Sukses

Tiap 25 Menit, Satu Pelanggaran Seksual Terjadi di Korea Selatan

Satu pelanggaran seksual dilaporkan terjadi setiap 25 menit di Korea Selatan pada tujuh bulan pertama 2013

Satu pelanggaran seksual dilaporkan terjadi setiap 25 menit di Korea Selatan pada tujuh bulan pertama 2013, kata data pada Senin, sekaligus membunyikan lonceng peringatan atas keamanan rentan terhadap kejahatan seksual.
    
Menurut data Badan Kepolisian Nasional, yang diserahkan kepada anggota parlemen Kim Hyun dari oposisi utama Partai Demokrat, 12.234 perkosaan dan pelecehan seksual lain dilaporkan sejak Januari hingga Juli tahun ini, yang berarti satu peristiwa terjadi setiap 25 menit.
    
Apa yang disebut analisis pengamat kejahatan, dihitung dengan membagi jumlah kejahatan dengan  waktu, bertujuan untuk menunjukkan seberapa sering sebuah kejahatan terjadi dengan cara yang mudah dimengerti.
    
Selama periode dikutip, negara melihat total 339.186 kasus dari lima kejahatan besar - pembunuhan, perampokan, kekerasan seksual, pencurian dan kekerasan, atau insiden setiap 54 detik, menurut data.
    
Berdasarkan jenis, kasus penyerangan berlangsung setiap satu menit dan 52 detik, pencurian per satu menit dan 53 detik, perampokan per enam jam dan 14 menit, dan pembunuhan per sembilan jam dan 20 menit, data menunjukkan.
    
Frekuensi kejahatan kekerasan yang terjadi ternyata turun tahun ini setelah tiga tahun berada dalam kecenderungan 54 detik pada 2010, 51 detik pada 2011 dan 50,4 detik tahun lalu. Namun, jumlah kejahatan seksual yang dilaporkan telah meningkat, menurut data.
    
Tahun lalu, jumlah kejahatan seksual dilaporkan mencapai jumlah  22.034, tren kenaikan selama beberapa tahun terakhir, dengan 13.634 kasus pada tahun 2007, 15.094 tahun 2008, 16.156 pada tahun 2009 dan 19.939 pada tahun 2010, menurut data terpisah yang disusun oleh Kantor Kejaksaan Agung.
    
Setelah serangkaian kejahatan profil tinggi terhadap perempuan dan anak, khususnya, telah ada imbauan masyarakat  untuk menindak  lebih keras terhadap pelaku kejahatan seks.
    
Presiden Park Geun-hye menyatakan, salah satu dari empat penyakit sosial utama yang dia telah bersumpah untuk mengatasi, bersama dengan kekerasan di sekolah, adalah kejahatan domestik dan standar makanan.
    
"Data menunjukkan berapa banyak orang yang tertimpa kejahatan berbahaya," kata anggota parlemen Kim, yang meminta pemerintah agar lebih berusaha untuk membasminya.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini