Sukses

Awas, Diet Air Putih Bikin Anda Koma!

Tidak bisa hanya minum air putih saja, untuk berfungsi normal tubuh perlu energi yang diperoleh dari makanan yang mengandung kalori.

Tidak sedikit orang menginginkan tubuh langsing dengan waktu yang singkat dengan diet air putih. Namun banyak juga yang salah kaprah tentang diet air putih.

Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. "Air putih itu nol kalori sehingga baik untuk tubuh," ujar Ahli Gizi, dr. Sylvia Irawati.

Selain untuk menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun, Setiap sel dalam tubuh membutuhkan air untuk keseimbangan proses metabolisme tubuh yang sangat tergantung pada asupan cairan ke dalam tubuh.

Diet air putih banyak dipilih untuk membantu menurunkan berat badan dengan mengonsumsi air putih. Banyak pendapat diet air putih hanya mengonsumsi air putih saja tanpa mengonsumsi makanan lain, hal ini salah.

"Tidak bisa hanya minum air putih, untuk berfungsi normal tubuh perlu energi yang diperoleh dari makanan yang mengandung kalori namun tetap dikontrol," ujar dr. Sylvia Irawati saat diwawancarai Liputan6.com, Rabu (28/8/2013).

Menurutnya diet dengan hanya minum air putih dapat berakibat fatal. "Saat kekurangan energi, tubuh memecah dari gula, lemak dan protein dalam tubuh. Memang lemak akan dipecah tapi akibatnya bisa fatal," jelasnya.

Diet air putih yang salah dapat menyebabkan hipoglikemi, pingsan, koma bahkan menurut dr. Sylivi risiko terburuk yaitu menyebabkan kematian.

"Bisa kekurangan gula darah maka menyebabkan hal tadi dan pemecahan lemak juga menimbulkan keadaan ketosis yang bisa menyebabkan koma," jelasnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini