Sukses

Hati-hati, Cemburu Bisa Ubah Kepribadian Orang

Studi baru dari Villanova University mengatakan cemburu dapat mendorong orang mengubah dirinya menjadi orang lain untuk dapat perhatian.

Kerap rasakan cemburu? Hati-hati ini bisa membuat Anda terobsesi menjadi orang lain. Dikutip Redorbit, Minggu (6/10/2013), rasa cemburu dapat membuat sesesorang berpikir untuk menjadi pribadi yang berbeda.

Studi baru dari Villanova University mengatakan cemburu dapat mendorong orang mengubah dirinya menjadi orang lain (pesaingnya).

Hal ini karena orang yang cemburu merasa lebih baik menjadi pesaingnya untuk mendapatkan perhatian. "Misalnya, perempuan yang cemburu dengan orang lain, untuk mendapatkan perhatian dari pasangannya rasa cemburu yang kuat bisa mengubah dirinya menjadi orang lain itu," Kata Peneliti, Erica Slotter.

Slotter dan rekan-rekannya menerbitkan tiga makalah yang terkait masalah dampak cemburu dalam jurnal Personality and Social Psychology Bulletin.

Tim menguji apa yang terjadi pada orang-orang ketika dalam keadaan cemburu, memprediksi bahwa orang hanya akan mengubah diri jika berpikir pasangannya tertarik pada orang lain.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 144 pasangan dengan menggunakan kuesioner mencakup atribut data pribadi, seni, musik dan hubungan pribadi.

Dalam pertanyaan sisi hubungan pribadi, para peneliti meminta mereka untuk membayangkan dan merasakan cemburu dan hampir semua menjawab akan mengubah kepribadian agar pasangan bisa lebih memperhatikannya.

"Cemburu sangat berdampak negatif, mereka akan melakukan banyak hal agar hubungan tetap berjalan baik sampai berubah menjadi orang lain yang diinginkan pasangan itu reaksi yang terjadi," jelas Slotter.

Slotter mengatakan sebaiknya seseorang tidak bersikap membanding-bandingkan karena akan berdampak buruk untuk kesehatan jiwa pasangannya. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.