Sukses

RW Siaga, Gebrakan Pemkot Depok Atasi Gawat Darurat

Untuk membentuk kesadaran masyarakat di tingkat Rukun Warga (RW), pemerintah kota Depok menciptakan satu gebrakan baru dengan nama RW Siaga

Untuk membentuk kesadaran masyarakat di tingkat Rukun Warga (RW), Pemerintah kota Depok menciptakan satu gebrakan baru, yang diberi nama RW Siaga.

Menurut sang Walikota, Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Ismail, Msc, RW Siaga ini tercipta untuk membuat adanya sistem kewaspadaan kegawatdaruratan di masing-masing RW yang ada di kota Belimbing itu.

"Kita turut membentuk adanya tim khusus di level RW Siaga ini. Tim khusus ini nantinya, akan menangani kesiagaan tentang kesehatan dan kegawatdaruratan yang terjadi di Depok," kata Nur Mahmudi, dalam acara penutupan Konferensi Nasional Promosi Kesehatan (Konas Promkes) ke-6 tahun 2013 sekaligus pemberian penghargaan kepada 98 kabupaten/kota sehat, di Hotel Merlynn Park, Jakarta, ditulis Health Liputan6.com, Jumat (15/11/2013)

Pria kelahiran Kediri, 11 November 1961 ini melanjutkan, biasanya kondisi gawat darurat yang sering terjadi berkaitan dengan bencana alam seperti puting beliung dan kebakaran.

"Jadi, RW Siaga ini merupakan sebuah sistem yang dapat dicapai ketika bencana seperti itu datang," kata Nur Mahmudi melanjutkan.

Berkat gebrakan ini, kota Depok berhasil menjadi salah satu dari 98 kota/kabupaten di Indonesia yang berhasil menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai kota/kabupaten sehat.

"Padahal pemerintah pusat sendiri baru mencanangkan adanya desa sehat. Depok sendiri sudah menciptakan RW Siaga," katanya menjelaskan.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.