dapat menimbulkan infeksi.
6 dari 6 halaman


5. Sebaiknya berhenti diet

Diet yang tidak dilakukan dengan benar dapat membuat payudara berubah ukuran. Ketika diet berhasil maka ukuran payudara cenderung ikut menyusut, namun ketika ukuran tubuh kembali lagi maka payudara juga akan kembali seperti semula. Ketika kebiasaan ini terus dilakukan maka kesehatan payudara akan menurun.

Sebaiknya jika memang ingin melakukan diet, laukanlah dengan benar dan rutin sehingga tidak ada tekanan yang mempengaruhi kesehatan payudara.

(Mia/Abd)

Baca Juga :

Sebaiknya Ganti Bra Tiap 3 Bulan
Jangan Cukur Bulu di Sekitar Puting, Bahaya!
Jauhkan Ponsel dari Payudara Anda!



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.