Sukses

Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Palsu

Bagi orang awam, sangat sekali membedakan mana yang asli dan palsu ada alat tersendiri untuk melihatnya, cermati kilaunya!

Berlian selalu jadi magnet para wanita, tidak sedikit yang rela menghabiskan anggaran belanjanya demi mendapatkan koleksi terbaik batu mulia ini. Namun banyak juga para wanita yang tertipu berlian palsue.

Menurut Pakar Berlian yang juga Chief Operations Officer Passion Jewelry, Airyn Tanu terlalu sulit untuk membedakan berlian asli dan palsu. "Bagi orang awam, sangat sekali membedakan mana yang asli dan palsu ada alat tersendiri untuk melihatnya," tuturnya, Selasa (22/10/2013).

Namun ada hal sederhana yang sedikit membantu, yakni dengan mencermati setiap sisi pada berlian. Berlian asli akan memperlihatkan kilauan yang mempesona dari berbagai sisi. Berlian palsu seringkali didesain hanya dengan memberikan kilauan pada bagian atasnya, tidak di sisi lainnya.

Kemudian lihatlah batu berlian dengan kaca pembesar. Jika Anda melihat goresan pada permukaannya. Bisa dikatakan berlian tersebut palsu, karena berlian yang asli tidak mudah tergores.

Satu lagi ketika berlian diletakan pada media yang terdapat tulisan maka Anda tidak akan bisa melihat tulisan yang berbayang pada batu berlian. Sebab berlian asli memiliki sisi bagian dalam yang kompleks, sehingga cahaya tidak akan bisa membuat bayangan pada baru.

"Untuk itu perlu cermat memilih berlian, pastikan tempat membelinya yang bersertifikat asli dan terpercaya," jelas Airyn.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini